Reksa Dana Itu Cocok untuk Investor Cupu yang Tidak Punya 3 Hal Ini

Image
Dhea Anggraini
Bisnis | Thursday, 19 Aug 2021, 13:57 WIB

Cupu (culun punya) bukan berarti tak punya kesempatan untuk menikmati investasi di pasar modal. Reksa dana sudah terbukti menjadi salah satu pintu masuk yang paling efektif untuk memulai investasi bagi siapa pun, termasuk mereka yang cupu.

Reksa Dana biasa diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27).

Gampangnya, dana dari sekumpulan investor disatukan dan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) dalam produk investasi yang namanya reksa dana. So, karena dana itu dikelola oleh MI makanya investor tinggal duduk manis menunggu hasil kinerja MI.

Dana yang terkumpul dari masyarakat investor ini dikelola di berbagai jenis reksa dana yang dipilih oleh investor dengan nett return 5-30% per tahun. Ada pun jenis reksa dana yang bisa dipilih mulai reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

Kendati ada berbagai macam reksa dana yang bisa membuat bingung para pemula, toh saat ini pemilihan reksa dana yang terbaik sudah mudah dilakukan secara online karena di platform jual-beli reksa dana, seperti IPOTFund, sudah tersedia fitur-fitur yang memudahkan investor mendapatkan reksa dana dengan kinerja yang terbaik.

IPOTFund, supermarket reksa dana yang sudah terintegrasi dalam aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas, hadir dengan fitur-fitur unggulannya yakni IPOTFund Evaluator yang memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik dan fitur Analisis Performa yang membantu nasabah untuk membandingkan performa antar reksa dana dan instrumen investasi lainnya dengan benar dan akurat.

Investasi reksa dana benar-benar mudah dijalani untuk mereka yang tergolong cupu sekali pun. Selain tergolong mudah karena di masa pandemi saat ini sudah serba online, investasi reksa dana sebenarnya juga cocok untuk investor cupu yang tidak mempunyai 3 hal ini:

1. Tidak punya waktu untuk belajar

Investasi reksa dana cocok untuk mereka yang super sibuk sehingga tidak punya waktu untuk belajar reksa dana. Begitu reksa dana dibeli, investor tinggal duduk leha-leha menunggu kinerja manajer Investasi yang tentu saja bekerja keras untuk mengelola dana yang dipercayakan dengan potensi return 5-30% per tahun. Investasi reksa dana tidak perlu belajar banyak hal, toh yang memaksimalkan hasil adalah Manajer Investasinya.

2. Tidak Punya Pengetahuan Ekonomi

Bagi yang tidak memiliki pengetahuan ekonomi tentu tak perlu cemas secara berlebihan karena investasi reksa dana tidak membutuhkan pengetahuan yang terlalu mahir. Toh, investor tidak perlu banyak mikir cara meningkatkan hasil investasinya. Lagi-lagi semua sudah dikerjakan oleh Manajer Investasi. Investor tak perlu repot-repot ikut memikirkan dampak perekonomian bagi reksa dana.

3. Tidak Punya Uang yang Banyak

Yang terakhir, para investor cupu yang tidak punya uang banyak juga tidak perlu pusing karena investasi reksa dana sudah bisa dilakukan dengan duit yang sangat terjangkau. Dengan duit Rp.100.000,- saja investor bisa memulai investasi reksa dana. Dana segini tentu saja tidak memusingkan untuk first jobber, tak terkecuali untuk mahasiswa yang bisa menyisihkan dananya dari uang saku yang diberikan orang tua. Memulai investasi, tidak boleh nanti-nanti, tetapi saat ini juga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

3 Prinsip Pengelolaan Reksa Dana Syariah

Seluk-Beluk Investasi Saham Syariah

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tawarkan Atap Metal, Stand Produk Fumira Diserbu Pengunjung!

Image

Jerat Riba Pinjol

Image

Mahasiswa Idaqu mendapatkan Ijazah sanad Khot Diwany metode Hamidy dari Syeikh Belaid Hamidi

Image

Mahasiswa Idaqu Dilantik Menjadi Pengurus Pusat FKMTHI

Image

Peringati HSN, MTsN 3 Bantul Gelar Aneka Lomba

Image

Kumpulan Aplikasi Penghasil Uang Offline Terbaik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image