Mempertimbangkan Dana Pensiun Syariah

Image
Hidayatulloh
Bisnis | Monday, 16 Aug 2021, 14:14 WIB

Saat ini kita banyak mendapatkan edukasi dan literasi pengelolaan keuangan melalui berbagai instrumen investasi, khususnya pilihan produk dengan skema syariah. Sebagai generasi muda yang berpikir jangka panjang dan masa depan, tentunya dana pensiun syariah menjadi salah satu instrumen yang sangat menarik untuk dipertimbangkan.

Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Bagi pengelola Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang menawarkan paket investasi syariah, mereka menawarkan keunggulan produk yang berbeda dengan konvensional.

Dana pensiun syariah menggunakan akad-akad syariah sesuai dengan ketentuan hukum Islam yang disusun dalam fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Jadi kita tidak usah khawatir karena tidak akan terjadi riba, ketidakjelasan (gharar) dan spekulasi (maysir) yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Kepatuhan terhadap prinsip syariah akan memberikan ketenangan jiwa kepada peserta karena mendapatkan jaminan masa depan yang halal dan thayyib. Iuran bulanan yang disetorkan ke dana pensiun syariah menjadi tabungan di hari tua yang penuh kemaslahatan dan keberkahan.

Selanjutnya dari aspek pengelolaan dana, seluruh dana peserta akan ditempatkan pada instrumen investasi berdasarkan prinsip syariah seperti deposito syariah, saham syariah, dan Surat Berharga Syariah Negara atau sukuk. Prinsip kehati-hatian akan menjadi asas utama bagi DPLK dalam menempatkan dana peserta sehingga pengelola hanya memilih produk investasi yang aman dan menguntungkan.

Dalam hal pengaturan dan pengawasan, paket investasi yang dikelola oleh DPLK telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Bukan hanya OJK, kegiatan dana pensiun syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dari ahli hukum keuangan Syariah yang amanah dan profesional.

Kesimpulannya, mari kita melirik paket investasi syariah yang tersedia di DPLK dan menjadi peserta sejak muda. Jangan lupa agar kita memilih DPLK yang didirikan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa terpercaya dan memiliki nama baik dalam industri jasa keuangan di Indonesia.

Hidayatulloh

Mahasiswa S3 Department of Financial Law, Deak Ferenc Doctoral School of Law, University of Miskolc

Dosen Hukum Bisnis Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa S3 Department of Financial Law, Deak Ferenc Doctoral School of Law, University of Miskolc dan Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Wakil Rektor UMP Terpilih Ketua PII Banyumas, Siap Dukung Percepatan Pembangunan dan Ilmu Pengetahua

Image

Kepala Rutan Blora Ikuti Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Blora

Image

Pasukan Pramuka Rutan Majene Tampil Memukau Pada Acara Penyerahan Remisi Umum 17 Agustus

Image

MTsN 4 Bantul Gelar Upacara Bendera dengan Khidmat, Maknai Semangat Kemerdekaan,

Image

Pemberian Remisi Umum Hari Kemerdekaan RI Bagi Narapidana Rutan Pasangkayu

Image

Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Ratusan Warga Binaan Lapas Pati Terima Remisi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image