Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mitra Sinergi

Tinggal di Kota Besar? Inilah 7 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Pasang CCTV

Teknologi | Wednesday, 04 Aug 2021, 14:28 WIB

Seiring perkembangannya, penggunaan kamera CCTV (Closed Circuit Television) seakan sudah menjadi kebutuhan. Hal ini terbukti dari banyaknya jasa pasang CCTV yang bermunculan di Jakarta. Bukan tanpa alasan, pasang CCTV memang sudah seharusnya digunakan sebagai salah satu perangkat keamanan. Terlebih di kota-kota besar, pemasangan CCTV di Jakarta menjadi syarat wajib yang dilakukan pengelola perkantoran.

Tak hanya di sentra bisnis seperti toko dan perbankan, pusat pemerintahan dan rumah tinggal juga memerlukan kamera CCTV. Bahkan, penggunaan CCTV sudah menjadi standar yang diterapkan oleh developer perumahan.

Bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada kamera CCTV, resiko terjadinya kejahatan di sentra-sentra penting seperti pertokoan, bank bahkan lembaga pemasyarakatan pun akan semakin tinggi. CCTV ibarat mata-mata yang menggantikan tugas manusia sebagai pengawas yang dapat bekerja selama 24 jam non-stop.

Apalagi tingkat kriminalitas di kota-kota besar seperti Jakarta juga tergolong tinggi di Indonesia. Maka tak salah jika Anda meminta bantuan jasa pemasangan CCTV di rumah. Agar lebih jelas, berikut merupakan fungsi CCTV yang harus Anda ketahui:

Fungsi CCTV Yang Harus Anda Ketahui

1. Sebagai Pengawas

Fungsi utama pasang CCTV adalah untuk memantau segara aktivitas yang terjadi di suatu lokasi. Jasa pasang CCTV biasanya menempatkan kamera pengawas di berbagai sudut sesuai permintaan pelanggan.

Kamera pengawas tersebut akan beroperasi merekam seluruh aktivitas yang terjadi pada spot tersebut selama 24 jam tanpa henti. Anda juga bisa memantau gerak gerik mencurigakan dari layar yang terhubung dengan CCTV.

2. Mencegah Terjadinya Kejahatan

Ingat, kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Kalimat ini memang benar dan sudah terbukti. Dengan adanya CCTV membuat orang atau oknum yang ingin berniat jahat mengurungkan niatnya.

Agar lebih aman, Anda bisa memasang tulisan yang bernada memperingatkan bahwa di lokasi tersebut telah dipasang CCTV. Sehingga, oknum jahat yang melihat peringatan itu menjauhi tempat tersebut.

3. Alat Bukti Kasus Hukum

Lebih dari sekadar kamera pengawas, CCTV sudah menjelma sebagai alat bukti kasus hukum di pengadilan. Misalnya jika terjadi tindak pidana di suatu toko atau rumah, pihak kepolisian akan melihat rekaman CCTV untuk melacak pelaku yang melakukan kejahatan di lokasi tersebut.

Rekaman CCTV tersebut adalah bukti akurat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan hukuman yang tepat pada pelaku kejahatan yang tertangkap kamera. Rekaman CCTV juga bisa dijadikan bahan analisa polisi untuk mencari tahu motif objek di tempat kejadian perkara.

4. Memberikan Rasa Aman

Tak bisa dipungkiri bahwa rumah atau gedung yang sudah dipasang CCTV membuat penghuninya merasa lebih aman. Anda akan merasakan betapa kamera CCTV menghapus kekhawatiran akan terjadinya sesuatu yang tidak menyenangkan di tempat tinggal Anda. Anda bahkan bisa menghubungkan kamera CCTV dengan perangkat mobile seperti ponsel untuk memantau keluarga dan anak-anak Anda di rumah.

BACA JUGA : Anjing Penjaga VS Kamera CCTV, Mana yang Lebih Efektif ?

5. Menghemat Biaya Keamanan

Biaya pemasangan CCTV di Jakarta tentu akan lebih murah dibandingkan membayar seorang petugas security. Selain lebih hemat, CCTV juga tidak memerlukan perawatan yang rumit. Bekerja selama 24 jam tanpa henti, Anda hanya perlu membayar sedikit kepada jasa pasang CCTV daripada harus menyewa satpam sepanjang hari.

6. Mengawasi Kinerja Karyawan

Bagi Anda pelaku usaha atau pengelola perusahaan, memasang CCTV di toko atau di kantor bisa menjadi solusi untuk menjaga kedisiplinan karyawan. Dengan kamera pemantau, karyawan Anda tentu akan merasa selalu diawasi sehingga lebih produktif saat bekerja. Tak hanya itu, dengan pasang CCTV, Anda juga bisa mencegah karyawan yang berniat buruk agar tidak melakukan tindak kejahatan di kantor atau toko tempat mereka bekerja.

7. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Selain dapat mengawasi karyawan, CCTV yang dipasang di tempat usaha juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Pelanggan Anda akan merasa lebih aman saat bertransaksi di tempat yang terpapar CCTV dari pada yang tidak sama sekali. Mereka akan beranggapan bahwa toko atau tempat usaha yang dipasangi CCTV sebagai bukti dari itikad baik pemilik usaha untuk melindungi setiap transaksi yang terjadi dengan pelanggan.

Layanan Pemasangan CCTV di Jakarta

Nah itulah beberapa fungsi pasang CCTV yang harus Anda ketahui. Selain lebih aman, menggunakan CCTV ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja dan kepercayaan konsumen. Lalu, di mana Anda harus mencari layanan pemasangan CCTV terbaik di Jakarta?

Saat ini tentu tak sulit rasanya mencari CCTV berkualitas dengan harga CCTV terbaik. Anda bisa mendapatkan CCTV online Jakarta di berbagai platform digita, salah satunya di website ini. Mitra Sinergi CCTV hanya menawarkan paket CCTV terbaik yang lengkap dengan jasa pemasangan CCTV di Jakarta.

CV. Mitra Sinergi adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Industrial support, Mechanical and Electrical, IT support, CCTV and installation ,HVAC installation and Service yang melayani perumahan, perusahaan kecil, menengah dan perusahaan besar, baik swasta maupun pemerintahan.

Mitra Sinergi CCTV menyediakan berbagai produk CCTV tercanggih dengan harga kamera CCTV terbaik di kelasnya. Produk yang disediakan sudah terjamin kualitasnya, seperti Dahua CCTV, Dahua Indonesia menjadi salah satu brand CCTV terbaik yang terpercaya. Ada pula Hikvision CCTV 2mp dan berbagai perlengkapan penunjang pemasangan CCTV profesional. Temukan beragam produk CCTV dan Hikvision CCTV Camera Pricelist di sini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image