Debut Buku Solo Perdana: Kata Pengantar oleh Seorang Guru Besar

Image
nurul jubaedah
Curhat | Friday, 06 May 2022, 15:54 WIB

Debut Buku Solo Perdana: Kata Pengantar oleh Seorang Guru Besar

Cover ini adalah buku antologi saya ya karena buku solo belum dicetak

Buku solo perdana akan segera released dalam waktu dekat. Buku ini berjudul “From Articles to Book”. Penulis sengaja mengabadikannya lewat buku agar kelak anak cucu bisa mengenang dan meraih manfaat dari apa yang telah ada didalamnya. Saya berpegang teguh pada amanat Sayyidina Ali bin Abi Thallib yang mengatakan, “Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak.”

Buku ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama, kategori pendidikan dan kedua kategori motivasi. Menulis itu penting, kombinasi antara pekerjaan dan kegemaran, profesi dan hobi, ketenangan dan niat ibadah. Menulis merupakan kemampuan dasar manusia sejak kecil, sejak masuk sekolah. Menulis akan menjadi bukti sejarah yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi yang memberikan manfaat kepada orang banyak. Membiasakan menulis akan menajdi sebuah keahlian untuk mengembangakan potensi diri. Selain hobi tersalurkan, menulis dapat meningkatkan konsentrasi.

Kehidupan saya dikelilingi oleh keluarga di rumah dan peserta didik di sekolah. Ide menulis yang dituangkan dalam buku ini adalah mereka. Di sekolah saya harus menjadi guru yang di gugu dan di tiru, di rumah saya harus menjadi ibu yang baik. Peran keduanya menjadikan saya harus terus meningkatkan kemampuan diri. Kehadiran saya harus memberikan manfaat. Tentunya sesuai dengan potensi yang diberikan oleh Allah SWT. Adapun kekurangan dan kesalahan diri merupakan fitrah saya sebagai manusia tempatnya kesalahan. Semoga kelebihan yang diberikan oleh-Nya melalui tulisan ini menjadi amal jariyah. Aamin.

Penulis telah mendapat dukungan penuh dalam menulis buku perdana ini dari guru saya seorang guru besar UIN SGD Bandung. Beliau merupakan salah satu dosen favorite. Pada tahun 2010-2012 lalu, penulis menjadi mahasiswanya pada mata kuliah Filsafat Barat. Ketika itu penulis tampil dalam sebuah presentasi di kelas A semester 3. Perasaan deg-degan melanda saat harus presentasi menggunakan bahasa Inggris. Penulis mendapat giliran pada sesi terakhir, semakin panik saja. Tak disangka, nilai pun keluar 3.9. Nilai terbaik di kelas pada saat itu. Inilah kata pengatar dari beliau.

Tajul Arifin, Prof., Dr., Drs., MA.

(Professor Hadits dan Ilmu Hadits, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Buku ini memuat artikel-artikel yang pernah ditulis oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag baik yang terdapat pada blog pribadi, blog nasional, maupun beberapa buku antologi. Artikel-artikel ini ditulis secara berangsur sejak bulan September 2021 hingga 1 Mei 2022. Ia adalah seorang guru sekaligus sebagai penulis yang sangat produktif. Setiap bulan ia terus menulis artikel mulai dari 6 sampai 15 artikel dengan judul yang berbeda. Sampai bulan Mei 2022 ini, belum sampai 1 tahun, sudah terkumpul sebanyak tiga puluh artikel dengan judul yang berbeda-beda. Saya sebagai dosen pada Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang pernah mengajarnya sangat mendukung dia untuk lebih produktif lagi tidak hanya sekedar menulis artikel melainkan menambah koleksi buku solo khususnya untuk menunjang media pembelajaran pada Mata Pelajara Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sesuai dengan bidang keilmuannya. Besar harapan saya semoga ia menjadi guru yang lebih kreatif, inspiratif, dinamis, literat, dan tentunya bermanfaat.

Dari ketigapuluh artikel yang telah dimuat dalam blog pribadinya, ia memilih dua puluh dua artikel saja yang lebih relevan dengan tema besar yang diangkat pada buku ini. Isi artikel memiliki kesamaan tema dan isinya. Jika dikategorikan terbagi menjadi dua. Pertama, kategori pendidikan, yaitu (1) Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Tajwid (14 Maret 2022), (2) Peranan Wali Kelas Dalam Membangun Karakter Peserta Didik (17 Maret 2022), (3) Fakta Menarik Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Kamu Generasi Z (3 April 2022), (4) Keefektifan Penggunaan Media Video Presentasi Virtual (4 April 2022), (5) 4 Cara menjadi Guru Literat (7 April 2022), (6) Inilah 5 Cara Membangkitkan Gairah Menulis di Blog (10 April 2022), (7) Membangun Kemandirian melalui Hobi (17 April 2022), (8) Cinta Segitiga (26 April 2022), (9) Mudik dalam 3 Dimensi (28 April 2022), (10) Pembelajaran SKI berpusat pada Peserta Didik (2 Mei 2022), (11) Literasi Digital Pembelajaran SKI (2 Mei 2022). Kedua, kategori motivasi, yaitu (1) Resolusi 2022 : Menggapai Mimpi Mengukir Prestasi (21 Januari 2022), (2) Netizen Di Era Digital : Ibarat Dua Mata Pisau (21 Januari 2022), (3) Mental Bola di Masa Pandemi (17 Maret 2022), (4) Buih menjadi Permadani (23 Maret 2022), (5) Hina Jadi Mulia (27 Maret 2022), (6) Literasi Cinta (29 Maret 2022), (7) Pemikiran Perempuan Perkasa (30 maret 2022), (8) 10 Ciri Ibu Tunggal yang Berjiwa Pemberani seperti Singa (13 April 2022), (9) Ramadhan Bagai Kepongpong 30 April 2022), (10) Sepucuk Surat dari Regita (20 April 2022), (11) Cinta Multidimensi di Hari yang Fitri (1 Mei 2022).

Buku ini sangat bernilai tinggi penting untuk dibaca. Dua puluh dua artikel yang terkumpul dalam buku ini, pada intinya mengajak kita merenungkan apa yang terjadi di sekitar kita, terutama dalam dunia pendidikan dan motivasi hidup. Selain itu, buku ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu tidak boleh dinilai dan dilihat dari satu sudut pandang. Karena setiap individu memiliki cara pandang dan penilaian yang berbeda terhadap suatu hal. Dalam setiap makalah, diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperbaiki kesalahan, menjawab pertanyaan yang belum terjawab, atau melengkapi elemen yang tampaknya hilang. Pembaca dapat dengan cermat mempelajari artikel-artikel dalam buku ini, satu per satu.

Menulis bagi guru sangatlah penting salah satunya untuk mengembangkan materi ajar. Guru didorong untuk membuat panduan pelajaran atau bahan ajar. Dengan demikian materi akan diperluas, tidak hanya pada buku sumber, tetapi juga disesuaikan dengan konteks dan pengalaman siswa sehari-hari sehingga materi tersebut dekat dengan kehidupan siswa. Selain fungsi pengembangan topik, latihan menulis bagi guru juga berfungsi sebagai unsur kegiatan pengembangan profesional. Guru yang melakukan kegiatan ini akan memiliki prestasi yang sangat baik dan pantas untuk diberikan penghargaan sesuai dengan prestasinya termasuk memperoleh kesempatan untuk promosi jabatan.

Menulis adalah cara mengungkapkan pikiran atau ide tentang suatu topik. Melalui tulisan, seorang guru menunjukkan keberaniannya dalam menghadapi suatu masalah dan menunjukkan kemampuannya untuk memecahkannya sesuai dengan fungsi dan tugasnya di lembaga pendidikan.Tulisan adalah dokumen tertulis yang merupakan bukti fisik kekayaan intelektual seorang guru. Dokumen ini selain dibaca oleh pihak lain, seperti peserta didik sesama guru, dan pembimbingnya juga akan menjadi investasi amal bagi guru yang menulis hal yang bermanfaat kemudian diadopsi oleh orang lain.

Akhirnya, saya ucapkan selamat kepada Ibu Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag atas terbitnya buku yang sangat baik ini. Para pembaca, mari kita nikmati indahnya kalimat-kalimat yang digunakan penulis dalam menyampaikan ide-idenya yang cemerlang dalam buku ini.

Bandung, Mei 2022

Tajul Arifin, Prof., Dr., Drs., MA.

Itulah bentuk dukungan dari seorang guru terhadap muridnya yang sungguh luar biasa. Penulis yang sedang dan terus belajar menulis ini akan semakin semangat untuk terus berkarya. Setelah debut buku solo perdana akan ada buku lanjutan buku solo ke dua dan seterusnya, insha Allah selama diberikan nafas oleh Sang Pencipta dalam mengarungi kehidupan ini. Penulis akan berusaha semaksimal mungkin agar semua ide dan gagasan tercurah dalam goresan peda yang bermanfaat. Menulis adalah candu bagaikan hidup tanpa cinta, waktu akan terasa hampa dan merana. Jika mau pesan buku ini PO dulu ya, terima kasih banyak. Salam Literasi.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 18 buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 40 artikel (Oktober 2021- Mei 2022). Blog : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mudik dalam 3 Dimensi

Mudik dalam 3 Dimensi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ekspresikan Dengan Buku

Image

Menjadi Bangsa yang Terdidik

Image

Sepucuk Malam

Image

Mp3 Juice: Converter Paling Gampang 2022 Hanya Masukkan Link

Image

Peradaban Buku

Image

Waspada Saat Libur, Kalapas Kelas I Palembang Periksa Kesiapan Petugas Pengamanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image