3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Image
Setyo Sudirman
Bisnis | Monday, 26 Jul 2021, 16:02 WIB

Tujuan seseorang terjun ke pasar saham adalah mencari cuan. Cuan yang dimaksud yakni capital gain dan dividen. Namun sejatinya, tak melulu dua hal itu yang bisa mendatangkan cuan bagi investor.

Dalam investasi saham dikenal dua sumber cuan lainnya yang bisa menguntungkan investor. Kedua sumber cuan tersebut adalah right issue dan warrant. Dua sumber cuan ini wajib diketahui para investor, apalagi akhir-akhir ini dan di masa-masa mendatang akan banyak emiten gede melakukan right issue. Sayang kan kalau aksi korporasi ini tidak didulang cuannya.

Namun sebelum pada teknis cara mendulang cuan dari saham-saham right issue dan warrant, ada baiknya memahami terlebih dahulu kedua istilah tersebut.

Pertama, right issue dikenal juga dengan istilah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Dikutip dari Keputusan Badan Pengawas Pasar Modal Nomor 26 Tahun 2003 right issue dipahami sebagai hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli efek (saham) baru.

Pada dasarnya, suatu perusahaan (emiten) yang sudah melakukan penerbitan saham perdana (IPO) tapi membutuhkan dana segar maka bisa menerbitkan saham baru untuk kemudian dibeli oleh investor. Saham baru ini tentu saja khusus ditawarkan pada investor pemilik saham lama.

Jadi right adalah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dahulu membeli saham yang baru dikeluarkan dengan tujuan agar para pemegang saham lama diberi kesempatan untuk mempertahankan persentase kepemilikannya dalam suatu perusahaan.

Kedua, warrant (waran) adalah produk turunan saham (derivatif) yang dapat diperjualbelikan pada batas waktu tertentu atau diexercise (ditebus) menjadi saham dengan cara membayar sejumlah uang sebanyak jumlah warrant yang diinginkan dikalikan harga yang telah ditetapkan. Waran ini pada dasarnya hak yang diberikan kepada investor untuk membeli tambahan saham dengan harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya, waran merupakan pemanis (bonus) pada saat suatu emiten melakukan IPO atau melakukan right issue. Waran diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan yang saham publiknya sedikit dan kurang likuid. Hal ini bertujuan agar investor semakin tertarik membeli saham perusahaan tersebut.

Karena sifatnya pemanis, perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan secara finansial. Waran dikeluarkan agar trader atau investor mau membeli sahamnya maupun menebus right issue-nya. Saham perusahaannya pun diharapkan akan semakin diminati investor.

Karena waran itu hak dan bukan kewajiban maka kalau investor tidak ingin menggunakan hak untuk membeli (menebus) maka tidak akan jadi masalah. Tak mengherankan, waran ini lantas disebut juga dengan istilah options karena memberikan opsi (pilihan) kepada pemegang saham untuk menggunakan haknya atau tidak.

Pertanyaannya kini, bagaimana cara menebus right issue dan waran ini? Pada dasarnya saham right issue dan waran hanya bisa ditebus di tempat investor membeli sahamnya dengan masuk ke platform atau aplikasi jual-beli saham yang disediakan sekuritas.

Nah, biar konkret dan gampang memahaminya, berikut ini 3 langkah mudah menebus saham right issue dan waran di salah satu sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi yakni Indo Premier Sekuritas.

Di sekuritas dengan kode broker PD ini, untuk penebusan saham right issue atau waran dapat dilakukan melalui dua pintu yakni di www.ipotultima.com atau aplikasi IPOT on Windows yang bisa diunduh terlebih dahulu dari www.ipotstock.com. Seperti apa 3 langkah konkretnya?

IPOTULTIMA

1. Login dan masukkan username, password dan activate order dengan memasukkan trading pin

2. Pilih full menu, tool dan arahkan kursor ke exercise warrant & right

3. Masukkan kode saham right issue (stock code), jumlah lot (quantity) dan send (kirim). Sebelum send, sebaiknya cash in hand tersedia agar permohonan dapat diproses dengan cepat.

IPOT on Windows

1. Login dan masukkan username, password dan activate order dengan memasukkan trading pin

2. Lalu pilih fitur tool dan arahkan kursor ke exercise warrant & right

3. Masukkan kode saham right issue (stock code), jumlah lot (quantity) dan send (kirim). Sebelum send, sebaiknya cash in hand tersedia agar dapat diproses dengan cepat.

Penting untuk diketahui, transaksi saham right issue baru dapat dilakukan pada distdate hingga rightend dan segala transaksi saham right issue di pasar tunai (transaksi jual, beli dan penebusan) hanya dapat dilakukan pada sesi pertama.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image