Wow! Produk Asal Indonesia Mendunia, Jadi Sponsor Drama Korea

Image
vania dinda
Info Terkini | Monday, 26 Jul 2021, 15:30 WIB
Foto: dok. tvN Vincenzo

TvN channel Korea Selatan baru saja menyelesaikan serial drama Korea terbarunya Vincenzo yang dibintangi Song Joong-Ki, Jeon Yeo-Been, serta Ok Taec-yeon 2PM. Drama yang disutradarai oleh Kim Hee Won tayang perdana pada 20 Februari 2021 lalu.

Vincenzo adalah drama Korea di tvN yang bercerita tentang Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi oleh Don Fabio, kepala keluarga mafia Cassano. Oleh karena itu berganti nama menjadi Vincenzo Cassano. Berperan sebagai pengacara Italia, seorang consigliere untuk mafia.

Vincenzo diceritakan kembali ke Korea Selatan karena adanya konflik dalam grup mafia nya, namun di Korea ia mengadapi musuh-musuh baru yakni Jang Jun-woo (Taecyeon) sebagai Bos pemilik sebuah perusahaan real estate di bawah Babel Group. Vincenzo terlibat dengan pengacara Hong Cha-young (Jeon Yeo-been) mencapai keadilan dengan menggunakan caranya sendiri.

Berdasarkan Nielsen Korea, Drama yang telah berakhir ini meraih peringkat Top 6 serta mendapatkan angka rata-rata nasional 14,6% dan puncaknya 16,2%. Pencapaian itu membuat drama Vincenzo menduduki posisi pertama dari waktu penayangan di seluruh channel, termasuk jaringan penyiaran publik.

Tayangan drama Korea ini diperbincangkan selama penayangan nya di Indonesia. Drama ini dianggap menarik penggemar K-Drama di Indonesia karena sukses membuat heboh para penggemar atau yang seringkali disebut dengan istilah K-Drama Lovers.

Pasalnya salah satu merek permen terkenal Indonesia yakni Kopiko semakin bersinar di industri drama Korea Selatan. Terlihat dari munculnya logo permen asal Indonesia di menit-menit terakhir dalam drama. Oleh karena itu Kopiko diduga sebagai salah satu sponsor drama tersebut.

Kopiko adalah produk permen asal Indonesia yang berhasil debut dalam drama Korea yang menjadi tayangan dengan rating tertinggi tvN. Oleh karena itu respon Netizen Indonesia mengaku bangga terhadap produk lokal yang dipilih untuk mensposori tayangan Vincenzo dan tidak ragu untuk langsung memviralkan di media sosial.

Mayora Group, yang merupakan produsen dari merek Kopiko, mengakui bahwa Kopiko memang mensponsori program Vincenzo.

Saat yang ditunggu pun tiba, pada episode 14 permen Kopiko muncul untuk pertama kalinya dimana aktris Kim Yoon Hye dan Jung Ji Young dalam adegannya sedang mengintai di dalam mobil, di sana ada juga aktor Kim Young Woong dan ia yang menawarkan permen Kopiko.

Tanpa pikir panjang, kedua aktris itupun memakannya. Ada juga dialog yang disebut oleh Kim Yoon Hye mengatakan kalau Kopiko memiliki rasa yang enak.

Permen Kopiko yang muncul di drama Korea 'Vincenzo' bukan dalam kemasan satuan kecil, melainkan kemasan 'blister pack' yang praktis. Kemasan tersebut berisikan 8 butir permen. Jika melihat harganya di halaman e-commerce, satu bungkus permen ini dibanderol dengan harga Rp 2.000 per bungkus.

Menurut Haura Treyani Putri mahasiswi UNJ yang juga penggemar K-Drama, produk lokal yang dipilih untuk mensponsori program atau event diluar negeri, seperti untuk sponsor drama korea ada dampak positif dan negatifnya.

Seperti produk Kopiko ini dengan dijadikannya sponsor, masyarakat internasional dapat tahu dan ingin mencoba produk dari Indonesia. Dengan begitu pasar penjualan internasional dapat terjadi, sehingga menambah kemajuan ekonomi negara Indonesia. Untuk negatifnya, bisa saja produk lokal di cap atau diambil sebagai produk negara lain ujar Haura.

Setelah muncul dalam drama Vincenzo, kini Kopiko kembali hadir dan menjadi salah satu brand yang mensponsori serial drama berjudul Mine. Mine adalah serial drama terbaru yang tayang pada 8 Mei 2021 di tvN yang juga sukses menarik perhatian penggemar.

Dan lagi, menurut Nielsen Korea, Mine termasuk dalam drama yang saat ini berhasil mencapai rating tinggi sepanjang penayangan di TVN. Dengan cerita yang semakin menarik, rating episode terbaru "Mine" berhasil mencatat rekor pribadi. Menurut Nielsen Korea, episode keempat drama ini meraih rating sebesar 7,4 persen yang tergolong tinggi untuk ukuran TV kabel.

Dalam adegan nya, kemunculan Kopiko berawal ketika Seo Hi Soo (Lee Bo Young) dirias oleh para pegawainya. Di tengah aktivitas tersebut, salah satu dari mereka menawarkan sebungkus permen Kopiko kepada Seo Hi Soo.

Seo Hi Soo pun menerima permen itu dengan sangat ramah. Ia bahkan langsung memakan dan memuji manfaat memakan permen Kopiko tersebut. "Terima kasih, aku tidak mengantuk lagi," ujar Seo Hi Soo sambil menikmati permennya.

Tidak berhenti di situ, sebab sebungkus besar Kopiko kembali ditampilkan di layar sesaat kemudian. Dalam adegan ini, permen Kopiko disejajarkan dengan Handphone milik Seo Hi Soo di meja rias, sehingga terlihat di layar kaca dengan sangat jelas.

Dilansir dari Kompas.com alasan Kopiko memutuskan untuk mensponsori tayangan luar negeri karena selama ini Kopiko sudah ada di lebih dari 100 negara di dunia. Antara lain, di Amerika, Italia, Portugal, Spanyol, Jerman, Filipina, Australia, Singapura, dan Taiwan.

Saat ini Kopiko juga sudah di nikmati oleh konsumen Korea Selatan, sebab Kopiko yang terbuat dari kopi asli ini adalah merek global dan merupakan merek nomor satu di dunia. Kopiko sendiri berharap brand Indonesia mengglobal dan dapat menginspirasi produk-produk lndonesia lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image