Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Catatanteknisi

Personal Firewall dan Network Monitoring Menggunakan GlassWire

Teknologi | Sunday, 25 Jul 2021, 23:11 WIB

Suatu waktu mungkin kita ingin mengetahui aktivitas jaringan / koneksi internet apa saja yang terjadi pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Untuk itu kita memerlukan bantuan software network monitoring seperti misalnya aplikasi GlassWire.

GlassWire adalah aplikasi yang akan melakukan monitoring aktivitas jaringan yang melewati komputer kita seperti: melihat bandwidth yang digunakan, mengetahui device / komputer yang terhubung kedalam jaringan, mencatat aplikasi mana saja yang memulai setiap koneksi, dan memberi tahu kita dari mana data dikirim dan diterima.

Selain itu, GlassWire menyertakan fitur firewall yang memungkinkan kita untuk memblokir koneksi yang mencurigakan, sehingga membantu kita mencegah serangan cyber atau malware.

Setelah kita install dan kita jalankan, dibagian atas tampilan terdapat 5 menu utama dalam aplikasi GlassWire ini yaitu Graph, Usage, Things, Firewall dan Alerts.

Graph

Untuk melihat pemakaian bandwidth internet yang dikonsumsi tiap aplikasi secara realtime dalam bentuk graph, pilih menu Graph dan klik tab Apps.

Usage

Untuk melihat total pemakaian bandwidth internet yang dikonsumsi tiap aplikasi, pilih menu Usage dan klik tab Apps.

Things

Kita juga bisa melihat device lain yang terhubung ke Access Point atau Wifi yang sama dengan memilih Menu Things.

Firewall

Firewall berguna untuk memblok aplikasi apa saja yang mencurigakan atau yang menghabiskan banyak bandwidth.

Alert

Menu Alert ini berisi informasi dan peringatan apabila terjadi perubahan pada aplikasi atau aktifitas jaringan.

GlassWire tersedia untuk pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10 dan juga Smartphone Android dan dapat kita download di https://www.glasswire.com.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image