Manfaatkan Lahan Kosong Sekolah, Mahasiswa PMM UMM Buat Pojok TOGA Sekolah

Image
Egar Aldi
Gaya Hidup | Saturday, 17 Jul 2021, 09:48 WIB

Batu - Pembuatan pojok toga (Tanaman Obat Keluarga) menjadi salah satu program kerja yang di laksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan ini termasuk bagian dari implementasi pengabdian masyarakat dari sektor pendidikan. Anggota kelompok yang tergabung adalah seluruh anggota kelompok 48 gelombang 8. Penyerahan secara simbolis kepada pihak mitra (sekolah) dilakukan pada Rabu, 30 Juni 2021 di SD Negeri Bulukerto 01 Kota Batu.

Latar belakang penanaman toga di SD Negeri Bulukerto 01 ini adalah bagian dari upaya pemanfaatan lahan kosong yang berada disekolah. Lahan yang tidak terisi dan terlihat tandus dimanfaatkan sebagai pojok toga sekolah. Selain untuk mengisi lahan kosong, pojok toga dapat juga digunakan media pembelajaran yaitu pengenalan tanaman obat kepada siswa. Siswa juga diharapkan memiliki jiwa kepekaan terhadap alam disekitarnya, bahwa tanaman obat juga dapat berasal dari tumbuhan disekitarnya, bukan hanya yang dijual di apotek saja.

Kebetulan, sekolah kami baru saja direnovasi sehingga banyak tanaman yang rusak. Di belakang sekolah itu dulu kalau dilihat seger, tapi sekarang gersang tidak ada tanamannya ujar Ermin yang juga menjabat sebagai seorang guru SD Negeri 01 Bulukerto. Pasca pembangunan gedung sekolah di SD Negeri Bulukerto 01 ini berdampak pada rusaknya tanaman yang sebelumnya sudah ada.

Lahan sekolah yang sebelumnya memiliki tanaman yang cukup banyak, setelah pembangunan banyak tanaman yang rusak akibat runtuhan bahan bangunan. Kemudian, kelompok 48 gelombang 8 PMM UMM melakukan observasi, lahan gersang cukup luas sehingga muncul ide untuk menggunakan lahan tersebut sebagai pojok toga. Beberapa tanaman toga yang dipilih antara lain kumis kucing, pecut kuda, lengkuas/laos, serai, pandan wangi, iodium, dan patah tulang. Pemasangan poster mengenai toga dan manfaat dari masing-masing tanaman juga dilakukan untuk memperkuat pemahaman dan menghindari kesalahan pada saat mengidentifikasi tanaman toga tersebut. Melalui kegiatan penanaman toga di SD Negeri Bulukerto 01 diharapkan dapat menambah variasi tanaman yang ada dan menjadi media pembelajaran bagi siswa. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat bagi seluruh warga sekolah. (NHH & EAA)

Instagram: pmmummbulukerto

YouTube: PMM UMM BULUKERTO 8 48

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Peran Institusi Pendidikan dalam Perkembangan Ekonomi Syariah

Image

PPKM untuk Kepentingan Bersama

Image

Kangen Piknik, Jelajah Sejarah Candi Gedong Songo, Jawa Tengah

Image

Kangen Piknik : Bersama Alam Kembali Menjadi Manusia

Image

Andai Pandemi Pergi : Harapan dan Kesadaran Diri

Image

Pendidikan Kolaboratif: Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Terapi Mental

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image