Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Egar Aldi

Manfaatkan Lahan Kosong Sekolah, Mahasiswa PMM UMM Buat Pojok TOGA Sekolah

Gaya Hidup | Saturday, 17 Jul 2021, 09:48 WIB

Batu - Pembuatan pojok toga (Tanaman Obat Keluarga) menjadi salah satu program kerja yang di laksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). Kegiatan ini termasuk bagian dari implementasi pengabdian masyarakat dari sektor pendidikan. Anggota kelompok yang tergabung adalah seluruh anggota kelompok 48 gelombang 8. Penyerahan secara simbolis kepada pihak mitra (sekolah) dilakukan pada Rabu, 30 Juni 2021 di SD Negeri Bulukerto 01 Kota Batu.

Latar belakang penanaman toga di SD Negeri Bulukerto 01 ini adalah bagian dari upaya pemanfaatan lahan kosong yang berada disekolah. Lahan yang tidak terisi dan terlihat tandus dimanfaatkan sebagai pojok toga sekolah. Selain untuk mengisi lahan kosong, pojok toga dapat juga digunakan media pembelajaran yaitu pengenalan tanaman obat kepada siswa. Siswa juga diharapkan memiliki jiwa kepekaan terhadap alam disekitarnya, bahwa tanaman obat juga dapat berasal dari tumbuhan disekitarnya, bukan hanya yang dijual di apotek saja.

â Kebetulan, sekolah kami baru saja direnovasi sehingga banyak tanaman yang rusak. Di belakang sekolah itu dulu kalau dilihat seger, tapi sekarang gersang tidak ada tanamannyaâ ujar Ermin yang juga menjabat sebagai seorang guru SD Negeri 01 Bulukerto. Pasca pembangunan gedung sekolah di SD Negeri Bulukerto 01 ini berdampak pada rusaknya tanaman yang sebelumnya sudah ada.

Lahan sekolah yang sebelumnya memiliki tanaman yang cukup banyak, setelah pembangunan banyak tanaman yang rusak akibat runtuhan bahan bangunan. Kemudian, kelompok 48 gelombang 8 PMM UMM melakukan observasi, lahan gersang cukup luas sehingga muncul ide untuk menggunakan lahan tersebut sebagai pojok toga. Beberapa tanaman toga yang dipilih antara lain kumis kucing, pecut kuda, lengkuas/laos, serai, pandan wangi, iodium, dan patah tulang. Pemasangan poster mengenai toga dan manfaat dari masing-masing tanaman juga dilakukan untuk memperkuat pemahaman dan menghindari kesalahan pada saat mengidentifikasi tanaman toga tersebut. Melalui kegiatan penanaman toga di SD Negeri Bulukerto 01 diharapkan dapat menambah variasi tanaman yang ada dan menjadi media pembelajaran bagi siswa. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat bagi seluruh warga sekolah. (NHH & EAA)

Instagram: pmmummbulukerto

YouTube: PMM UMM BULUKERTO 8 48

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image