5 Tips Jitu Agar Cepat Dipanggil Interview

Image
EKRUT Official
Gaya Hidup | Friday, 16 Jul 2021, 11:49 WIB
www.ekrut.com

Setelah lulus kuliah, kamu mungkin ingin langsung berkecimpung di dunia pekerjaan. Namun sayangnya, mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah apalagi di masa pandemi sekarang ini.

Tapi jangan langsung berkecil hati, ini dia beberapa cara jitu agar cepat dipanggil interview yang bisa kamu coba lakukan.

1. Cantumkan keahlian

Saat melamar kerja untuk posisi yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki, kamu harus bisa menjelaskan kepada perekrut secara detail terkait keahlian yang kamu miliki. Misalnya software apa saja yang kamu kuasai di bidang tersebut dan lain sebagainya.

2. Jadikan media sosial sebagai portfolio

Di era digital yang super canggih ini selain menjadi sarana hiburan, media sosial juga dapat menjadi sarana kamu sebagai media portfolio lho. Bahkan, banyak perekrut yang memeriksa latar belakang kandidat melalui aktivitas media sosial mereka. Maka dari itu, gunakanlah media sosialmu untuk hal-hal yang positif dan menunjang kariermu.

Kamu dapat mencantumkan isi blog-mu atau karya-karya yang pernah kamu buat di berbagai platform media sosialmu.

3. Berteman dengan HRD via LinkedIn

Seperti yang kita ketahui, sekarang LinkedIn banyak digunakan oleh kepala HRD ataupun perusahaan guna membagikan informasi lowongan kerja lewat postingan yang mereka tulis. Maka dari itu, ada baiknya kamu mencoba untuk membuat koneksi dengan mereka.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memperoleh informasi terkait kualifikasi yang mereka butuhkan serta kesesuaiannya dengan skills yang kamu miliki. Setelah itu, kamu pastinya jadi bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi deh.

4. Minta rekomendasi

Untuk mempermudah kamu dipanggil interview, salah satu yang kamu butuhkan adalah surat rekomendasi. Kamu dapat melampirkan surat rekomendasi dari orang-orang yang pernah bekerjasama dengan kamu dan mengetahui betul potensi serta skills yang kamu miliki. Misalnya atasan di tempat magang, dosen pembimbing, ataupun ketua organisasi yang kamu ikuti.

Dengan adanya surat rekomendasi, kamu akan mendapatkan poin plus di mata perekrut.

5. Buatlah cover letter yang menarik

Selain poin-poin di atas, salah satu trik jitu yang dapat kamu lakukan agar cepat dapat panggilan interview adalah membuat cover letter yang menarik.

Cover letter menjadi hal pertama yang dapat mencuri perhatian HRD. Maka dari itu, kirimkanlah cover letter dengan format yang benar dan sertakan portofolio yang telah dikemas secara menarik dan tentunya sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Setelah mengetahui tips agar cepat dipanggil interview, ketahui juga tips agar cepat diterima kerja melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image