Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhamad Bagus Salim Arrofiq

Pesan Sahabat Ali bin Abi Thalib ra

Gaya Hidup | Tuesday, 13 Jul 2021, 10:07 WIB
Oleh : M. Bagus - Uin Jkt

Kehidupan haruslah memiliki keseimbangan dan keteraturan. Dan keduanya itu bisa didapat dari berbagai bentuk berupa pesan, nasihat, doa, bahkan hinaan orang lain pun dapat menjadi pelajaran untuk kehidupan seseorang. Salah satu hal itu adalah kata-kata mutiara atau dalam bahasa arabnya dikenal dengan Mahfuzhot.

Mahfuzhot ini merupakan kumpulan dari berbagai kesustraan Arab, pepatah Arab bahkan dari hadis Nabi saw pun ada. Mahfuzhot diperkenalkan sebagai sebuah pelajaran itu ketika diajarkan dipondok pesantren yang ada di Indonesia khususnya Pondok Modern Darussalam Gontor, Jawa Timur. Disana banyak sekali pelajaran yang didapat dari Mahfudzot sehingga pelajaran ini sudah diperkenalkan pada jenjang sekolah dasar sampai ke tingkat KMI (setara dengan SMP dan MA).

Mahfuzhot yang akan dibahas pada kesempatan kali ini yakni berasal dari sahabat Ali bin Abi Thalib ra berikut penjelasan :

1. 'Alayka bi Birril Wālidayni Kilayhimā #

wa Birri Dzawil Qurbā wa Birril Abā'id

2. Wa lā Tašhabanna illā Taqiyyan Muhadzaban #

'Afīfan Dzakiyyan Munjizan lil Mawā'id

3. Wa kun Wātsiqan billahi fī kulli Hāditsin #

Yašunka Madal Ayyām min Syarri Hāsidin

4. Wa billahi Fasta'šim wa lā Tarju Gayrah #

Wa lā taku binna'māi 'anhu bi Jāhidin

5. Wa Guđđo 'anil Makrūhi Tarfaka Wajtanib #

Adzal Jāri Wastamsik bihablil Mahāmid

Artinya :

1. Wajib atas kalian berbakti kepada kedua orang tua, serta pula berbuat baik kepada sanak, kerabat jauh ataupun dekat.

2. Janganlah sekali-kali kalian bersahabat dengan orang yang tidak bertakwa & beradab, (tetapi) bertemanlah (dengan) orang yang punya rasa malu, cerdas dan selalu menepati janji.

3. Jadilah orang yang selalu berpegang teguh (bergantung) kepada Allah dalam setiap perkataan, Dia akan menjagamu sepanjang hari dari keburukan pendengki

4. Berlindunglah kepada Allah dan janganlah berharap kepada selain Nya, dan jangan pula menjadi orang yang ingkar terhadap nikmat-nikmat Nya.

5. Tahanlah pandangan matamu dari hal yang dibenci Allah, hindari (dari) menyakiti tetangga dan berpegang teguhlah dengan sifat-sifat yang baik.

Dari kelima pesan diatas adalah sangat penting untuk dipegang oleh kaum muslimin dimanapun berada. Semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.. Aamiin

Sumber : Mahfuzhot KMI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image