Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heni Purwono

Obituari, Bunda Yatimah

Curhat | Monday, 12 Jul 2021, 11:14 WIB

Tentang beliau, beliau lahir sekira tahun 1948. Ketika lahir, ayahnya sudah meninggal, karenanya namanya Yatimah. Beliau hanya tamat Sekolah Rakjat (SR). Usia sekitar lima belasan tahun sudah dinikahi Bapak saya, Solihun Chaeruri. Dari rahim beliau lahir 12 anak, 7 perempuan dan 5 laki-laki. Urusan domestik keluarga beliau atasi sendiri, tanpa pembantu. Termasuk beliau juga mendukung ekonomi keluarga dengan bertani, menghitung jumlah bibit ikan dan aktivitas khas pedesaan lainnya. Termasuk urusan mengambil raport anak-anaknya sampai wisuda, semua adalah bagian beliau. Bapak tahunya beres membiayai sekolah anak-anak saja. Selama hidup, Ibu saya aktif menggerakkan pengajian majelis taklim ibu-ibu, juga aktif ngaji tiap Ahad (dulu) di YPI Cokroaminoto dengan KH Nikmatulloh, serta pengajian Ahad lainnya di Pondok Tanbihul Ghafilin dengan KH Mohammad.

Sejak tahun 2000 an beliau terkena stroke ringan sampai, sampai 2015 an beliau stroke berat dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Sampai akhirnya, sejak Jumat sudah tidak lagi mau makan, dan Ahad sore tadi Allah menghendaki beliau untuk "kembali" menghadap.

Beliau meninggalkan Bapak, 11 anak, 30 cucu dan 3 cicit.

Semoga husnul khotimah, dan segala kebaikannya diberikan pahala oleh Allah, segala kesalahannya diampuni, dan kita bisa berkumpul lagi di surgaNya kelak. Aamiin..

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image