Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

Ingin Membuat Cover Letter yang Ideal? Cek Informasi Berikut

Bisnis | Wednesday, 07 Jul 2021, 12:35 WIB
www.ekrut.com

Cover letter menjadi sebuah dokumemen yang harus bisa mencerminkan kemampuan serta pengalaman kerjamu yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Agar kamu dapat membuat cover letter yang ideal, ini dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui.

1. Pentingnya cover letter untuk melamar kerja

Jika kamu bertanya-tanya seberapa penting sih cover letter atau application letter dalam proses melamar kerja? Jawabannya adalah sangat penting!

Terkadang orang membuat cover letter seadanya dan cenderung terburu-buru, sehingga seringkali informasi yang penting dan relevan malah tidak dimasukan didalamnya. Padahal sebuah cover letter bisa menjadi first impression kamu di mata perusahaan, lho. Cover letter memberikan gambaran dirimu secara profesional maupun individual kepada perekrut.

Cover letter dapat menjadi salah satu caramu untuk menarik perhatian perekrut. Maka dari itu, pastikan kamu telah membuat cover lettermu secara maksimal dan disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2. Perbedaan cover letter dan surat lamaran

Banyak orang menganggap cover letter dan surat lamaran merupakan dua dokumen yang sama. Padahal walaupun terdengar mirip, ternyata kedua dokumen tersebut berbeda. Ini dia beberapa perbedaannya

a. Cover letter biasanya diikuti dengan resume.

Oleh karena informasi yang disebutkan dalam cover letter hanya dibuat dalam 3-4 paragraf dan tidak begitu lengkap, ada baiknya kamu melengkapinya dengan sebuah resume. Namun, pastikanlah isi cover lettermu bukanlah ulangan dari hal-hal yang sudah kamu tulis pada resumemu. Berikanlah informasi baru dan unik tentang dirimu kepada perekrut yang dapat menarik minat mereka untuk bertemu denganmu.

b. Sedangkan untuk surat lamaran, biasanya dokumen ini berdiri sendiri.

Fungsi dari surat lamaran adalah untuk menggantikan adanya sebuah resume. Informasi yang terkandung di dalamnya pun lebih luas dan mendalam, maka dari itu biasanya jumlah halamannya lebih dari satu. Surat lamaran berisikan keterampilan, kualifikasi, kekuatan dari pekerjaan sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar. Melalui surat lamaran, kamu harus bisa memasarkan diri dan menarik perekrut untuk menginterviewmu.

3. Cantumkanlah referensi dalam cover lettermu

Ada baiknya kamu sertakan surat referensi apabila kamu mendapatkannya dari seseorang yang bekerja di perusahaan yang sedang kamu lamar.

Ketahui 7 contoh cover letter melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image