Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Cari Cuan Ditengah PPKM Darurat? Begini Caranya!

Eduaksi | Tuesday, 06 Jul 2021, 20:09 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

JAKARTA, Retizen - Tak mudah memang mencari cuan ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, demi untuk keberlangsungan hidup.

Namun tak perlu panik, karena ada solusi dalam menghadapi kondisi yang bikin dilema tersebut. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah online marketing atau pemasaran online.

Cara ini sangat penting ketika mencari cuan ditengah PPKM darurat. Terlebih penggunaan internet dan media digital juga banyak digandrungi seluruh lapisan masyarakat.

Ditambah lagi, banyak sarana dari online marketing yang tersedia gratis maupun berbayar dengan harga terjangkau.

Kendati demikian, pemasaran online tetap membutuhkan strategi agar perencanaan mencari cuan ditengah pandemi membuahkan hasil.

BACA JUGA: Pandemi Covid-19 Membuat Ekonomi Debitur Ikut Terdampak

Nah, cara mencari cuan paling mudah ditengah PPKM yaitu disektor properti. Lalu seperti apa caranya? Yuk, simak ulasan sebagai berikut ini;

TERAPKAN STRATEGI DIGITAL

Langkah awal dalam mencari cuan di pasar properti yaitu miliki website properti atau blog profesional. Website ibarat wajah utama bisnis ketika mengawali bisnis ini.

Dalam website, bisa memajang segala informasi tentang produk bisnis yang dipasarkan. Alih-alih menggunakan iklan berbayar di Google Ads, juga dapat mengoptimasi konten website dengan SEO (Search Engine Optimization).

SEO berkutat di dunia konten dan kata kunci yang digunakan, oleh karena itu, konten menarik dan mengikuti standar SEO memiliki peluang untuk dibaca banyak orang.

Setelahnya, tinggal menunggu calon pembeli menghubungi lewat informasi yang diberikan dalam konten tersebut.

BACA JUGA: Industri Properti Bakal Kembali Bangkit

LAYANAN PESAN

Kemudian, kuasai layanan pesan singkat. Dalam digital marketing juga menitik beratkan pada kecepatan respon.

Dengan perkembangan zaman, sangat memungkinkan konsumen dan penjual untuk berkomunikasi lewat fitur chatting yang miliki seperti Whatsapp, Line Official, atau Layanan chat customer service dari website bisnis yang dimiliki.

MEDIA SOSIAL

Selanjutnya, mengenai sosial media, Indonesia merupakan salah satu pengguna yang paling banyak. Masyarakat atau market sangat aktif di dunia maya dan jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

Bahkan, perilaku pasar properti mulai menyasar pada media sosial itu sebagai teknik pemasaran online yang efisien. Media sosial berperan sebagai marketing gallery online untuk calon pembeli properti.

BACA JUGA: Ditengah Pandemi, Penjualan Properti KAS Terus Meningkat

Selain itu, dibutuhkan team yang profesional adalah keharusan. Dimulai dari branding, fotografer profesional dan copywriter profesional.

Gambar adalah elemen terpenting yang membuka gerbang pembeli dalam memilih jenis produk properti. Sebelum harga dan aspek lain, yang dilihat pertama kali seorang calon pembeli tentu saja gambarnya.

Selain Facebook, Instagram dianggap sebagai sarana memasarkan properti yang sangat efektif. Potensi Instagram sangat besar. Terdapat beberapa agen properti dengan pengikut ribuan hingga ratusan ribu. Instagram yang bagus adalah memiliki tema tertentu.

Ada juga yang fokus pada desain interior dan furniturenya. Instagram yang profesional selalu memilih foto dengan seksama.

Hanya gambar dengan kualitas tinggi dan konten yang berkualitas yang akan dipilih. Jangan lupakan aspek copywriting di judul foto instagram atau jenis media sosial lainya.

AKTIF PENCARIAN PROPERTI

Selanjutnya, cara marketing online paling mudah di peringkat kedua adalah menjadi aktif di situs properti. Ada kalanya harus memikirkan perspektif ‘partnership’ dibading beridiri sendiri.

Langkah ini dilakukan karena ada banyak portal dan situs-situs pencarian rumah yang tersebar di dunia maya. Portal-portal ini merupakan platform besar yang tentunya jika ingin menyaingi mereka dengan situs sendiri tentu akan mengeluarkan lebih banyak usaha dan biaya.

Oleh karena itu pertimbangkanlah untuk menjadi salah satu anggota mereka atau menjadi pemasang iklan di platform tersebut. Dalam platform properti di internet, sebagian besar adalah portal real estate ini.

Agen real estate memberikan sejumlah ulang untuk menghasilkan lebih banyak tampillah yang menarik pengunjung. Imbasnya, akan lebih banyak penawaran yang masuk ke dalam agen real estate.

Untuk penjualan online ini, penting bagi agen untuk menyebarkan informasi produk yang mereka jual kepada publik. Ada juga fitur coming soon properti yang memberi tahu publik, properti apa yang akan ditawarkan.

Dalam portal properti ini, calon pelanggan harus mendaftarkan diri kepada kontak yang telah diumumkan untuk berhubungan dengan Anda.

LAKUKAN OPEN HOUSE

Survei langsung lokasi marketing gallery masih menjadi tren yang populer bagi para pencari properti.

Tapi cara ini harus dilakukan pasca PPKM Darurat, karena beberapa aturan protokol kesehatan (prokes) harus tetap ditaati.

Selain itu, visit langsung ke lokasi proyek properti memang lebih meyakinkan calon konsumen dalam menentukan pilihan properti.

Konsumen bisa mengunjungi langsung dan menyesuaikan jenis tipe unit properti sesuai seleranya. Nah penasaran kan? Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image