Ternyata Ini Alasan Generasi Milenial Tunda Beli Rumah!

Image
SUGENG
Eduaksi | Monday, 05 Jul 2021, 17:53 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

JAKARTA - Tak sedikit generasi milenial lebih memutuskan untuk menunda beli rumah. Alasannya sangat beragam, mulai takut tak sanggup bayar cicilan dikemudian hari, penghasilan masih ngepas, hingga ada juga yang masih bergantung pada warisan orang tuanya.

BACA JUGA:Peserta Vaksin Gratis Apresiasi Inisiatif Alumni SMAN 42 Jakarta

Nah, apa sih yang menjadi penyebab generasi milenial tunda beli rumah? Yuk simak, 5 alasannya;

1. Harga Rumah

Harga rumah menjadi pertimbangan tersendiri bagi generasi milenial. Pasalnya, harga rumah akan mengalami kenaikan setiap tahun. Akan tetapi, beli rumah saat harganya masih mahal ternyata generasi milenial harus berpikir ulang karena ini dapat memperbesar pengeluaran.

BACA JUGA: Gandeng Pangdam Jaya, Alumni SMAN 42 Halim PK Jaktim Gelar Vaksinasi Gratis

Uang keluar yang harusnya Rp700 Juta berubah menjadi Rp800 Juta, selisih Rp100 Juta membuat alasan menunda untuk membelinya. Padahal jika menunggu harga turun, bisa cari-cari properti lain dengan harga yang lebih murah, tapi punya fasilitas yang sama atau bahkan lebih bagus.

2. Kebutuhan

Rumah selain menjadi kebutuhan juga sebagai aset penting yang harus dimiliki oleh semua orang. Tapi kalau kebetulan punya kebutuhan lain yang harus segera dipenuhi, maka utamakan ini dulu daripada beli mobil yang harganya pasti turun. Sebab kalau pemenuhannya terus-menerus ditunda, yang ada akan berpengaruh bagi kelancaran hidup dimasa yang akan datang.

BACA JUGA: 5 Alasan Milenial Tunda Beli Rumah

3. Prioritas Masa Depan

Selanjutnya yang menjadi alasan batalkan beli rumah karenya punya tujuan demi mendapatkan masa depan yang indah. Memang, harga rumah mewah akan memberi keuntungan yang besar saat menjualnya di masa mendatang. Tapi, ini hanya asumsi saja karena sama sekali tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

4. Keputusan

Alasan beli rumah atau tidak, semuanya tergantung pada orang yang mempunyai uang. Kalau memang dari sekian banyak rumah yang dilihat, tapi belum bisa memutuskan mana yang terbaik, lebih baik tidak terburu-buru untuk membeli rumah. Karena takutnya muncul penyesalan yang nantinya akan menjadi bahan pikiran. Luangkan lebih banyak waktu untuk memikirkan satu yang terbaik, apalagi untuk rumah yang akan ditempati seumur hidup. Bandingkan harga dan fasilitas yang didapatkan untuk memudahkanmu saat mengambil keputusan.

5. Penghasilan

Penghasilan berkurang atau dipotong karena perusahaan tempat bekerja terdampak pandemi juga menjadi alasan tersendiri bagi generasi milenial. Mereka lebih baik fokus pikirkan bagaimana cara agar kebutuhan pokok bisa terpenuhi dengan baik. Alhasil bisa bertahan hidup dari hari ini sampai hari-hari berikutnya. Simpanlah uang yang sudah disediakan ini ke rekening khusus atau depositokan saja untuk menghindari pemakaian yang tidak semestinya. Dengan demikian, uangnya akan tetap aman atau bahkan bertambah banyak karena penambahan dari hasil bunga deposito dalam kurun waktu tertentu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Andai Pandemi Pergi, Akankah Ekonomi Indonesia Pulih?

Image

Amanah BPKH mengelola DAU untuk Kemashalatan Umat

Image

Andai Pandemi Pergi, Impian Ini Akan Segera Kembali

Image

Yuk jadi relawan..,

Image

Pandemi Pergi, Umat Islam Istiqomah 5M

Image

Pengajar Sejati, Belajar Tanpa Henti, Mendidik Sepenuh Hati

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image