6 Ciri kepribadian ambivert dan manfaatnya di dunia kerja!

Image
EKRUT Official
Olahraga | Wednesday, 30 Jun 2021, 08:24 WIB
www.ekrut.com

Sekarang kita tidak hanya mengenal tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Tapi, ada juga tipe kepribadian ambivert yaitu kepribadian yang ada di tengah sprektrum introvert dan ekstrovert.

Seorang ambivert memiliki kedua sifat, baik sifat introvert maupun ekstrovert. Mereka yang termasuk sebagai ambivert dapat mengatur dan menyesuaikan sifatnya tergantung pada situasi, tujuan, dan kondisi yang sedang mereka alami.

Untuk mengetahui apakah kamu adalah seorang ambivert, baca sampai akhir ya!

Ini dia, 6 ciri kepribadian yang dimiliki oleh seorang ambivert

1. Menikmati suasana keramaian

Seorang ambivert dapat menikmati suasana di kerumunan banyak orang seperti pesta, namun energinya akan mudah terkuras sehingga cenderung untuk cepat-cepat pergi dari pesta tersebut.

2. Berpikir sebelum berucap

Sebelum mulai untuk berbicara atau mengutarakan pendapatnya, seorang ambivert cenderung untuk mendengarkan lawan bicaranya terlebih dahulu.

3. Mudah bergaul dengan tipe orang ekstrovert maupun introvert

Karena spektrum kepribadiannya berada di antara tipe ekstrovert dan introvert, pastinya seorang ambivert lebih mudah berbaur dengan keduanya. Merekapun suka menjadi pengamat orang lain. Namun, tentunya bukan sebagai stalker ya.

4. Gemar melakukan deep talk

Seorang ambivert juga cenderung lebih suka untuk ngobrol tentang hal-hal bermakna dan berbobot dibandingkan obrolan yang ringan dan membosankan.

5. Sangat tertutup di kondisi tertentu

Jika seorang ambivert dikelilingi oleh orang yang mereka baru kenal atau belum kenal, mereka akan cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Namun, jika berada di dekat sahabat dan orang terdekatnya, mereka akan berubah menjadi pribadi yang lebih terbuka.

6. Terdapat batasan zona sosial

Seorang ambivert suka untuk bersosialisasi dan mengenal banyak orang, namun mereka cenderung menahan orang lain untuk mengenal mereka lebih dalam.

Tidak hanya memiliki ciri khas yang unik, menjadi seorang ambivert juga memiliki berbagai manfaat lho. Berikut manfaat kepribadian ambivert di lingkungan kerja:

1. Gaya manajemen

Ambivert dapat menjadi penyeimbang pemimpin dengan kepribadian ekstrovert dan introvert. Seorang manager dengan kepribadian ambivert tahu kapan untuk memposisikan diri sebagai pendengar yang baik bagi karyawannya dan kapan untuk mengimplementasikan kebijakan.

Sehingga seorang manager yang ambivert cenderung lebih disukai oleh karyawan dengan kedua tipe kepribadian, baik itu ekstrovert maupun introvert.

2. Menjalin hubungan

Oleh karena mudah untuk memposisikan diri, seorang ambivert mampu menjalin hubungan yang lebih dalam dengan tipe kepribadian apapun.

Sifat ekstrovert yang dimilikinya dapat membuat mereka memiliki banyak teman, dan sifat introvertnya dapat membuat mereka membangun kualitas pertemanan yang lebih intens dan akrab.

3. Bijak mengambil keputusan

Berbeda dengan tipe ekstrovert yang suka mengambil keputusan secara impulsif maupun tipe introvert yang suka menghindari situasi beresiko. Seorang ambivert cenderung akan mengambil keputusan dengan memperhitungkan sisi baik dan buruk dari keputusan yang akan diambil.

Nah, itu dia tadi beberapa informasi terkait tipe kepribadian ambivert. Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam, baca melalui artikel ini ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game GTA SA Lite Versi Update yang Lebih Ringan

Image

3 Tip Anti Boncos dalam Investasi Saham

Image

Dosen dan Tenaga Pendidik Universitas Trisakti Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

MAHASISWA KKN GELAR SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN SEMPIT BERSAMA KWT(Kelompok Wanita Tani) GAMPONG P

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image