Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

6 Ciri kepribadian ambivert dan manfaatnya di dunia kerja!

Olahraga | Wednesday, 30 Jun 2021, 08:24 WIB
www.ekrut.com

Sekarang kita tidak hanya mengenal tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Tapi, ada juga tipe kepribadian ambivert yaitu kepribadian yang ada di tengah sprektrum introvert dan ekstrovert.

Seorang ambivert memiliki kedua sifat, baik sifat introvert maupun ekstrovert. Mereka yang termasuk sebagai ambivert dapat mengatur dan menyesuaikan sifatnya tergantung pada situasi, tujuan, dan kondisi yang sedang mereka alami.

Untuk mengetahui apakah kamu adalah seorang ambivert, baca sampai akhir ya!

Ini dia, 6 ciri kepribadian yang dimiliki oleh seorang ambivert

1. Menikmati suasana keramaian

Seorang ambivert dapat menikmati suasana di kerumunan banyak orang seperti pesta, namun energinya akan mudah terkuras sehingga cenderung untuk cepat-cepat pergi dari pesta tersebut.

2. Berpikir sebelum berucap

Sebelum mulai untuk berbicara atau mengutarakan pendapatnya, seorang ambivert cenderung untuk mendengarkan lawan bicaranya terlebih dahulu.

3. Mudah bergaul dengan tipe orang ekstrovert maupun introvert

Karena spektrum kepribadiannya berada di antara tipe ekstrovert dan introvert, pastinya seorang ambivert lebih mudah berbaur dengan keduanya. Merekapun suka menjadi pengamat orang lain. Namun, tentunya bukan sebagai stalker ya.

4. Gemar melakukan deep talk

Seorang ambivert juga cenderung lebih suka untuk ngobrol tentang hal-hal bermakna dan berbobot dibandingkan obrolan yang ringan dan membosankan.

5. Sangat tertutup di kondisi tertentu

Jika seorang ambivert dikelilingi oleh orang yang mereka baru kenal atau belum kenal, mereka akan cenderung menjadi pribadi yang tertutup. Namun, jika berada di dekat sahabat dan orang terdekatnya, mereka akan berubah menjadi pribadi yang lebih terbuka.

6. Terdapat batasan zona sosial

Seorang ambivert suka untuk bersosialisasi dan mengenal banyak orang, namun mereka cenderung menahan orang lain untuk mengenal mereka lebih dalam.

Tidak hanya memiliki ciri khas yang unik, menjadi seorang ambivert juga memiliki berbagai manfaat lho. Berikut manfaat kepribadian ambivert di lingkungan kerja:

1. Gaya manajemen

Ambivert dapat menjadi penyeimbang pemimpin dengan kepribadian ekstrovert dan introvert. Seorang manager dengan kepribadian ambivert tahu kapan untuk memposisikan diri sebagai pendengar yang baik bagi karyawannya dan kapan untuk mengimplementasikan kebijakan.

Sehingga seorang manager yang ambivert cenderung lebih disukai oleh karyawan dengan kedua tipe kepribadian, baik itu ekstrovert maupun introvert.

2. Menjalin hubungan

Oleh karena mudah untuk memposisikan diri, seorang ambivert mampu menjalin hubungan yang lebih dalam dengan tipe kepribadian apapun.

Sifat ekstrovert yang dimilikinya dapat membuat mereka memiliki banyak teman, dan sifat introvertnya dapat membuat mereka membangun kualitas pertemanan yang lebih intens dan akrab.

3. Bijak mengambil keputusan

Berbeda dengan tipe ekstrovert yang suka mengambil keputusan secara impulsif maupun tipe introvert yang suka menghindari situasi beresiko. Seorang ambivert cenderung akan mengambil keputusan dengan memperhitungkan sisi baik dan buruk dari keputusan yang akan diambil.

Nah, itu dia tadi beberapa informasi terkait tipe kepribadian ambivert. Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam, baca melalui artikel ini ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image