Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maman Soleman

Resep Sup Garang Asem Ayam ala Resto yang Segar Asam

Kuliner | Friday, 29 Apr 2022, 23:09 WIB

Musim hujan sudah di depan mata. Beberapa hari dalam seminggu, sebagian wilayah di Indonesia sudah dilanda hujan. Menikmati semangkuk sup dengan kuah yang segar tentu menjadi pilihan yang nikmat.

Sudah banyak sekali dibahas, varian kuliner berkuah yang enak disantap sebagai teman makan nasi. Akan tetapi, jangan puas dulu jika Anda belum pernah menikmati semangkuk garang asem, atau bahkan belum menemukan lokasi menemukan garang asem yang paling sesuai dengan lidah.

Iya, makanan khas Jawa Tengah ini rasanya semakin banyak dicari. Hampir seluruh tempat bersantap, mulai dari kedai, kafetaria, kafe, hingga hotel berbintang yang menyajikan kuliner nusantara, berlomba-lomba menyuguhkan garang asem versi masing-masing. Perbedaannya terletak pada rasa dan tampilan.

Disebut garang asem, konon karena masakan ini dibuat dengan cara "digarang" di atas api dalam waktu yang cukup lama, untuk membuat bumbu meresap sempurna pada daging yang empuk. Sedangkan kata “asem”, merujuk pada rasa kuah yang sedikit asam sehingga sangat menyegarkan saat diseruput.

Di daerah asalnya, Jawa Tengah, garang asem dikenal sebagai masakan olahan ayam berkuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang. Rasanya didominasi asam dan pedas. Seiring waktu, aneka modifikasi pun dilakukan. Bahan utama garang asem kini tak melulu ayam, melainkan daging sapi, iga, hingga bahan lain seperti ceker dan ikan.

Banyak pula orang yang langsung memasaknya begitu saja dalam sebuah kuali, tanpa dibungkus daun pisang. Ada yang berpendapat, dengan kuah yang "banjir", rasanya jauh lebih nikmat. Meskipun begitu, ada pula yang berpendapat, garang asem yang disajikan dengan daun lebih terasa alami, karena memiliki aroma daun pisang. Bagaimana menurut Anda? Yuk, cobain resep ini.

Resep Sup Garang Asem Ayam ala Resto

Bahan-bahan:

1 ekor ayam broiler

50 gr bawang bombai

30 gr bawang daun

50 gr cabe ijo

30 gr cabe gendot

30 cabe merah

1 buah tomat

60 gr jeruk lemon

5 gr pala

2 siung bawang merah

sedikit garam

Cara membuat:

Rebus ayam broiler dengan api sedang. Lama perebusan sekitar 60 menit.

Iris-iris seluruh bahan di atas, lalu masukkan ke dalam kuah kaldu ayam yang sedang direbus sekitar 10-15 menit.

Taburkan bawang goreng.

Sajikan dengan nasi hangat.

Sumber : Cahaya Perdana

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image