Santri Mubtadiat Lirboyo Ajari Fiqih Wanita di SMAN 1 Brebes

Image
musyafa ahmad
Agama | Friday, 29 Apr 2022, 11:17 WIB

Dalam rangka kegiatan Pesantren Ramadhan santri Pondok Pesantren Mubtadiaat Lirboyo Kediri memberikan pembelajaran tentang Fiqih Wanita. Fiqih wanita ini sangat penting mengingat ibadah sholat atau puasa bagi perempuan ada dispensasi pada saat tertentu. Sementara komunitas pelajar jarang mengetahui dan memahami hal Ikhwal tentang fiqih wanita terkait tentang haid atau mentruasi dan nifas. Oleh karena itu kehadiran santri mubtadiat Lirboyo Kediri untuk memberikan pemahaman tentng hal tersebut menjadi kebutuhan. Kami bersama santri Mubtadiat yg kebetulan saat liburan Ramadlan memanfaatkan dengan mengisi kegiatan Pesantren Ramadhan. Bukan hanya fiqih Wanita, kami juga memberikan materi tentang tauhid dan tadarus serta tadabur Quran. Demkian disampaikan Najmatul Ulya selaku koordinator pelaksana kegiatan Pesantren Ramadhan.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari mulai tgl 25 s.d 27 April 2022 di SMA N 1 Brebes diikuti oleh seluruh kelas 10 dan 11 dengan peserta kurang lebih 700 siswa. Mereka sangat antusias sekali menerima pembelajaran ilmu pengetahuan berbasis pesantren. Apa yang kami sampaikan berbasis kitab kuning yang biasa diajarkan di Pesantren, tapi dalam penyajian dihadapan peserta kami menggunakan powerpoint. Hal tersebut sebagai metode untuk memudahkan mereka dalam menyerap materi. Dalam kesempatan tersebut, inisiator Pesantren Ramadhan Akhmad Sururi menegaskan, bahwa khazanah ilmu pesantren perlu masuk pada lembaga pendidikan formal. Ini merupakan tanggung jawab seorang santri untuk nasrul Ilmi ( menyebarkan ilmu agama Islam ) . Sehingga dengan masuknya santri pada lembaga pendidikan formal akan menambah wawasan dan pengetahuan agama Islam dan selanjutnya dapat diamalkan.

Banyak hal yang menjadi perhatian kita bersama terutama terkait dengan ibadah dalam konteks fiqih perempuan. Oleh karena itu melalui salah satu pemahaman fiqih perempuan diharapkan siswa pada lembaga pendidikan formal dapat memahami secara detail sesuai dengan ilmu fiqih yang diajarkan di Pesantren.

Saat penutupsn kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 yang diselenggarakan di SMA N 1 Brebes ada kuis untuk menguji kemampuan daya serap terhadap materi. Pemenang kuis mendapatkan bingkisan hadiah dari kordinator Pelaksan Kegiatan.

Menjelang doa penutup, Aqna Balatin Santri Putri Mubtadiat membawakan Senandung Puisi Ramadlan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Joko Pitono henanggih Negari pundito engkang ka Eka aji Doso Purwo

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image