Tidak dipanggil interview tahap kedua? Mungkin ini alasannya!

Image
EKRUT Official
Olahraga | Friday, 25 Jun 2021, 12:13 WIB
www.ekrut.com

Setelah menjalani wawancara pertama biasanya kita merasa lebih lega dan pede, padahal proses rekruitmen tidak berhenti sampai disitu saja lho.

Masih terdapat tahap interview selanjutnya guna mendapatkan kandidat yang paling tepat bagi perusahaan. Namun sayangnya, cukup banyak kandidat yang gagal di tahap ini. Pastinya perusahaan memiliki berbagai alasan untuk tidak melanjutkan proses rekrutmen, mulai dari alasan internal hingga mungkin beberapa hal yang tidak sengaja kamu lakukan di interview pertama yang membuat perekrut tidak tertarik untuk melanjutkan proses kamu.

Tidak perlu sedih berlarut-larut. Jika kamu pernah mengalaminya, yuk ketahui alasan kenapa kamu tidak dipanggil interview kedua kalinya.

1. Isi CV tidak sesuai dengan realitanya

Demi mendapatkan posisi yang dilamar, cukup banyak orang berani untuk melebih-lebihkan kemampuan yang mereka miliki pada CV atau resume mereka. Wah, jika kamu melakukan hal tersebut dan pas sesi interview kamu tidak dapat membuktikan kemampuan yang kamu tulis di CV kepada perekrut, pastinya perekrut enggan untuk memanggil kamu ke proses selanjutnya.

Tanamkanlah prinsip untuk selalu jujur dalam menyusun CV. Tulislah kemampuan yang benar-benar kamu kuasai dan jangan lupa untuk selalu persiapkan diri sebelum interview pertama.

2. Kebutuhan perusahaan berubah

Kadang perusahaan mengalami perubahan nilai dana yang bisa dialokasikan untuk kandidat dengan jabatan tertentu. Perubahan tersebut bisa saja terjadi kapan saja lho, termasuk saat proses interview berjalan.

Maka dari itu, terkadang perusahaan tidak bisa melanjutkan proses rekrutmen ke tahap interview selanjutnya. Jika kamu pernah mengalami hal seperti ini, kunci menghadapinya adalah dengan ikhlas, menerima kenyataan dan bersabar saja.

3. Kamu terlihat kurang persiapan saat menjalani interview

Kurangnya persiapan bisa menjadi salah satu alasan perusahaan tidak mau melanjutkan proses rekrutmen ke tahap interview kedua. Kandidat yang terlihat kurang persiapan tentunya akan mendapat kesan yang kurang baik dari perekrut.

Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan sebelum menghadiri wawancara ya!

4. Kamu tidak sesuai dengan kultur perusahaan

Sebelum diwawancarai, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait kultur yang ada dalam perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan diri terhadap budaya yang ada di perusahaan.

Contoh penyesuaian yang dapat kamu lakukan adalah memilih baju yang sesuai dengan kultur perusahaan saat menghadiri wawancara. Misalkan kamu diundang wawancara oleh perusahaan startup, maka gunakanlah baju yang lebih fleksibel tidak terlalu formal seperti perusahaan/korporat dengan kultur konservatif.

5. Curhat di media sosial tentang interview yang baru saja kamu jalani

Setelah melewati tahap interview pertama, ada baiknya kamu jangan langsung besar kepala. Biasanya, perusahaan tetap akan melakukan riset guna memantau lebih detail tentang kamu melalui profil media sosial pribadi kamu.

Jangan sampai kamu malah curhat di medsos tentang hal-hal yang terjadi di sesi interview, atau bahkan mengeluh!

Ketahui juga 4 alasan lainnya melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

IJARAH DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Image

Puisi Tenaga Kesehatan Karya Asep Perdiansyah

Image

Lampard Siap Latih Everton dan Alasan Rooney Menolak Tawaran Everton

Image

10+ Gaya Arsitektur Rumah Terfavorit dan Sejarahnya

Image

Bagaimana Simulasi Kredit Tunaiku dan Biaya yang Dikenakan?

Image

Cara Dapat Sertifikat Vaksinasi Standar WHO untuk Perjalanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image