Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Perempuan, Semua Bisa Wujudkan Mimpi

Image
Devi Marietta
Eduaksi | Thursday, 28 Apr 2022, 16:50 WIB
Sumber: unsplash.com/Clay Banks

Kehidupan Kartini pada masanya sangat sulit dan cenderung menekan perempuan untuk tidak maju. Berbagai upaya dilakukan Kartini hingga akhirnya menghasilkan emansipasi wanita. Di masa kini, perempuan juga masih menghadapi tantangan yang tidak mudah tetapi sudah banyak yang membuka jalan.

Tidak ada kata terlambat. Semua orang mempunyai perjalanannya masing-masing yang berbeda dan unik. Seperti ada ungkapan mengatakan, “Everyone has their own timeline”. Perjalanan kehidupan setiap wanita tidaklah sama sehingga tidak perlu membandingkan dengan perjalanan hidup yang lain sebab semuanya akan tepat pada waktunya. Akan tetapi, harapan dan afirmasi tersebut juga harus diiringi dengan aksi yang selaras. Aksi yang isinya rangkaian tindakan untuk mewujudkan mimpi yang tertunda. Bukan soal cepat beraksi tetapi soal tepat dan konsisten beraksi.

Saya sendiri mengalami banyak periode berbeda dengan teman-teman sebaya soal perjalanan hidup. Di saat umur 25 tahun, saya melanjutkan kuliah ke Korea Selatan saat banyak teman sebaya rata-rata menikah atau berkarir. Keputusan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan beasiswa pun masih menuai tanda tanya di dalam keluarga besar. Walau ada yang mendukung, ada pula yang menentang. Katanya, “Buat apa sekolah lagi, lebih baik bekerja saja, toh juga akhirnya harus cari uang.” Ada juga yang mengatakan, “Nanti sudah dapat jodoh, kalau sekolah tinggi.”

Untuk saya, pilihan hidup saya waktu itu sebuah prestasi tetapi ternyata bagi orang lain itu sebuah ilusi. Ilusi mengejar mimpi yang tak ada manfaatnya. Waktu itu sempat sedih mendengar tanggapan itu, tetapi saya yakin dengan apa yang saya pilih karena itu sudah mimpi sejak kecil. Selain itu, dukungan dari keluarga inti juga sangat menguatkan pilihan saya waktu itu.

Pilihan hidup yang berbeda dengan orang kebanyakan bukan berarti selalu lebih buruk. Saya menyadari itu sebuah proses untuk membangun karya dan cita saya sendiri yang unik. Pendapat orang lain adalah sudut pandang tentang bagaimana dia memandang hidup dan juga merupakan cerminan dirinya sendiri. Ada yang perlu diresapi tetapi ada juga yang hanya cukup didengar tanpa harus dimasukkan dalam hati. Memang perlu intuisi, pemahaman diri, dan support system yang bisa menyaring hal tersebut. Pada akhirnya perempuan juga bisa mendapatkan kesempatan dan pilihan yang sama di setiap lini.

Hal ini juga seiring dengan semangat Flip, sebuah aplikasi buatan anak negeri yang menjadi solusi layanan transaksi keuangan digital di dalam maupun ke luar negeri. Flip berdedikasi #FlipBuatSemua dalam transaksi keuangan dalam dan luar negeri seperti semangat Kartini yang membuka jalan untuk semua perempuan dalam memiliki kesempatan yang sama.

Kini Flip telah menghadirkan layanan terbaru yakni layanan International Transfer pada solusi B2B Flip for Business. Dengan fitur baru yang sudah berjalan pada Januari 2022 ini, pelaku bisnis dapat mengirimkan yang hingga ke 1.000 rekening di luar negeri sekaligus dengan biaya yang terjangkau, baik ke rekening pribadi ataupun bisnis secara real-time.

Saat dulu kuliah di Korea Selatan, saya mengalami kesulitan dalam urusan kirim-mengirim uang ke Indonesia, semua masih dilakukan dengan konvensional untuk menghindari biaya transaksi yang mahal di bank luar negeri. Akan tetapi resikonya cukup tinggi karena hanya melalui azas kepercayaan. Dengan hadirnya Flip fitur International Transfer, sangat membantu masyarakat Indonesia apalagi sektor bisnis yang ingin bertransaksi ke luar negeri.

Flip for Business berhasil menerapkan biaya per transaksi tanpa adanya biaya tersembunyi serta kurs pengiriman uang yang lebih kompetitif dibandingkan jasa kirim uang ke luar negeri lainnya. Selain itu, transfer melalui Flip jauh lebih cepat dibandingkan layanan konvensional, apalagi ada bukti transfer yang dikirimkan ke email penerima juga. Jadi, menggunakan Flip sangat nyaman dan termonitor dengan baik. Beberapa fitur lainnya yang sudah ada yakni Money Transfer, Accept Payment, dan International Transfer. Sebuah jawaban untuk semua masyarakat Indonesia yang ingin mudah dan ekonomis dalam transfer internasional!

Layanan Internasional Transfer Flip kini baru hadir di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Inggris, Australia, dan Jerman. Walaupun belum ada negara Korea Selatan, Flip akan terus berusaha menambah jumlah negara lainnya. Semoga Flip terus berkembang, sebagai wujud representasi platform anak negara Indonesia yang juga membuka kesempatan untuk semua seperti semangat Kartini. Semangat selalu untuk perempuan Indonesia dalam mewujudkan mimpi!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

menulis untuk memberikan dampak positif, menulis pengalaman tak biasa hidup dan studi di Korsel pada www.devimarietta.wordpress.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Senyum Hangat sambut Kalapas Polewali, Bupati Polman akan Hadir Berikan Remisi 17 Agustus

Image

DPRK Gelar Paripurna Laporan Penyampaian Reses II Masa Persidangan III Tahun 2022

Image

Kembangkan Instrumen yang Tepat di Setiap Lembaga, LPM Uhamka Laksanakan RTM

Image

MAJU! Bahas IKN, HI UMKT Gelar Seminar Moving Capital Geopolitics of Indonesia

Image

KKN Tematik UPI 2022 : Sosialisasi Parenting dalam Membingkai Ulang Pola Asuh Anak Di Desa Dayeuhkol

Image

Grup Astern Music Hibur Warga Ceme

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image