Layanan Online Kantor ATR/BPN Kota Depok Dinilai Belum Efektif

Image
SUGENG
Info Terkini | Tuesday, 22 Jun 2021, 22:27 WIB
Layanan online di Kantor ATR/BPN Kota Depok dinilai belum efektif. (Foto: SG)

DEPOK, Retizen - Layanan online di Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Depok, dinilai belum efektif.

BACA JUGA: Terkait Keberatan Penetapan Zonasi, Warga Pasar Minggu Ajukan Banding!

"Layanan online di BPN Depok ini belum efektif, hal itu saya alami langsung ketika mendaftarkan berkas permohonan melalui email tapi setelah masuk diloket pelayanan masih berbelit-belit," ungkap Hayatun Nufus salah seorang pemohon penggabungan sertipikat di Kantor ATR/BPN Kota Depok, Selasa (22/6/2021).

BACA JUGA: Angkot 'Ngetem' Ditengah Jalan, Bikin Geleng Kepala

Sebelumnya, Nufus telah mendaftarkan permohonan dan mengirimkan melalui email hingga kemudian diminta datang langsung ke Kantor ATR/BPN Kota Depok dengan permintaan pesan agar membawa sejumlah berkas dan sertifikat asli.

"Padahal saya sudah bawa berkas lengkap sesuai permintaan pada email dari BPN, tapi setelah dilokasi oleh petugas diminta beberapa lampiran seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Surat Pernyataan harus di foto copy. Harusnya itu kan diberitahukan melalui balasan email, jadi saya tidak mondar-mandir. Ini yang saya maksud tidak efektif," ujarnya.

BACA JUGA: Vaksinasi Massal, Dongkrak Gairah Industri Properti

Selain itu, masih dikatakan Nufus, didepan loket pelayanan petugas masih mempertanyakan bukti pembayaran terakhir PBB 2021. "Harusnya petugas paham, bahwa Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) bisa dibayar di bulan Agustus 2021, kenapa saya harus diminta bukti PBB 2021 kan belum bisa dibayar," ungkapnya.

Oleh karena itu, Nufus berharap Kementerian ATR/BPN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) mampu meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.

"Sistemnya sudah bagus, tapi harus di imbangi dengan SDM yang profesional," pungas Nufus. Sementara itu, Kepala Kantor ATR/BPN Kota Depok belum berhasil dikonfirmasi terkait layanan online yang dinilai belum efektif tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Lainnya

Image

Cara Memahami Humas Zaman Now

Image

Pentingnya Kehumasan

Image

Public Relation : Media Komunikasi Dalam Kegiatan Marketing

Image

Peran humas dalam hubungan media

Image

Peran Humas diera pandemi

Image

Totalitas Guru Di Masa Pandemi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image