Pendahuluan : Manajemen Sumber Daya Internasional

Image
Gina Atikah
Bisnis | Sunday, 20 Jun 2021, 07:59 WIB

Manajemen sumber daya manusia internasional adalah bidang studi yang relatif baru, kemunculan dan popularitasnya telah terjadi sejak awal hingga pertengahan 1990-an. Ilmumanajemen sumber daya manusia internasional ini mewakili sesuatu dari keberangkatan baru dalam studi bisnis dan ilmu sosial, orientasi akademisnya pada dasarnya dikondisikan oleh disiplin akar manajemen sumber daya manusia, yang telah memiliki daya tarik utama sejak awal 1980-an.

Literatur tentang manajemen sumber daya manusia telah berputar di sekitar bangsa organisasi yang tercerahkan bahwa karyawan mewakili aset berharga dan bahwa penyebaran mereka dengan cara yang cerdas dan strategis tidak hanya akan membayar dividen perusahaan, tetapi juga nasional.

Manajemen sumber daya manusia telah menekankan tema-tema penting dari integrasi strategis, yaitu mengaitkan kebijakan untuk perekrutan, pelatihan, pembayaran dan pemutusan hubungan kerja dengan strategi perusahaan yang menyeluruh, fleksibilitas, yang mengacu pada kebutuhan untuk menyempurnakan basis sumber daya staf dengan tujuan untuk kebutuhan dan kualitas bisnis, yang mengakui kekuatan hubungan antara kompetensi dan komitmen karyawan dan output organisasi dalam hal produk dan layanan. Pemikiran manajemen baru tentang sumber daya manusia sering muncul dari Amerika Serikat dan dikaitkan dengan lingkungan. Area fungsional yang terkait dengan manajemen sumber daya manusia mungkin berkorelasi dengan aktivitas manajemen sumberdaya manusia standar, meskipun, dalam kasus yang pertama, jelas ada tingkat ambiguitas dan risiko yang lebih besar karena internasionalisasi dapat dianggap sebagai sesuatu dari langkah yang tidak diketahui.

Sementara perhatian utama manajemen sumberdaya manusia tetap jelas dalam lingkungan bisnis internasional, termasuk pemanfaatan sumber daya manusia yang fleksibel, lapisan lebih lanjut dari keterampilan manajerial diperlukan sebagai perusahaan mengangkangi batas-batas nasional di era globalisasi. Manajemen sumber daya manusia berpotensi ambivalen dan rumit karena menuntut:

Tanggung jawab untuk jumlah dan kompleksitas yang lebih besar, kegiatan, termasuk mengelola ekspatriasiPerluasan keahlian mencakup pengetahuan tentang negara asing, undang-undang ketenagakerjaan, dan sebagainya.Keterlibatan yang lebih besar dari karyawanMengatasi pengaruh eksternal dan berbagai budayaKeterlibatan yang lebih besar dalam kehidupan karyawan, terutama dalam kasus ekspatriat.Kemampuan untuk mengelola kesulitan dan risiko, terutama jika anak perusahaan didirikan di negara berkembang. Manajemen sumber daya manusia internasional adalah proses mempekerjakan, mengembangkan dan memberi penghargaan orang di dalam organisasi internasional atau global. hal ini melibatkan manajemen manusia di seluruh dunia, tidak hanya manajemen orang-orang mancanegara saja.

Menurut Dowling Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional adalah penggunaan sumber daya internasional untuk mencapai tujuan organisasi tanpa memandang batasan geografis.

Sedangkan Morgan mendefinisikan Manajemen SDM Global sebagai pengaruh yang mempengaruhi (interplay) diantara ketiga dimensi aktivitas-aktivitas SDM, tipe-tipe karyawan, dan negara-negara operasi.

Morgan menggambarkan MSDM Global dalam 3 dimensi yang meliputi:

Aktivitas-aktivitas SDM yang luas meliputi pengadaan tenaga kerja, alokasi dan pemanfaatan (ketiga aktivitas luas ini dapat dengan mudah diperluas ke dalam enam aktivitas SDM).Kategori negara atau bangsa yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas MSDM Internasional yakni:

Negara tuan rumah (host-country) dimana sebuah cabang dapat ditempatkan.

Negara asal (home-country) dimana perusahaan itu memiliki kantor pusat.

Negara-negara lain yang mungkin menjadi sumber tenaga kerja modal.

Tiga kategori karyawan dalam perusahaan multinasional yaitu:

Karyawan Negara tuan rumah (host-country nationals/HCNs)

Karyawan Negara asal (parent-country nationals/PCNs)

Karyawan Negara ketiga (third-country nationals/TCNs)

Jenis-jenis SDM Internasional

Ekspatriat adalah seorang karyawan yang bekerja dalam sebuah operasi, yang bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimana operasi itu ditempatkan.Tetapi karyawan tersebut merupakan seorang warga yang berasal dari negara dimana kantor pusat organisasi tersebut bertempat.Warga dari tuan rumah. Seorang warga negara tuan rumah adalah seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan dan ditempatkan pada sebuah operasi yang dijalankan di negara tertentu. Akan tetapi kantor pusat perusahaan tersebut berada di negara lain. Tujuannya karena organisasi tersebut ingin memperlihatkan dengan jelas bahwa organisasi tersebut membuat satu komitmen dengan negara tuan rumah dan bukan hanya membuka sebuah operasi luar negara.Warga dari Negara Ketiga. Karyawan ini adalah seorang warga dari satu negara yang bekerja di negara kedua, dan dipekerjakan oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat di negara ketiga.

Perbedaan Manajemen Sumber Daya Manusia dan MSDM Internasional

Rekrutmen mencari staf dari pasar tenaga kerja lokal atau nasional untuk mengisi lowongan atau meningkatkan pelengkap staf. Rekrutmen akan menggabungkan proses seleksi dan induksi atau sosialisasi.

Rekrutmen internasional memperoleh pemahaman tentang kualifikasi pendidikan dan pelatihan di negara tuan rumah, dan dengan berbagai pendekatan internasional untuk rekrutmen dan seleksi.

Pelatihan dan pengembangan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan kompetensi dasar organisasi baik melalui inisiatif pelatihan in-house, atau melalui staf pendukung dalam menghadiri lembaga pendidikan/pengembangan profesional.

Pelatihan dan pengembangan internasional jika sebuah perusahaan berdiri di batas-batas internasional, memperoleh kesadaran akan pendekatan kelembagaan yang beragam untuk pelatihan dan pengembangan dalam sistem nasional yang bersangkutan. Jika mempersiapkan manajer internasional untuk penugasan di luar negeri, serangkaian kebutuhan pelatihan khusus mungkin muncul terkait dengan kompetensi dalam kerja dan komunikasi antarbudaya.

Gaji penataan kerabat bayaran di dalam perusahaan dengan mempertimbangkan tarif pasar tenaga kerja.

Gaji dan penghargaan internasional memahami berbagai struktur dan filosofi gaji nasional di lingkungan nasional tuan rumah.

Manajemen kinerja berusaha untuk meningkatkan motivasi karyawan dan merumuskan kebijakan dan praktik untuk memastikan bahwa manajer memberi nilai tambah pada operasi perusahaan.

Manajemen kinerja internasional - dalam kasus ekspatriat, komplikasi muncul sebagai akibat dari jarak fisik penerima tugas internasional dari orang tua. Komunikasi tatap muka antara manajer dan bawahan berpotensi bermasalah.

Hal yang di pelajari dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional

Beberapa hal yang akan di kaji dalam manajemen SDM internasional adalah sebagai berikut :

a) Arti dari HRM internasional

b) Isu di HRM internasional

c) Dampak globalisasi

d) Perbedaan lingkungan dan budaya internasional

e) Faktor yang mempengaruhi pilihan antara konvergensi dan divergensi

f) Kebijakan SDM global

g) Mengelola ekspatriat.

Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional adalah penggunaan sumber daya global untuk mencapai tujuan organisasi tanpa memandang batasan geografis. Bidang Manajemen SDM Internasional dikarakteristikan oleh 3 pendekatan, yaitu

1. Manajemen SDM Global menekankan manajemen lintas budaya (cross-cultural management) yaitu melihat perilaku manusia dalam organisasi dari perspektif internasional

2. Dikembangkan dari hubungan industrial komparatif dan literatur-literatur Manajemen SDM dan berusaha untuk menggambarkan, membandingkan dan menganalisis sistem SDM di beberapa Negara.

3. Berusaha untuk memberikan fokus pada aspek Manajemen SDM di perusahaan-perusahaan multinasional (Andri Helmi, 2008). Dari penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa SDM global sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Referensi

Anwar, Koerul. 2016. Manajemen SDM Internasional, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Hollinshead, Graham. 2009. International and Corporative Human Resource Management, McGraw-Hill Education - Europe. London.

Rubrik financialku. Bagaimana mengatasi sumber daya manusia internasional dalam perusahaan? yuk kenali manajemennya!. https://www.finansialku.com/sumber-daya-manusia-internasional/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sejarah Akuntansi Dunia

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image