Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Soleh

Pelantikan IMM Jakarta Timur Angkat Wacana Humanitas di Tengah Disrupsi

Info Terkini | Sunday, 13 Jun 2021, 21:21 WIB
IMM Jakara Timur periode 2021-2022

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jakarta Timur menggelar Pelantikan dan Studium Generale, Sabtu (12/6). Acara pelantikan pengurus PC IMM Jakarta Timur periode 2021-2021 ini digelar secara luring dan daring. Acara ini digelar di Kantor Wali Kota Jakarta Timur dengan menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, diikuti juga oleh audiens secara daring menggunakan media Zoom Meeting.

Wikka Esa Putra, ketua umum PC IMM Jakarta Timur periode 2021-2022, dalam sambutan perdananya menyampaikan harapan untuk 48 pengurus agar selalu bersinergi dalam gerakan pencerahan melawan kebodohan. Wikka juga mengajak organisasi kepemudaan yang ada di Jakarta Timur untuk tetap konsisten di jalur kebaikan, menanam energi kebaikan untuk kebermanfaat bersama.

“Saya menyambut hari baik dan semangat baru untuk satu periode ke depan dengan meneguhkan nalar humanitas di era disrupsi sudah saatnya kita terus berlomba-lomba dalam kebaikan,” ujar Wikka, Sabtu (12/6).

Wikka juga mengatakan, jika nilai gotong royong masih dijadikan sebagai napas pergerakan, bangsa ini tidak akan pernah mati. “Begitu pun dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta Timur, jika nilai kolektif kolegial masih dijadikan sebagai nafas pergerakan IMM Jakarta Timur tidak akan mati,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Timur, Muhammad Shodik, mengatakan, IMM Jakarta Timur mampu untuk menjadi obor di tengah-tengah kehidupan masyarakat. “IMM harus mampu menerangi seluruh lapisan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Suku Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Politik, Ari Budiyuswanto, yang hadir mewakili wali kota Jakarta Timur menyampaikan, kehidupan berbangsa dan bernegara ini tidak dapat dilepaskan dari peran pemuda Indonesia.

Menurut Ari, pemuda mesti bisa menjadi solusi terhadap situasi dan permasalahan kebangsaan. “Pemuda Indonesia tampil menjelma menjadi solusi atas situasi dan kondisi saat ini,” kata dia, Sabtu (12/6).

Studium Generale

Studium general dalam acara pelantikan ini menghadirkan dua narasumber, yakni cendekiawan Muhammadiyah, Desvian Bandarsyah dan Andreas Harsono dari Human Right Watch. Tema yang diusung pada Studium Generale ini yaitu “Meneguhkan Nalar Humanitas di Era Disrupsi”.

Desvian menjelaskan tentang fenomena disrupsi dalam tinjauan filosofis dan historis. Sebelum terjadinya era disrupsi seperti sekarang ini, kata dia, Anthony Giddens menyebut dunia ini dalam runaway world.

“Karena persaingan-persaingan ideologi ditingkahi dengan perkembangan teknologi, lalu berkembang ke teknologi informasi. Lalu berkembang lagi ke teknologi informasi era digitalisasi. Dan itulah yang semakin membuat kehidupan tak terbayangkan,” ujarnya.

Sementara, Andreas Harsono memberikan pandangan dalam kacamata jurnalisme. Dia menjelaskan, jurnalisme itu penting pada era disrupsi ini karena menyajikan kebenaran, loyalitas terhadap warga, verifikasi, independen, memantau kekuasaan, memberi forum pada publik. Selain itu, kata dia, membuat hal relevan menjadi menarik, membuat berita komprehensif dan proporsional, memberikan tempat pada hati nurani awaknya, dan netizen punya tanggung jawab jurnalisme.

“Jurnalisme tetap dibutuhkan dengan cara diperbaharui media dan tetap harus menjawab tantangan dengan cara mengubah atau membuat strategi agar jurnalisme selalu diterima di masyarakat,” ujarnya.

*Diolah dari catatan Monic

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image