Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

3 Skills yang Kamu Butuhkan untuk Kolaborasi Kerja

Olahraga | Friday, 11 Jun 2021, 12:27 WIB
www.ekrut.com

Sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Hal tersebut dapat kita lihat penerapannya dari kebiasaan kita dalam mengerjakan projek kantor, pastinya kita tidak dapat mengerjakannya sendirian. Pasti ada saatnya dimana kita memerlukan bantuan dari rekan kerja yang lain. Maka dari itu, kolaborasi atau kerjasama dengan berbagai pihak di lingkungan kerja adalah hal yang tidak bisa kita hindari, ya!

Kolaborasi kerja tidak hanya dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas kantor, tapi bermanfaat pula dalam mempererat hubungan kamu dengan para coworkers lho. Yuk, simak skills apa saja yang harus kamu miliki untuk dapat membentuk kolaborasi kerja yang efektif

1. Kemampuan komunikasi

Saat kamu berkolaborasi, kamu harus bisa mengungkapkan opini kamu terhadap topik yang sedang dibahas. Kamu tidak perlu malu ataupun sungkan, ya!

Selain itu, kamu juga harus bisa mendengarkan opini orang lain dan tidak jadi pribadi yang maunya menang sendiri. Berikut ini beberapa skill komunikasi yang perlu kamu miliki:

a. Kemampuan mendengar. Tapi bukan hanya mendengar yang masuk kuping kanan keluar kuping kiri ya, agan harus bisa memahami maksud dari ucapan mereka!

b. Komunikasi verbal

c. Komunikasi tertulis

d. Kemampuan non-verbal, seperti gestur tubuh dan intonasi bicara

2. Menghargai perbedaan yang ada

Dalam kolaborasi kerja, tentunya kamu akan menemui banyak orang dengan latar belakang serta etos kerja yang berbeda dengan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu untuk dapat menghargai perbedaan yang ada, salah satunya perbedaan pendapat.

Ini dia, list cakupan kemampuan menghargai perbedaan:

a. Komunikasi terbuka

b. Fasilitasi diskusi grup

c. Peka terhadap etnis dan pandangan keagamaan

d. Membangun pemufakatan

e. Bisa mengumpulkan berbagai pandangan dari anggota tim

3. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dasar yang sangat perlu untuk dimiliki oleh setiap individu. Bahkan, kecerdasan emosional dianggap menjadi salah satu kemampuan yang paling banyak dicari oleh perusahaan sekarang ini lho.

Namun, apa sih kecerdasan emosional itu? Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk mengidentifikasi emosi yang ada dalam dirinya serta memahami emosi yang dirasakan oleh orang lain. Oleh karena itu, kemampuan ini menjadi elemen penting dalam berkolaborasi.

Kamu harus paham jika ada salah satu anggota tim yang sedang tidak baik dan bisa mengambil tindakan yang tepat dengan cepat, begitu juga jika kamu yang sedang merasa tidak baik.

Berikut ini adalah kemampuan yang termasuk ke dalam kecerdasan emosional:

a. Empati

b. Tidak mudah tersinggung

c. Mempunyai energi positif

d. Sensitif terhadap perubahaan suasana hati anggota tim

e. Bisa menyuguhkan motivasi jika ada anggota tim yang membutuhkan

Ketahui juga 5 langkah kolaborasi kerja yang efektif dan sukses melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image