Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Guru Belajar

Kepala MAN 1 Sleman, Ajak Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW

Agama | Monday, 25 Apr 2022, 22:18 WIB
Dokpri:Pesantren Ramadhan MAN 1 Sleman

Agama Islam adalah agama yang santun. Islam sangat menjunjung tinggi etika,sopan santun dan akhlak. Akhlak adalah sangat penting dalam kehidupan manusia. Akhlak mencakup tingkah laku, tabi'at, perangai, karakter manusia yang baik maupun yang buruk.

Demikian disampaikan Drs. H. Soir, M.S.I Kepala Madrasah (Kamad) dihadapan siswa kelas X, peserta kegiatan pesantren ramadhan di Masjid al Himmah madrasah setempat, sabtu (23/4/2022).”Tidak ada aktivitas manusia dalam hidup ini yang lepas dari etika. Sekecil apapun kegiatan harus dilaksanakan sesuai dengan akhlak. “Rasulullah telah mengajarkan bahwa semua kegiatan , mulai bangun tidur sampai akan tidur kembali dikerjakan sesuai dengan akhlak,” ungkap Kamad

“Dalam sebuah hadis dikatakan: "sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak". Bahkan ulama Sufi besar, al-Imam al-Ghazali, pernah berseloroh, andaikan dunia ini tidak ada aturan, cukuplah akhlak sebagai satu-satunya aturan,”tambahnya.

Mengakhiri paparannya, Kamad mengajak peserta untuk meneladani akhlakul karimah yang diajarkan nabi Muhammad saw. Semua siswa, khususnya peserta pesantren untuk selalu menjaga etika/sopan santun, baik ketika di madrasah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. “Siswa muslim agar menjadi teladan bagi orang lain karena kesantuannnya,” pungkas Kamad.(smn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image