Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Bambang

Pentingnya Membaca Informasi Pasar Bagi Pelaku Usaha

Bisnis | Friday, 04 Jun 2021, 20:17 WIB

Didalam dunia usaha tentunya tidak lepas dari pasar. Hal ini karena produk yang dihasilkan pengusaha diharapkan dapat diserapkan dengan apik oleh pasar. Tolak ukur penyerapkan produk dengan apik oleh pasar cukup mudah yaitu produk laris manis dipasaran. Tentunya untuk mempunyai produk yang laris manis perlu usaha salah satunya membaca informasi pasar. Dengan mengetahui informasi pasar ini maka pengusaha akan mengenai situasi dan kondisi perdagangan secara umum yang masih bekerjasama dengan produk yang terkait, harga jual yang inginkan oleh konsumen dan situasi kondisi pasar secara keseluruhan.

Sedangkan yang dimaksud dengan informasi pasar disini adalah keterangan yang berupa fakta, data ataupun hasil analisis, pertimbangan atau sebuah pandangan dari pemberli.Tentunya hal-hal ini harus dikuasai dengan baik dan mendetail serta penerapan yang sempurna oleh pihak pengusaha walau terkadang dalam penerapannya tentu mengalami dan menghadapi banyak sekali hambatan yang terkadang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Dengan pemahaman yang utuh atas informasi pasar nantinya akan dapat dijadikan materi kajian dari sebuah strategi pemasaran yang akan di terapkan untuk memaksimalkan semua peluang yang ada. Pemahaman informasi pasar yang matang akan membantu dalam mengetahui karakteristik/perilaku konsumen, pengembangan suatu produk, cara promosi, taktik distribusi, dan penetapan harga produk.

1) Mengetahui Karakteristik/Perilaku Konsumen

Dengan mengetahui karakteristik/perilaku konsumen akan mudah untuk memperhitungkan potensi barang yang laku di pasar, sehingga akan lebih mudah dijual.

2) Pengembangan Suatu Produk

Dengan informasi pasar ini pelaku usaha akan memperoleh data yang memang sesuai dengan kenyataan di pasar. Dengan demikian pelaku usaha akan memperoleh informasi yang akurat, dan mampu memudahkan pelaku usaha melakukan pengembangan suatu produk.

3) Cara Promosi

Dengan informasi pasar ini juga akan membantu pengusaha untuk menyeleksi kembali media periklanan. Sehingga akan mudah untuk milih media mana saja untuk promosi yang paling efektif dan dengan biaya yang paling rendah. Dengan begitu proses pemasaran atau marketing bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

4) Taktik Distribusi/Produk

Tujuan dari membaca informasi pasar lainnya bagi pengusaha adalah supaya pelaku usaha dapat menghindari pengaruh keinginan yang sifatnya subjektif, atau yang biasanya berasal dari keinginan pribadi semata. Tingkat objektivitas ini akan sangat membantudalam menentukan sasaran konsumen yang dianggap potensial bagi perusahaan, sehingga mudah dalam menentukan taktik distribusi barang/produk.

5) Penetapan Harga Produk.

Biasanya kegiatan membaca informasi pasar adalah dengan mengidentifikasi produk, merumuskan produk hingga eksekusi produk yang layak jual. Dengan demikian akan membuat pelaku usaha akan lebih fokus dalam mencapai apa yang diharapkan, terutama dalam menentukan harga produk yang layak dipasaran.

Nah kalau diamati bahwa manfaat dari membaca informasi pasar sangat penting, maka sebaiknya sebagai pelaku usaha jangan segan-segan untuk selalu membaca informasi pasar untuk bisa tetap eksis didunia usaha.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image