Semarak Pesantren Ramadan, MTsN 3 Bantul Sajikan Materi Keagamaan Menarik

Image
Siti Rofingah
Info Terkini | Monday, 25 Apr 2022, 11:50 WIB
Siswa kelas VII MTsN 3 Bantul antusias ikuti pesantren ramadan

Bantul (MTsN 3 Bantul) – MTsN 3 Bantul selenggarakan kegiatan Pesantren Ramadan Tahun 1443 H/2022 M. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari terhitung mulai Senin (25/04/2022) hingga Rabu (27/04/2022). Pesantren Ramadan dilaksanakan di ruang kelas, mushola, dan aula madrasah.

Berdasarkan Surat Edaran dari Kantor Wilayah Kemenag DIY bahwa kegiatan pesantren ramadan secara tatap muka diperbolehkan, namun belum bisa penuh maksudnya bersesi atau bertahap. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Sugeng Muhari, Kepala MTsN 3 Bantul pada saat rapat koordinasi di Aula, Sabtu (16/04/2022).

Kegiatan pesantren ramadan mulai pukul 07.00 – 11.30 WIB. Hari pertama hingga ketiga secara berturut-turut diikuti secara bergantian oleh siswa kelas 7, 8, dan 9. Pesantren ramadan diawali dengan salat dhuha dan murojaah, dilanjutkan materi pertama tentang fikih ibadah. Pemateri materi fikih ibadah merupakan pengasuh pondok di sekitar madrasah yaitu Gus Muchtar Zahro’u dan Gus Haqi. Kemudian materi kedua tentang semangat mencari ilmu dan materi ketiga tentang tujuan penciptaan manusia. Materi kedua dan ketiga disampaikan oleh guru rumpun keagamaan. Selain kegiatan di atas, pada hari ketiga diagendakan lomba antar siswa perwakilan kelas 7 dan 8. Khusus siswa kelas 9, mengikuti kegiatan pesantren ramadan dihari ketiga bersamaan dengan acara pengajian dan buka bersama.

Sugeng Muhari, Kepala MTsN 3 Bantul mengingatkan guru mendampingi siswa pada kegiatan pesantren ramadan. “Bapak/Ibu guru agar mendampingi siswa di mushola dan aula untuk salat dhuha serta dilanjutkan materi”, kata Sugeng.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tasyakuran atas Raihan Akreditasi Unggul, Rektor Uhamka Ajak Civitas Akademika Terus Bersinergi

Image

Kisah Mahasiswa Internasional KKN UMP di Belitung, Ajari Warga Masak Khas Thailand

Image

Lima Publik Figur Penggemar Kaos

Image

Mahasiswa KKN Ke Indonesiaan Laksanakan Program Penghijauan di Banyumas

Image

Kemerdekaan dalam Perspektif hamba yang belum merdeka.

Image

Kepala Rutan Blora Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image