Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Gaya Hidup | Wednesday, 02 Jun 2021, 15:20 WIB
www.ekrut.com

Kinerja karyawan menjadi salah satu elemen yang menunjang kesuksesan sebuah perusahaan. Kinerja karyawan yang berkualitas tentunya akan membuat perusahaan semakin berkembang, namun jika kinerja karyawan tidak berkualitas maka akan memberikan dampak negatif pula bagi perusahaan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan untuk menjaga kualitas kinerja karyawannya dengan memahami faktor-faktor yang berikut ini

5 Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan

Kinerja karyawan bergantung pada beberapa faktor, mulai dari kesehatan hingga pengaruh atasan. Agar kinerja karyawan terus meningkat, yuk pahami faktor-faktor di bawah ini

1. Kesehatan karyawan

Hasil kinerja karyawan sangat bergantung pada kesehatan mereka. Karyawan yang sehat dan berstamina tentunya dapat bekerja dengan fokus serta optimal. Mereka dapat mengikuti arahan atasan dengan baik dan menyelesaikan projek atau tugas mereka secara maksimal.

Untuk menunjang kesehatan karyawan, perusahaan perlu memberikan asuransi kesehatan pada para karyawannya. Asuransi kesehatan tentu saja akan membuat pengeluaran perusahaan semakin besar, tapi hal tersebut akan memberikan efek jangka panjang yang baik.

2. Pelatihan terhadap karyawan

Guna meningkatkan kualitas kinerja karyawan, perusahaan harus memberikan berbagai edukasi dan pelatihan.

Hal tersebut dapat membantu untuk memberikan arahan bagi karyawan baru dan peningkatan kerja bagi karyawan lama.

Dengan adanya pelatihan terhadap karyawan, baik itu secara langsung maupun dengan program pembelajaran, hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kemampuan karyawan yang pastinya memberikan dampak positif bagi performa perusahaan.

3. Perlakuan perusahaan akan karyawannya

Perlakuan baik dari perusahaan terhadap karyawannya akan meningkatkan kinerja karyawan. Dengan adanya perlakuan baik tentunya karyawan akan merasa lebih dihargai, bahagia, serta termotivasi untuk bekerja lebih maksimal lagi.

Perlakuan baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak hanya melalui pemberian pujian. Perusahaan dapat berperilaku baik dengan memahami kebutuhan para karyawannya, misalkan atasan memberikan waktu luang dan menghargai kehidupan di luar kantor para karyawannya dengan tidak menghubungi mereka pada hari libur.

4. Perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang ada di perusahaan akan menunjang kinerja para karyawannya. Misalkan, sebuah perusahaan memberikan perangkat yang bisa melakukan fungsi analisis, tentunya dengan adanya perangkat tersebut akan meningkatkan kinerja para marketer di perusahaan itu sendiri.

Perusahaan juga dapat mengerjakan berbagai hal secara otomatis dengan adanya software, sehingga perusahaan tidak lagi menggunakan cara manual yang sudah jadul.

5. Pengaruh seorang atasan

Faktor lain yang mempengaruhi kinerja karyawan tidak lain adalah atasan. Karyawan yang memiliki seorang atasan dengan personality yang buruk seperti tidak dapat dipercaya, tidak menghargai bawahannya, akan menghasilkan kinerja yang buruk.

Untuk meningkatkan kinerja karyawan, seorang atasan harus bisa memotivasi, menjadi role-model yang baik, serta menghargai kinerja bawahannya. Alangkah lebih bagus jika bisa terjalin hubungan yang baik di antara keduanya.

Baca juga 3 faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image