Dilema Penggemar BTS Saat Berbelanja di e-Commerce Indonesia

Image
Tasya Anugrah
Info Terkini | Monday, 31 May 2021, 08:49 WIB

Berbicara persaingan bisnis di Indonesia, tentu e-commerce akan menaklukan hati pembeli dengan berbagai cara. Mereka akan memberikan apa yang pembeli inginkan, baik itu untuk kepuasan pembeli dan juga penjual. Seperti yang kita ketahui, saat ini di Indonesia berbagai e-commerce telah menggunakan artis luar untuk menjadikannya brand ambassador. Tentu saja hal tersebut akan banyak memikat hati para pembeli, khususnya para penggemar. Namun, dengan banyaknya e-commerce yang menggunakan artis luar atau lebih tepatnya idol Korea, akankah penggemar menjadi dilemma untuk berbelanja di toko-toko tertentu?

Kalau aku sih yang pasti lebih suka belanja di tempat yang banyak gratis ongkir, ya. Kalau di satu toko nggak ada free ongkir, ya aku beralih ke toko lain, hehe, ungkap Fitri, salah satu penggemar BTS

Pada tahun 2021 ini, banyak kalangan remaja yang masuk kedalam dunia K-Pop atau Korean Pop. Terutama boyband dan juga film drama asal Korea Selatan yang terus membuat penggemar histeris setiap harinya. Kepopularitasan dan talenta mereka lah yang menggaet para penggemar. Tak hanya itu, perusahaan start-up pun pasti mempunyai alasan tertentu untuk menjadikan beberapa idol korea sebagai brand ambassador.

Jawaban yang sudah pasti ialah loyalitas penggemar kepada sang idola. Banyak penggemar diluar sana yang rela membeli apa yang idolanya kenakan, baik itu berupa pakaian, makanan atau minuman, dan peralatan lainnya. Dari situlah perusahaan start-up mengetahui bagaimana cara mengambil hati penggemar untuk menggunakan layanan marketplace yang tersedia.

Membawa artis luar, khususnya idol korea untuk menjadi brand ambassador di e-commerce Indonesia, membuat nama toko dan omset penjual menjadi naik. Namun, banyak dari penggemar yang masih menggunakan satu marketplace saja untuk berbelanja dan berjualan karena fitur yang mudah digunakan, serta alasan lainnya ialah banyaknya pembeli yang menggunakan aplikasi tersebut untuk berbelanja.

Mungkin karena marketplace yang biasa aku pakai fitur nya mudah digunakan dan banyak pembeli dari kalangan wanita, ditambah mereka yang suka shopping. Jadi kalau belanja di tempat lain suka bingung gunainnya, ucap Putri saat diwawancara

Kalau masalah loyalitas, pasti tetep setia sama idola ya. Kadang balance lah, bisa belanja dimana saja. Dan kalau dibilang dilemma, pasti iya. Karena aku aja seringnya pake shopee buat belanja, padahal idol aku jadi brand ambassador di Tokopedia, tambah Fitri

Tokopedia x BTS

Siapa yang tidak asing mendengar boyband beranggotakan 7 personel asal Korea Selatan ini? Dengan kerja keras dan talenta mereka yang dapat membawa sisi positif bagi para penggemar di seluruh dunia. Bangtan Sonyeondan atau kerap disapa BTS telah menjadi brand ambassador di Tokopedia sejak tahun 2019.

Para penggemar tentu senang dan antusias mendengar kabar tersebut. Dengan taktik perusahaan dan pilihan idol yang tepat, Tokopedia mampu men-sukseskan hati para penggemar. Pada tahun 2021, Tokopedia kembali meresmikan BTS sebagai brand ambassador.

Namun, di tahun ini, Tokopedia memiliki cara baru untuk menggunggah pembeli khususnya para penggemar BTS atau biasa disebut ARMY untuk berbelanja di marketplace tersebut. Cara ini ialah dengan berbelanja minimal Rp. 50.000 di toko yang bertuliskan bebas ongkir xtra, dan tentunya pembeli akan mendapat keuntungan berupa photocard eksklusif yang hanya tersedia di Tokopedia.

Dengan cara ini, Tokopedia mampu membawa banyak penggemar untuk dapat menggunakan aplikasi Tokopedia lebih sering karena keuntungan yang akan didapat.

Shopee x Arya Saloka dan Amanda Manopo

Berbeda dengan Tokopedia, tahun ini shopee meresmikan Arya Saloka dan Amanda Manopo untuk menjadi brand ambassador di Shopee. Kedua aktris yang sedang naik daun karena series "Ikatan Cinta" ini juga mampu menggaet penonton di Indonesia.

Pada tahun sebelumnya, Shopee menggunakan boyband asal Korea Selatan, yaitu Stray Kids untuk menjadikannya brand ambassador. Namun, kontrak tersebut hanya berlaku untuk satu tahun saja dan tidak lagi diperpanjang.

Dengan berbagai alasan tertentu, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat terus berbelanja di Shopee. Pemilihan gratis ongkos kirim yang memudahkan masyarakat luas untuk membeli banyak produk. Belum lagi jika Shopee mengadakan event yang diadakan setiap bulannya dengan keuntungan banyak gratis ongkos kirim dan cashback yang melimpah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2019

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image