Liga Champions: Sejarah yang Terulang Kembali

Image
AZMIRIZAL
Olahraga | Sunday, 30 May 2021, 05:33 WIB
Liga Champion Eropa (source:Rocio Huapaya/Pinterest)

Ajang UEFA Champion League selalu dinanti oleh seluruh oleh pecinta sepakbola di Dunia. Final Liga Champion kali ini mempertemukan dua raksaksa Inggris yaitu Manchester City dan Chelsea dimana Manchester City harus takluk ditangan Chelsea dengan skor tipis 1-0 dengan gol yang dicetak oleh Kai Havertz pada babak pertama.

Final ini merupakan final pertama bagi Manchester City di ajang liga Champion. Sedangkan bagi Chelsea, final ini merupakan final ketiga setelah sebelum nya di musim 2007/2008 dan 2011/2012. Dimana tahun 2012 dan 2021 ini keluar menjadi juara.

Kai Havertz mencetak gol kemenangan Chelsea (source:Getty Images/Carl Recine - Pool)

Sebelum laga final yang diadakan di Stadion Drago,Porto,Portugal, cukup banyak teori Cocoklogi yang membandingkan ajang Liga Champion ditahun ini dengan tahun 2012 lalu. Cocoklogi ini seolah memberi tanda bahwa Chelsea dapat mengulang sejarah gemilang ditahun 2012. Apa saja cocoklogi nya itu ?

Memecat Pelatih Muda

Chelsea menunjuk Andre Villas Boas sebagai manajer tim pada Awal musim 2011/2012. Saat itu umur AVB belum genap 40 tahun. Namun hal itu tidak berlangsung lama karena AVB dipecat pada Maret 2012 setelah Chelsea terseok seok di liga Inggris pada saat itu. AVB digantikan oleh Roberto Dimateo.

Nasib yang sama menimpa mantan pemain Chelsea Frank Lampard pada musim 2020/2021. Lampard dipecat di pertengahan musim dengan alasan yang sama dengan AVB. Lampard digantikan dengan pelatih asal Jerman yaitu Thomas Tuchel.

Kalahkan Tim Portugal di Perempan Final

Pada Perempat Final Liga Champion 2012, Chelsea berhadapan dengan tim asal Portugal yaitu Benfica. Saat itu Chelsea menang dengan Skor agregat 3-1.

Pada Liga Champion musim ini, Chelsea juga berhadapan dengan tim Portugal yaitu FC Porto di Perempat Final. Tim London biru itu berhasil membungkam FC Porto dengan skor agregat 2-1.

Kalahkan Raksaksa Spanyol

Pada tahun 2012 lalu, Chelsea berjumpa dengan Raksaksa Spanyol, Barcelona di semifinal liga Champion. Chelsea melaju ke FInal setelah menahan imbang Barcelona di leg-2 dengan skor 2-2. Gol penyeimbang Chelsea oleh Fernando Torres memantapkan Chelsea untuk melaju ke Final dengan skor agregat 3-2 untuk kemenangan Chelsea.

Semifinal Liga Champion Tahun 2021 ini, Chelsea berhadapan dengan raksaksa Spanyol lainnya. Yaitu Real Madrid. Perjalanan Chelsea menuju final terbuka lebar setelah Chelsea membungkan Real Madrid di Stamford Bridge di leg ke 2 dengan skor 2-0. Dengan kemenangan ini, Chelsea melaju ke Final setelah menang dengan skor agregat 3-1.

Kemenagan Chelsea di partai final tidak lepas dari taktik sang pelatih yaitu Thomas Tuchel. Kedatangan pelatih asal Jerman itu membawa perubahan yang cukup signifikan bagi tim Chelsea. Mulai dari menjadi finalis di FA Cup, Finish di empat besar liga Inggris, dan menjadi juara di ajang terbesar club di Eropa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image