Mengawali KBM Pascaliburan, STP Khoiru Ummah Jember Gelar Halalbihalal

Image
Santuso
Agama | Saturday, 29 May 2021, 18:44 WIB
Ustadzah Dyah memberikan tausyiah kepada para siswa secara daring pada halalbihalal Senin (24/5/2021)

Mengawali kegiatan belajar mengajar pascaliburan Idul Fitri 1442 H, STP Khoiru Ummah Jember menggelar Halalbihalal pada Ahad-Senin (23-24/5/2021). Agenda saling bermaafan antara guru, orang tua murid, dan murid itu diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Halalbihalal tersebut diselenggarakan dua hari. Untuk hari pertama, Halalbihalal diikuti oleh orang tua murid sedangkan hari kedua diikuti oleh murid.

Penanggung jawab acara, Tri Wahyuni mengatakan, ada dua tujuan dilaksanakannya Halalbihalal ini. “Pertama, ini bertujuan supaya semangat Ramadhan tetap terjaga meski telah dilewati,” tuturnya. Tujuan kedua, supaya para siswa bersemangat menyambut masuk sekolah setelah libur panjang. Wahyuni berharap, para siswa bisa menjaga semangat beramal sholeh di hari-hari berikutnya seperti semangatnya saat di bulan Ramadhan.

Agenda Halalbihalal itu diawali dengan pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh dua siswa. Di hari pertama, acara dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah oleh kepala PKBM STP Khoiru Ummah Jember, Yuniar Firdaus. Dalam tausyiahnya, Yuniar mengatakan, setelah Ramadhan, ketakwaan seorang muslim harus meningkat.

Syawal dalam bahasa Arab bermakna naik atau meninggi. Pada bulan ini, kata Yuniar, kedudukan kaum muslimin meninggi di hadapan Allah karena telah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. “Maka, kita harus berusaha lebih baik lagi ke depannya, termasuk dalam mencetak siswa-siswa menjadi generasi penghafal Alquran dan pemimpin peradaban,” tegasnya.

Dalam forum virtual itu, Yuniar lalu menjelaskan tips-tips merawat ketakwaan keluarga pasca-Ramadhan. Setelah itu, acara selanjutnya ialah penyampaian beberapa informasi oleh Waka kurikulum, Rusmiati. Dia menjelaskan serangkaian agenda class meeting yang akan dilaksanakan pascaujian semester genap (UAS).

Pada hari kedua, setelah prosesi bermaafan dari para siswa, acara dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh Nurul Mauludyah. Guru Pendidikan Agama Islam itu memberikan motivasi kepada para siswa agar tetap bertakwa setelah Ramadhan. “Kita semua adalah pemenang karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Maka, keimanan kita harus kita tingkatkan setelah Ramadhan,” kata Dyah.

Di samping itu, kelanjutan agenda halalbihalal ini juga digelar secara nasional untuk semua warga Khoiru Ummah pada beberapa hari setelahnya. Halalbihalal khusus murid TK diselenggarakan pada Kamis (27/5), murid SD pada Jumat (28/5). Adapun forum untuk murid SMP-SMA digelar pada Sabtu (29/5) pagi sedangkan forum guru dan orangtua digelar pada siang harinya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher | reporter | blogger (mistertuso.blogspot.com)

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Download Video dari Twitter Kualitas HD

Image

Fitur Unggulan & Download GB WhatsApp Pro Apk Desember 2021

Image

Doktrinisasi Hak Masyarakat Hukum Adat Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Image

MENJADIKAN PUISI SEBAGAI SARANA EKSPRESI DAN OLAH TATA BAHASA BAGI ANAK

Image

Fitur Unggulan GB WA Mod Terbaru Dan Paling Keren

Image

Alight Motion Pro Apk tanpa Watermark dan Preset

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image