Hal yang Harus Dilakukan saat Perkuliahan Tatap Muka Juli 2021

Image
Indri Haryanti
Info Terkini | Saturday, 29 May 2021, 11:50 WIB
https://www.shutterstock.com/image-vector/crowd-people-performing-summer-outdoor-activities-1035999331

Pendidikan di Indonesia mengalami berbagai permasalahan saat masa pandemi Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan agar pendidikan di Indonesia tetap berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan pendidikan pada masa pandemi. Selain itu, sistem pembelajaran daring lebih efisien dalam menghemat ongkos, transportasi, waktu dan tenaga. Namun ternyata sistem ini juga memiliki kekurangan seperti sulitnya akses internet di beberapa daerah, materi yang ditangkap kurang maksimal, dan kurang fokusnya mahasiswa pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, KEMENDIKBUD berencana membuka perkuliahan tatap muka pada Juli 2021 dengan kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, hal yang harus diperhatikan perguruan tinggi, antara lain :

1. Wajib melapor kepada satgas (satuan tugas) Covid-19 secara berkala.

Hal ini dilakukan agar lebih terpantau bagaimana perkembangan pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Jika ada mahasiswa yang terkena virus Covid-19, maka harus segera melapor agar dapat ditangani dengan secepatnya.

2. Tenaga pendidik dan mahasiswa harus dalam keadaan sehat.

Selain sehat, mahasiswa juga harus mendapat persetujuan dari orang tua atau wali dan melakukan tes SWAB bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah perguruan tinggi tersebut.

3. Mengikuti protokol kesehatan

Untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dengan pengecekan suhu tubuh setiap memasuki area kampus, menghindari membuat sebuah kerumunan, memfasilitasi tempat untuk mencuci tangan beserta sabun sesuai ketentuan, menjaga jarak dan memakai masker seperti yang dianjurkan yaitu memiliki 3 lapis.

4. Menyadari pentingnya menaati protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19

Seluruh warga kampus harus ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan.

Setelah adanya kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran perkuliahan tatap muka, kebersihan juga menjadi kunci penting dalam mencegah penyebaran virus ini. Masker dan handsanitizer pun menjadi peralatan yang wajib untuk selalu ada dalam tas. Vaksin juga menjadi hal yang harus dilaksanakan oleh semua orang tanpa terkecuali. Semoga kasus pandemi Covid-19 dapat selesai dan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan dengan nyaman tanpa khawatir terjadinya penyebaran virus.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

RIMBA BERTUAN

Image

3 Tanda Kamu Belum Siap dengan Investasi

Image

Tanaman Adiksi Ganja, Apakah Dampak Buruknya ?

Image

Bolehnya Mubahalah dalam Mengungkap Fitnah

Image

Cara Membuka Situs yang Diblokir di HP Android

Image

Siapa Suruh Bercita-cita?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image