Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indri Haryanti

Hal yang Harus Dilakukan saat Perkuliahan Tatap Muka Juli 2021

Info Terkini | Saturday, 29 May 2021, 11:50 WIB
https://www.shutterstock.com/image-vector/crowd-people-performing-summer-outdoor-activities-1035999331

Pendidikan di Indonesia mengalami berbagai permasalahan saat masa pandemi Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan agar pendidikan di Indonesia tetap berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan pendidikan pada masa pandemi. Selain itu, sistem pembelajaran daring lebih efisien dalam menghemat ongkos, transportasi, waktu dan tenaga. Namun ternyata sistem ini juga memiliki kekurangan seperti sulitnya akses internet di beberapa daerah, materi yang ditangkap kurang maksimal, dan kurang fokusnya mahasiswa pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, KEMENDIKBUD berencana membuka perkuliahan tatap muka pada Juli 2021 dengan kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi.

Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, hal yang harus diperhatikan perguruan tinggi, antara lain :

1. Wajib melapor kepada satgas (satuan tugas) Covid-19 secara berkala.

Hal ini dilakukan agar lebih terpantau bagaimana perkembangan pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Jika ada mahasiswa yang terkena virus Covid-19, maka harus segera melapor agar dapat ditangani dengan secepatnya.

2. Tenaga pendidik dan mahasiswa harus dalam keadaan sehat.

Selain sehat, mahasiswa juga harus mendapat persetujuan dari orang tua atau wali dan melakukan tes SWAB bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah perguruan tinggi tersebut.

3. Mengikuti protokol kesehatan

Untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dengan pengecekan suhu tubuh setiap memasuki area kampus, menghindari membuat sebuah kerumunan, memfasilitasi tempat untuk mencuci tangan beserta sabun sesuai ketentuan, menjaga jarak dan memakai masker seperti yang dianjurkan yaitu memiliki 3 lapis.

4. Menyadari pentingnya menaati protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19

Seluruh warga kampus harus ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan.

Setelah adanya kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran perkuliahan tatap muka, kebersihan juga menjadi kunci penting dalam mencegah penyebaran virus ini. Masker dan handsanitizer pun menjadi peralatan yang wajib untuk selalu ada dalam tas. Vaksin juga menjadi hal yang harus dilaksanakan oleh semua orang tanpa terkecuali. Semoga kasus pandemi Covid-19 dapat selesai dan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan dengan nyaman tanpa khawatir terjadinya penyebaran virus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image