Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ai novianti

Menyambut Malam 23 di Bulan Ramadhan

Agama | Saturday, 23 Apr 2022, 11:28 WIB

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dinanti seluruh umat muslim dikala bulan Ramadan. Tetapi tidak terdapat yang mengenali tentu kapan turunnya malam Lailatul Qadar.. Ada yang menyebut, malam Lailatul Qadar tiba di malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan, ialah malam 21, 23, 25, 27 serta 29.

Bila demikian, terdapat baiknya kita bersiap mulai saat ini, sebab malam ini, Jumat( 15/ 5/ 2020) hendak merambah malam ke 23. Tidak hanya itu terdapat pula isyarat datangnya malam Lailatul Qadar.

Ialah, matahari tidak bersinar terik pada siang harinya, hawa tidak sangat panas maupun dingin, atmosfer malam sangat sepi serta tenang, serta apalagi tidak terdapat anjing yang menggonggong maupun fauna yang bersuara. Apabila timbul isyarat tersebut serta percaya kalau itu merupakan malam Lailatul Qadar, hingga segeralah membaca doa berikut.

" Allahumma innaka‘ afuwwun tuhibbul‘ afwa fa’ fu‘ anni."

Maksudnya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menggemari orang yang memohon ampunan. Karenanya ampunilah saya. Postingan ini sudah tayang di TribunJateng. com dengan judul Malam 23 Ramadhan, Ini Amalan yang Disarankan buat Menyongsong Malam Lailatul Qadar,

Doa tersebut bersumber pada riwayat hadits Ibnu Majah.

Dalam riwayat Imam Syafii, doa yang pula kerap dipanjatkan Nabi Muhammad di malam 10 hari terakhir bulan Ramadan merupakan. " Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina‘ adzabannar.Maksudnya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia serta kebajikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bersumber pada uraian Imam An- Nawawi, terdapat sebagian amalan yang biasa dicoba pada Lailatul Qadar. Walaupun kita tidak ketahui secara tentu kapan datangnya Lailatul Qadar, yang berarti amalan ini dicoba sepanjang bulan Ramadan, spesialnya 10 terakhir Ramadhan.

Di antara amalan yang dapat dicoba merupakan perbanyak baca doa:

Allahumma innaka‘ afuwwun tuhibbul‘ afwa fa’ fu‘ anni’

Maksudnya,“ Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menggemari orang yang memohon ampunan, ampunilah saya.” Disarankan pula perbanyak baca Al- Qur’ an, zikir, serta doa- doa yang berguna buat umat Islam. Dalam pemikiran Imam As- Syafi’ i, amalan ini hendaknya tidak cuma dicoba di malam hari saja, tetapi pula diperbanyak siang hari. di lansir juga di indek-new.com.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image