Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Achmad Mulyana

7 Mobil Keluarga Paling Nyaman untuk Perjalanan Mudik Lebaran

Info Terkini | Saturday, 23 Apr 2022, 03:01 WIB

Libur panjang Ramadhan yang lazim digunakan untuk silaturahim dengan sanak keluarga di kampung halaman seringkali dimanfaatkan masyarakat perkotaan. Beragam moda transportasi mulai angkutan darat, laut dan udara pasti ramai membawa penumpang.

Mobil keluarga untuk Mudik Lebaran Toyota Innova

Terlebih, sudah dua kali lebaran kegiatan mudik dilarang oleh pemerintah lantaran virus pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia. Spesial tahun ini Presiden Jokowi memberikan kelonggaran kepada masyarakat Indonesia untuk pulang kampung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

Mudik pulang tanah kelahiran dengan membawa serta seluruh anggota keluarga tentu akan semakin menyenangkan bila dilakukan secara bersama dalam satu kendaraan.

Meski dibutuhkan persiapan matang baik fisik maupun kondisi kendaraan, banyak orang lebih memilih mobil pribadi yang mereka miliki ataupun dari jasa rental mobil dibanding naik angkutan umum seperti bus, kereta ataupun jasa travel.

Bila melihat kalender tahun ini, tak pelak momentum mudik lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi. Bagi anda yang berencana melakukan perjalanan mudik tahun ini dengan mobil pribadi artikel memberikan gambaran umum tentang jenis mobil keluarga yang bisa anda gunakan untuk aktifitas tersebut.

Patut dicermati, tidak semua mobil pribadi mampu mengakomodir kebutuhan perjalanan jarak jauh. pemilihan jenis kendaraan yang digunakan adalah hal krusial.

Perjalanan panjang dengan durasi lama disertai kondisi ruas jalan yang asing membuat calon pemudik harus cermat dalam memilih mobil untuk mudik.

Mobil keluarga untuk mudik sepatutnya mampu mengangkut semua anggota keluarga berikut barang bawaanya, selain itu fasilitas penunjang kenyamanan dan keamanan dalam sebuah mobil keluarga untuk mudik haruslah memadai.

Berikut ini adalah pilihan mobil keluarga untuk mudik yang bisa anda gunakan baik mobil milik sendiri ataupun mobil dari perusahaan jasa rental mobil Jakarta.

Daftar Mobil Keluarga Untuk Mudik Lebaran

Disclaimer dari kami, mungkin saja penilaian kami berbeda dengan pandangan anda, setidaknya apa yang kami tuliskan mengacu pada pengalaman dan data yang berhasil kami himpun

1. Toyota Innova Reborn

Siapa yang tak kenal dengan mobil keluarga premium dari Toyota yang satu ini. Sejarah panjangnya sebagai kendaraan angkut penumpang yang handal dan mewah menjadi pilihan utama saat anda melakukan perjalanan jarak jauh ke kampung halaman.

Apapun tipe dan dan model dari mobil Innova semuanya telah dibekali dengan fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang perjalanan mudik pulang kampung.

Toyota Innova reborn adalah mobil keluarga paling akomodatif yang bisa anda jadikan sebagai pilihan utama.

2. Mitsubishi Xpander

Dari pabrikan Mitsubishi kami memilih Mitsubishi Xpander, Termasuk dalam kategori mobil keluarga kelas menengah mobil ini memiliki banyak fitur kenyamanan mumpuni.

Mitsubishi Xpander memiliki ruang kabin cukup luas yang ditunjang oleh tersedianya 7 kursi penumpang dengan legroom dan headroom sangat mumpuni.

Kenyamanan mobil ini bisa dirasakan lewat setup suspensi yang sangat memanjakan penumpangnya. Tersedia pula fasilitas multimedia hingga port charging disemua row.

Sekalipun anda harus berhadapan dengan kondisi jalan padat merayap, gadget anda bisa terus menjadi media hiburan tanpa takut kehabisan daya.

3. Toyota Veloz

Toyota Veloz boleh dibilang serupa dengan Avanza, namun pada generasi terbaru yang mulai dipasarkan tahun kemarin, Veloz memiliki banyak perbedaan dibanding Avanza.

Harganya yang hampir menyentuh angka 300 jutaan sepadan dengan inovasi yang diberikan dibanding generasi pendahulunya. Pengamat otomotif nasional seringkali menyebut mobil ini sebagai penantang utama Mitsubishi Xpander.

Sistem transmisi CVT dan kemewahan interior yang dimiliki veloz membuat anda nyaman Ketika mudik bersama keluarga ke kampung halaman.

Sama seperti mobil MPV dikelasnya, ruang kabin yang tersedia mampu membawa penumpang hingga 7 orang dewasa.

Perihal performa mesin Toyota veloz terbaru tak perlu dipertanyakan, meski tak ada perubahan signifikan konsumsi bahan bakar mobil ini layak mendapat acungan jempol.

4. Honda Mobilio

LMPV asal pabrikan honda ini layak menjadi pertimbangan mobil keluarga untuk mudik lebaran. Selain memiliki kabin luas, konsumsi bahan bakarnya sangat hemta.

Honda mobilio adalah mobil keluarga dengan sistem penggerang roda depan yang nyaman untuk mengarungi perjalanan jarak jauh. Dirancang sebagai kendaraan pengangkut penumpang yang handal membuat banyak perusahaan taksi menjadikan mobil ini sebagai armada komersial.

Memiliki keunggulan dalam kapasitas bagasi dan performa mesih, membuat mobil ini menjadi salah satu armada mobil keluarga yang banyak dipergunakan oleh pemudik.

5. Suzuki Ertiga

Dibanding mobil sebelumnya mungkin ertiga termasuk dalam kategori mobil keluarga dengan harga paling terjangkau, meski demikian kenyamanan kabin beserta fasilitasnya tak kalah dengan mobil lain dikelasnya.

Suzuki ertiga adalah line up Suzuki untuk kelas Low MPV yang memiliki jumlah kursih 7 penumpang. Disamping kabin nya yang lapang, Suzuki Ertiga menggendong mesin 1.500 cc yang siap melibah berbagai medan jalan.

Sejatinya mobil keluarga untuk mudik lebaran harus akomodatif baik dalam membawa penumpang ataupun barang bawaan. Kebutuhan tersebut

6. Toyota Avanza

Mobil sejuta umat yang menjadi market leader pasar mobil keluarga ini tak lagi diragukan dalam berbagai hal, durabilitasnya dan performa mesin dari Avanza layak direkomendasikan sebagai Mobil keluarga untuk perjalanan mudik lebaran.

Kembaran Daihatsu Xenia ini memiliki banyak keunggulan dibanding rival sekelanya, Nama besar Toyota yang memiliki jaringan service dan dealer disemua kota memudahkan pemudik yang menggunakan mobil Avanza saat mengalami masalah teknis diperjalanan.

Di generasi terbaru, Toyota Avanza sudah mengganti sistem penggerak kendaraan, dari yang semula berpenggerak roda belakang menjadi roda depan yang berdampak pada peningkatan rasa nyaman penumpang didalamnya.

Kalaupun anda harus menyewa mobil ini, banyak perusahaan rental yang menyediakan paket sewa mobil lebaran dengan harga kompetitif.

6. Suzuki XL-7

Sekalipun tidak termasuk dalam kelas mobil LMPV, mobil Low SUV dari Suzuki ini sungguh memiliki hal menarik yang bisa anda pertimbangkan kala memilih jenis mobil keluarga untuk perjalanan mudik lebaran.

Kenyamanan nya setara dengan ertiga, namun banyak fitur yang disematkan guna menunjang kenyamanan semua penumpang didalamnya,

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil ini adalah ground clearence yang cukup tinggi hingga siap mengarungi berbagai medan jalan di kampung halaman.

7. Honda BR-V

Inilah mobil LSUV yang menjadi lawan sepadan dari Suzuki XL-7, SUV perkotaan dari pabrikan honda ini dirancang sebagai kendaraan tangguh untuk melintasi berbagai medan jalan.

Generasi terbarunya sudah mengadopsi teknologi honda sensing yang hanya bisa ditemui pada mobil honda dengan harga mahal. Karenanya, terasa kurang lengkap bila tidak merekomendasikan mobil ini sebagai pilihan mobil keluarga paling nyaman untuk perjalanan mudik lebaran.

Baca Juga : Rekomendasi layanan sewa Hiace Jakarta untuk beragam perjalanan

Syarat Mudik dengan Mobil keluarga milik pribadi

Pemerintah melalui satgas penanggulangan virus covid-19 memberikan informasi hal yang harus dipenuhi untuk calon pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk tahun 2022. Berikut ini adalah beberapa point penting yang harus dipatuhi.

Wajib telah melakukan vaksinasi booster.Bagi yang tidak vaksin booster wajib melakukan tes PCR Menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.Wajib untuk memakai aplikasi PeduliLindungi untuk syarat melakukan perjalanan.

Demikianlah informasi pilihan mobil keluarga paling nyaman untuk perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman tahun ini. Bila anda memiliki rekomendasi lain tentunya kami sangat mengapresiasi pendapat pribadi semua netizen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image