Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image R Sianturi

Bank MEGA Ambil Alih Aset Allo Bank Rp 900 Miliar Lebih

Info Terkini | Saturday, 23 Apr 2022, 01:13 WIB

Pengalihan aset dan liabilitas PT Allo Bank Indonesia kepada PT Bank Mega Tbk menemui titik terang. Aksi korporasi itu merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis. Khususnya layanan bank digital.

Dalam pengumuman di Bursa Efek Indonesia, tercatat emiten berkode MEGA mengambil alih aset senilai Rp 958,62 miliar dan liabilitas Rp 921,38 miliar milik Allo Bank. Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengakui, langkah tersebut bertujuan meningkatkan aktivitas produktif, jumlah nasabah, dan jaringan kantor cabang.

Di sisi lain, MEGA juga butuh pengembangan usaha. Yakni, jaringan kantor yang luas, lokasi yang strategis, peningkatan pertumbuhan kredit, dan dana pihak ketiga (DPK). Pada saat yang sama, Allo Bank mengalihkan aset dan liabilitas tertentunya sejalan dengan model bisnis yang akan fokus pada perbankan digital.

Menurut Kostaman, Bank Mega memiliki kemampuan finansial yang mumpuni. Selain itu, Bank Mega dan Allo Bank merupakan satu kelompok usaha bank (KUB).

“Sehingga risikonya sudah terukur,” katanya Rabu (20/4).

Meskipun, transaksi pengambilalihan aset dan liabilitas tersebut tak berdampak signifikan bagi Bank Mega. Sebab, jumlah asetnya hanya akan bertambah Rp 921,38 miliar. Dengan perincian, penambahan kredit Rp 720,41 miliar dan AYDA (agunan yang diambil alih) sebesar Rp 199,77 miliar.

Kemudian, aset tetap dan inventaris sebesar Rp 33,14 miliar, aset lainnya senilai Rp 5,30 miliar, serta pengurangan penempatan pada Bank Indonesia (BI) Rp 37,24 miliar. Sementara itu, simpanan nasabah akan bertambah sebesar Rp 921,38 miliar.

Kostaman memastikan, transaksi pengalihan aset dan liabilitas Allo Bank tidak berdampak signifikan terhadap kegiatan operasional maupun kinerja keuangan perseroan. Sebab, MEGA telah melakukan proyeksi kinerja keuangan 2022 sebelum dan sesudah adanya transaksi itu.

Yakni, total aset naik dari Rp 139,60 triliun menjadi Rp 140,53 triliun. Lalu, simpanan nasabah dari Rp 105,17 triliun menjadi Rp 106,09 triliun.

“Laba bersih juga naik dari perkiraan semula Rp 4,29 triliun menjadi Rp 4,30 triliun,” ucapnya.

Dia menyebutkan, Bank Mega akan menggunakan dana yang bersumber dari penempatan pada BI sebesar Rp 37,24 miliar untuk transaksi pengalihan. Yang akan dilakukan paling lambat pada 30 Juni, setelah mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 19 Mei.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image