Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jefris Santama

Cerita Emilia Nova, Optimis Pertahankan Emas SEA Games Walaupun Dibayangi Cedera

Olahraga | 2022-04-22 11:32:49

Jakarta: Atlet lari gawang putri Indonesia Emilia Nova tengah bersiap diri menatap SEA Games 2021 Vietnam. Dia optimis bisa mempertahankan emas yang didapatkan saat perhelatan SEA Games edisi sebelumnya di Flipina.

Ditemui di lintasan atletik Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/4), Emilia tampak serius mendapatkan program latihan dari pelatihnya Fitri Haryadi. Kecepatan menjadi salah satu fokus yang harus ditingkatkan Emilia.

“Berusaha yang terbaik, optimis nanti dapat emas. Sekarang ini lagi mengejar untuk meningkatkan speed,” kata Emilia.

Emilia bilang, persiapan menuju ajang olahraga Asia Tenggara itu sejatinya belum maksimal. Dia masih mengoptimalkan kondisi fisiknya. Cedera tumit masih membayangi.

“Persiapan sebenarnya belum maksimal. Sempat ada masalah di tumit, tapi sekarang sudah mendingan dan ditangani oleh tim dengan baik. Kemudian habis operasi (tulang belakang) tahun lalu,” ujarnya.

Terlepas hal tersebut, Emilia merasa baik-baik saja. Dia siap memberikan segalanya. Ini dibuktikan dengan catatan prestasi terbaik.

Terbaru, Emilia berhasil meraih medali emas Singapore Open 2022. Dia turun pada nomor 100 meter lari gawang putri.

Capaian ini jelas menjadi modal bagus bagi Emilia menjelang SEA Games Vietnam yang akan berlangsung pada Mei 2022 mendatang. Dia bertekad untuk bisa mengulang pencapaiannya itu.

“Momen Singapore Open ini bagi saya sebagai ajang pemanasan sebelum SEA Games Vietnam, karena sudah lama tidak tanding di kelas internasional,” terangnya.

Menurut Emilia, pertandingan di Singapura tersebut sangat penting untuk menjaga mental bertanding. Disamping itu, bagi dia juga sekaligus menghilangkan trauma cedera.

“Nah, setelah dari Singapore Open itu ternyata kondisi tumit dan pinggang aman-aman saja. Sekarang ini, yang terpenting bagi saya percaya diri lagi dan semoga nanti dapat emas di Vietnam,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih lari gawang Indonesia, Fitri Haryadi mengungkapkan ada progres dalam latihan yang dijalani Emilia Nova. Namun, dia tidak menyebutnya secara gamblang.

“Emilia Nova turun untuk SEA Games Vietnam. Ada progres dari dia walaupun sempat mengalami kendala cedera. Tapi terakhir saat di Singapore Open aman-aman saja,” katanya.

Pria yang akrab disapa Ongki itu optimis Emilia mampu mempertahankan medali emas. Dia lalu bicara mengenai peta kekuatan lawan.

“Semua lawan harus kita waspadai. Tapi memang yang terberat ya tuan rumah Vietnam, pasti mereka tidak tinggal diam. Kemudian juga ada Filipina dan Singapura,” pungkasnya.
.

.

Instagram: @jefristama

Twitter: @jefristama

Website: bolatoday.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya