Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Kurnia Shandy

Pengalaman Sebagai Nasabah Bank Syariah

Olahraga | Tuesday, 25 May 2021, 00:54 WIB
Sub Tema : Pengalaman Kamu dengan Bank Syariah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, pertama sebelum masuk ke pengalaman pribadi dengan bank syariah terlebih dahulu saya akan menjelaskan secara ringkas apa itu perbankan syariah . Perbankan Syariah merupakan perbankan yang menerapkan prinsip syariah dan sesuai dengan syariat Islam. Perbankan Syariah juga mengamanahkan bank syariah untuk menjalankan fungsi sosial dengan menjalankan fungsi seperti lembaga baitul mal, yaitu menerima dana yang berasal dari zakat, infak, sedekah, hibah, atau dana sosial lainnya dan menyalurkannya kepada pengelola wakaf (nazhir) sesuai kehendak pemberi wakaf (wakif).

Saya Muhammad Kurnia Shandy, Mahasiswa Universitas Negeri Padang asal Jambi telah menjadi nasabah Bank Syariah sejak tahun 2017, saat itu saya membuka rekening tabungan di BRI Syariah sebelum merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Alasan saya membuka rekening di Bank Syariah karena saya sebagai seorang muslim dianjurkan untuk menggunakan produk produk syariah. BRI Syariah menjadi pilihan dikarenakan dekat dengan rumah saya dan yang saya ketahui pembukaan rekening di BRI Syariah persyaratan nya sangat mudah cukup membawa KTP saja dan jumlah minimal uang yang kecil untuk pembukaan rekenung. Pelayanan yang saya dapatkan ketika membuka rekening di BRI Syariah sangat memuaskan semua pertanyaan saya dijawab dengan ramah dan senyum manis kakak costumer service yang membuat saya terpana hehe, pembukaan rekening yang cepat hanya 15 menit sudah mendapatkan kartu ATM dan sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di keesokan harinya.

Saya menggunakan BRIS hanya 1 tahun saja dikarenakan saya masih SMA dan tidak banyak bertransaksi menggunakan kartu ATM, Saya banyak merasakan manfaat dari Bank Syariah ketika masuk ke dunia Perkuliahan. Saya melakukan pergantian bank ke Bank Mandiri Syariah (BSM) dikarenakan saya kesulitan mencari ATM BRIS di sekitar kampus. Alasan memilih BSM karena ATM BSM dekat dengan fakultas dan kelebihan dari BSM yaitu transaksi di ATM Mandiri Konvensional gratis sehingga tidak perlu lagi untuk ber transaksi khusus di ATM Syariah untuk menghindari biaya dalam bertransaksi yang pada saat itu masih sedikit ATM khusus Bank Syariah.

Fasilitas ATM Bank Syariah di tahun 2018 sebagai nasabah saya masih merasakan kesulitan dalam menemukan ATM Bank Syariah, hal ini dikarenakan masih sedikit nya tersedia fasilitas ATM Bank Syariah. Disinilah keuntungan yang saya dapatkan ketika menjadi nasabah BSM dalam bertransaksi di ATM yaitu dapat bertransaksi di ATM Mandiri Konvensional nya yang mana lebih mudah ditemukan. Sebagai nasabah BSM saya merasakan banyak perkembangan yang terjadi salah satunya semakin bertambahnya ATM BSM di berbagai tempat . Terlebih lagi setelah tiga bank syariah yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah resmi merger menjadi satu yakni menjadi Bank Syariah Indonesia. menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) ATM Syariah semakin banyak dan semakin mudah untuk ditemukan dengan adanya ATM BSI di berbagai tempat hal ini ikut menambah masyarakat dalam mengenal BSI dan mempermudah nasabah seperti saya dalam menemukan ATM BSI.

Di Era Digital sekarang banyak sekali transaksi online yang terjadi dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi, Selama menjadi nasabah BSI saya juga memanfaatkan fasilitas Mobile Banking yang mana memudahkan saya dalam mengecek saldo, bertransaksi untuk pembayaran dan pembelian online. Fasilitas yang saya dapatkan ketika pertama kali menggunakan Mobile Banking BSM masih terbatas untuk Top Up hanya tersedia beberapa pilihan saja dan pembayaran yang terbatas seiring berjalan waktu aplikasi Mobile Banking BSM semakin berkembang dengan bertambahnya fitur fitur secara bertahap sehingga transaksi di Mobile Banking semakin lengkap dan memudahkan dalam transaksi terlebih fitur tarik tunai tanpa kartu yang bisa dilakukan menggunakan Mobile Banking tersebut. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan Mobil Banking BSM atau sekarang menjadi Mobile Banking BSI seperti pembayaran listrik , pembelian pulsa , Top Up E-wallet ,pembayaran E-commerce yang mana memudahkan untuk transaksi tersebut tanpa perlu mencari ATM dan dengan proses yang mudah kelebihan tersebut sangat saya manfaatkan untuk keperluan sehari hari. Mobile Banking maupun ATM BSI memberikan kemudahan bagi saya untuk melakukan sedekah hal ini dikarenakan terdapat pilihan untuk menyedahkan uang dengan nominal yang dapat dipilih untuk setiap kali selesai bertransaksi.

Pelayanan yang saya dapatkan selama menjadi nasabah Bank Syariah terutama BSM sangat memuaskan sekali jika dalam rating untuk pelayanan BSM saya memberikan Rating 9/10 dikarenakan antri yang tidak panjang dan dari mulai satpam yang sangat ramah hingga ke pelayanan dari Costumer Service yang sangat membantu dalam proses pembukaan rekening. Ketika saya mengalami kehilangan kartu ATM syarat nya sangat mudah dan proses cepat cukup membawa KTP dan Buku Tabungan untuk melakukan pemblokiran kartu lama dan pembuatan kartu baru hal ini sangat membantu saya sebagai seorang perantau yang membutuhkan ATM untuk pengiriman uang dan bertransaksi sehari hari dengan proses yang cepat dan syarat yang mudah hal tersebut sangat memudahkan saya mengatasi masalah kehilangan kartu ATM.

Untuk pembukaan rekening sendiri sekarang cukup melalui online nasabah dapat membuka rekening di BSI dengan sangat mudah dan praktis ini sangat membantu untuk nasabah yang ingin membuka rekening di BSI tetapi tidak sempat untuk datang ke kantor BSI dikarenakan kesibukan pribadi dan jam operasional kerja bank yang terbatas. Perkembangan ini tentunya sangat bermanfaat untuk banyak orang termasuk untuk BSI sendiri sehingga semakin banyak nasabah yang mendaftar ke BSI.

Itulah pengalaman saya selama 4 tahun hingga sekarang menjadi nasabah BSI , banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dan saya sangat terbantu dengan perkembangan yang terus dilakukan oleh BSI yang mana dapat memudahkan saya dalam transaksi sehari hari. Harapan saya kedepannya semoga BSI terus melakukan pengembangan dan perubahan yang memajukan perbankan syariah di Indonesia terus memberikan pelayanan yang baik dan fasilitas yang memadai serta menambah unit ATM di berbagai daerah agar masyarakat semakin mengenal apa itu BSI. Terima Kasih.

#retizencompetition

#retizencompetition

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image