Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhamad ahwas

CROWDE Review dari Para Petani Daerah, Kami Jadi Terbantu

Bisnis | Thursday, 21 Apr 2022, 13:26 WIB

Katanya di masa pandemi ini sektor pertanian naik daun dan bisa menyumbang pendapatan nasional. Ya, memang benar. Tapi ternyata, para petani mengaku usaha mereka makin terhimpit sejak pandemi. Kok, bisa? Pikiran sederhana penulis, sih, saat pandemi ini memang kebutuhan pangan kita meningkat. Tapi, minat untuk membeli bahan pangan di pasar menurun drastis, warung-warung makan juga banyak yang tutup, padahal para petani kecil menyalurkan hasil panennya ke sana. Alhasil, mereka kehilangan pelanggannya. Kecuali, ada yang nolong buat salurin ke supermarket, restoran ternama, sampai bantu ngehubungin ke marketplace. Karena kesempatan dan pengetahuan mereka seputar itu masih sangat terbatas. Nah, kami berusaha melakukannya untuk mendukung para petani. Supaya usaha mereka tidak kandas di tengah jalan. Berikut review dari para mitra petani kami di Jawa Barat. Simak, yuk!

Review: Pak Kabul, “Saya tinggal fokus kerja di lapangan”

Pak Kabul memang masih baru bergabung dengan kami, namun beliau merasa semakin mudah untuk berbudidaya karena kami sudah menyediakan segala kebutuhan saprotan. Sehingga beliau hanya tinggal fokus bertani dan menghasilkan panen berkualitas yang melimpah. Hasil yang melimpah itu pun akan selalu laku di pasaran. Karena kami memberi akses pasar kepada mitra petani, bekerja sama dengan off-taker institusional.

Pak Dayat, “Terima kasih telah membantu usaha saya yang sedang terhimpit”

Pak Dayat terang-terang mengaku bahwa di masa pandemi ini usaha pertaniannya terhimpit. Modal untuk memulai usaha kurang, bahkan tidak ada. Padahal kalau tidak bertani, anak-istri nggak bisa makan. Karena itu, kami bisa menyelesaikan problem tersebut. Pak Dayat pun tetap bisa melanjutkan usaha budidayanya.

Pak Hasim, “Tahun 2020 lalu, saya untung besar berkat"

Pak Hasim yang sudah bergabung dengan kami sejak tahun lalu, benar-benar merasakan manfaatnya. “Awal saya bergabung karena ingin mendapatkan tambahan modal”, ungkapnya. Usaha pertanian memang sangat membutuhkan modal awal.

Sumber Artikel Telah Tayang : https://blog.crowde.co/crowde-review-para-petani/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image