4+ Wisata Religi di Madura Yang Cocok Untuk Kalian Kunjungi

Image
Ibnu Jacky
Wisata | Thursday, 21 Apr 2022, 10:27 WIB

Wisata Religi di Madura salah satu pilihan banyak orang ketika sedang liburan di pulau garam karena di wilayah ini terdapat komplek makam wali yang bersejarah dan keramat.

Selain dikenal dengan istilah carok atau kerapan sapinya, Madura memiliki tempat wisata religi yang cocok untuk dikunjungi demi mengharap barokah sang wali.

Wisata Religi di Madura

Makam wali madura terdapat di setiap kabupaten seperti di Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Berikut dibawah ini, penulis akan memberikan beberapa tempat wisata religi yang cocok untuk kalian kunjungi. diantaranya sebagai berikut :

1. Makam Syaikhona Kholil Bangkalan

Wisata Religi Madura di bagian sisi barat yang bersejarah dan tak pernah sepi dari pengunjung yaitu Makam Syaikhona Kholil Bangkalan baik dari lokal maupun luar daerah.

Mbah Kholil merupakan guru besar para ulama Indonesia yang dikenal oleh seluruh masyarakat yang memperjuangkan atau menyebarkan agama Islam.

Perjalanan beliau tak pernah lepas dari doa sang ayahnya yang bernama KH. Abdul Latif sehingga memiliki banyak karomah.

Lokasi Makam Syaikhona Kholill Bangkalan berada kurang lebih 2KM dari pusat kota bangkalan atau jarak yang ditempuh sekitar 10 menit tepatnya di Martjazah.

Syaikhona Kholil atau yang akrab di sebut dengan Mbah Kholil ini tempat makamnya berada di pinggir masjid yang megah dengan warna kuning keemasan.

Banyak masyarakat yang datang ke sini untuk mengharap barokah kepada guru besar salah satunya di Pulau Madura.

2. Komplek Makam Ratu Ibu Sampang

Tempat bersejarah yang cocok untuk kalian kunjungi di kabupaten sampang yaitu berada di komplek makam ratu ibu yang hingga sekarang ini menjadi tempat wisata eligi di madura.

Komplek makam ratu ibu, pada zaman dahulu kala dikenal dengan istilah atau cerita mistis sumpah pocong dalam menyelesaikan masalah.

Dimana pada dahulu, ketika ada salah satu warga setempat yang sedang bertengkar atau ada masalah dan belum menemukan penyelesaian akan di selesaikan dikomplek dengan melakukan sumpah pocong.

Sehingga sampai saat ini tempat ini menjadi keramat akan kejadian yang pernah terjadi pada dahulunya.

Selain itu, diarea sekitar terdapat beberapa makam kerajaan keluarga besar madura cakraningrat yang banyak di kunjungi oleh warga.

Komplek makam ratu ibu berada di kampung madengan polagan, sampang yang tak jauh dari pusat kota sampang.

Tak hanya itu saja, Komplek makam ratu ibu merupakan tempat pengangkatan Raja Praseno yang diangkat menjadi Raja Pertama Madura yang merupakan putra dari ibu dan disini juga terdapat masjid keramat serta museum peninggalan kerajaan.

Komplek Makam Ratu Ibu Sampang dahulunya tempat pengangkatan Raja Praseno yang diangkat sebagai Raja Pertama di Pulau Madura. anak daru Ratu Ibu dengan Pangeran Tengah.

3. Batu Ampar Pamekasan

Pamekasan salah satu kabupaten yang dikenal dengan kota pendidikan dengan insfrastruktur yang maju.

Namun, diwilayah ini terdapat wisata religi yang banyak di kunjungi apalagi ketika malam jum'at sudah tiba yaitu di Batu Ampar.

Diarea pesarean batu ampar terdapat puluhan makam yang bersejarah seperti Syekh Abdul Mannan, Syekh Basyaniyah, Syekh Abu Syamsuddin, Syekh Husen, Syekh Moh Damanhuri dan Syekh Romli.

Untuk menuju ke lokasi ini, jarak yang kalian tempuh dari pusat kota pamekasan sekitar kurang lebih tepatnya di desa pangbatok, proppo pamekasan.

Tempat suci yang ada di madura ini banyak yang mengaharap barokah dengan cara berziarah.

4. Asta Tinggi Sumenep

Tempat wisata religi di madura yang terakhir yang cocok untuk kalian kunjungi yaitu berada di Asta Tinggi.

Ketika kalian berkunjung ke tempat ini jangan heran dengan bangunan arsitekturnya yang masih mengusung versi arab, china, belanda dan jawa yang disatukan.

Asta tinggi sumenep berada ketinggian perbukitan sehingga orang madura ada yang menyebutnya " astah rajeh " tepatnya di Jalan asta tinggi, temor lorong, kebunagung, sumenep yang lokasinya sekitar kurang lebih 10menit dari pusat kota.

Didaerah kompleks Asta Tinggi terdapat puluhan makam wali atau para raja yang terdapat di lahan luas sekitar kurang lebih 100 meter.

Seperti Raja Adipati, Pangeran Anggadipa, Ayu Mas Ireng dan lain sebagainya yang terdapat di kubah bagian barat.

Itulah empat wisata religi di madura yang cocok untuk kalian kunjungi, untuk tempat selengkapny silahkan kunjungi halaman berikut : 24 Obyek Wisata Religi di Makam Wali Madura

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tulisan Ditulis Kembali

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karyawan Wajib Menghindari Kesalahan Berikut ini dalam Bekerja

Image

Cara Membuat Mobil Tetap Prima Ketika Ditinggal Lama

Image

Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Image

Tips Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong

Image

Mencerahkan! UMS Lakukan Sosialisasi Penguatan Ormawa di Boyolali

Image

Bawa Misi Majukan Desa dengan Teknologi, PTI UMS Berlayar ke Ujung Indonesia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image