Bimbingan belajar melalui PowerPoint untuk meningkatkan ketertinggalan belajar siswa sekolah dasar

Image
Shafira Hidayah
Eduaksi | Thursday, 20 May 2021, 21:29 WIB

Indonesia dan negara-negara di dunia tengah dihadapkan dengan pandemi yang disebabkan oleh virus Corona. Pandemi mengakibatkan masalah-masalah terutama dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pandemi ini pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melaksankan program belajar dari rumah (BDR). Program belajar dari rumah ini telah diterapkan dari berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia atau yang biasa kita sebut Pembelajaran Jarak Jauh (Kemendikbud, 2020).

Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif pada era pandemi covid-19. Pembelajaran daring merupakan kebijakan nasional sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran dilakukan dengan sistem belajar dari rumah. Hal ini menuntut para siswa belajar secara mandiri di rumah. Guru melakukan berbagai macam cara untuk memaksimalkan pembelajaran melalui pembelajaran daring. Pembelajaran yang dilakukan secara daring harus dibuat lebih menarik agar tidak membuat siswa merasa jenuh dan bosan.

Pembelajaran daring mempunyai kelebihan seperti dapat diakses dimana saja dan kapanpun selama masih terhubung dengan jaringan internet. Sesuai taraf usianya siswa sekolah dasar membutuhkan pembelajaran dari konkret ke abstrak. Oleh sebab itu harus ada media yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran siswa. Kali ini saya membuat bimbingan belajar kecil dengan anak-anak sekitar tempat tinggal menggunakan metode pembelajaran berbasis power point untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Microsoft Power Point merupakan salah satu program berbasis multimedia. Program aplikasi power point merupakan program untuk membuat presentasi yang ada dapat dipergunakan untuk membuat program pembelajaran, sehingga program yang dihasilkan pun akan cukup menarik dengan komposisi warna dan animasi yang digunakan.

Dalam penggunaan media pembelajaran berbasis power point bisa menarik perhatian siswa untuk belajar. Melalui program aplikasi PowerPoint ini terdapat gambar, suara, dan animasi yang menarik serta interaktif untuk pembelajaran. Ini mengakibatkan tingkat pemahaman materi siswa menjadi lebih meningkat. Saya juga menyertakan evaluasi melalui kuis-kuis interaktif sehingga anak merasa tertantang dengan evaluasi yang diberikan. Diharapkan dengan adanya bimbingan belajar ini siswa dapat mengejar ketertinggalan materi pelajaran sekolah dan meningkatkan hasil belajar dari siswa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

BELAJAR MENULIS

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TP PKK Tanjung Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw

Image

5 Tips Aman dan Cara Menggunakan WhatsApp Web

Image

Bisnis Waralaba/Franchise dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah

Image

Pengawas Apresiasi PKKM Kepala MTsN 6 Bantul

Image

PP. Muhammadiyah Sampaikan Belasungkawa dan Duka Untuk Korban Letusan Gunung Semeru

Image

Evaluasi KIP tahun 2021

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image