Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik

Gaya Hidup | Tuesday, 19 Apr 2022, 16:22 WIB

Mudik tentu saja menjadi bagian yang tak terpisahkan dan selalu menyertai perayaan Lebaran. Hal itu dilakukan karena keinduan yang tak tertahankan bertemu sanak sauadara di kampung halaman. Berarapapun biayanya maka tak jadi masalah, yang terpenting mudik itu sendiri dapat dilaksanakan.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya karena ada larangan mudik karena pandemi atau wabah virus Corona masih meningkat. Tahun ini diperbolehkan tetapi harus sudah mengikuti booster. Artinya, tahun ini dapat dpastikan akan banyak orang yang melakukan kegiatan mudik itu sendiri.

Mudik rutinitas yang dilakukan setahun sekali saat lebaran tiba (FOTO :Republika.co.id/ANTARA-Asep Fathulrahman)

Oleh sebab itu maka ada hal yang harus diperhatikan sebelum kita melaksanakan mudik karena jika itu terlaksana maka kita akan merasa nyaman saat meningalkan rumah.

Pertama, pastikan kondisi rumah sudah bersih. Kompor sudah dimatikan dan memastikan kunci sudah dikunci secara baik jika memang tidak akan ada orang yang disuruh menunggu rumah. Kalaupun tidak maka ada baiknya titipkan saja ke tetangga untuk mengontrolnya dengan sedikit memberi uang sehingga dia paling tidak bisa memperhatikan rumah yang ditinggalkan oleh kita dan bisa menjaga keamanannya.

Kedua, alangkah lebih baik untuk membayar zakat fitrah terlebih dahulu sebelum mudik di mana kita tinggal dan mencari nafkah selama ini. Kalau di kampung halamankampunghalaman, sebaiknya diperbesar saja infaq dan sedekahnya. walau zakat fitrah boleh di mana saja tetapi alangkah lebih baik mengeluarkan zakat fitrah di tempat tinggal kita hidup.

Ketiga, tempelkan pemberitahuan di depan rumah kita kalau kita mudik dan akan kembali pada tanggal yang telah ditentukan sehingga orang perlu dengan kita bisa kembali pada tanggal yang dimaksud. Tetapi alangkah lebih baik juga menitipkan kepada orang tadi agar jika ada keperluan ini maka bisa dibantu oleh orang yang bersangkutan sehingga kita akan merasa nyaman saat melaksanakan mudik. Mungkin petugas pencatat listrik atau air ledeng perlu untuk memeriksa di kala kita sedang mudik.

Keempat, tidak ada salahnya kepada tetangga dekat sebelum mudik meminta maaf kalau mungkin ada salah yang dilakukan serta mohon pamit untuk mudik dan menitipkan rumah agar bisa diperhatikan oleh tetangga terdekat walaupun sudah ada orang yang dipercaya untuk menjaga rumah atau mungkin memberikan makan binatang peliharaan yang ada.

Kelima, bawalah barang-barang berharga yang dirasa penting kalau memang perlu dibawa. Namun bila ingin aman maka barang-barang atau surat berharga tersebut disimpan di tempat yang aman di dalam kamar yang pintunya sudah dikunci rapat dan menyimpan kuncinya tak ada orang yang tahu. Inis ebagai jaga-jaga bila sesuatu yang di laur dugaan kita terjadi tetapi semoga saja tidak terjadi.

Dengan bisa melaksanakan kelima hal itu tadi maka mudah-mudahan mudik yang dilakukan dapat memberikan kenyamanan dan di kampung halaman kita bisa asyik bertemu sanak saudara tanpa risau dengan rumah yang ditinggalkan.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image