Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Iva Kurniasari

Peran Sosial Media di Masa Pandemi Covid-19

Info Terkini | Tuesday, 18 May 2021, 11:23 WIB

Oleh Iva Kurniasari (Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Media sosial digital saat ini memegang peranan penting dalam sistem sosial di masyarakat. Sosial media sangat penting untuk di manfaatkan untuk membangun opini masyarakat agar dapat lebih paham dan tidak adanya miskomunikasi antara perintah kepada masyarakat mengenai pemahaman covid-19. Media social saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Beberapa contoh media social yang sedang berkembang saat ini yaitu Instagram, Twitter, Facebook, Youtobe, dan lain-lain.

COVID-19 merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Dimasa pandemic seperti ini hamper seluruh masyarakat melakukan work from home, dan tidak banyak juga yang kehilangan pekerjaan karena banyak juga yang kehilangan pekerjaan karena banyaknya peraturan yang harus dipatuhi dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Pemerintah juga banyak membagikan media edukasi dimedia social untuk memberitahu masyarakat bahwa virus ini sangat berbahaya. Internet atau media social saat ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari karena semua kegiatan dirumah selama pandemic ini akan terus bergantung pada internet untuk mengakses pekerjaan atau informasi apapun.

Media social dapat dijadikan sebagai media untuk mengedukasi masyarakat. Salah satu media social yang dapat digunakan sebagai media edukasi yaitu instagram, instagram merupakan salah satu media social yang sudah banyak dikenal di Indonesia dengan sekian juta pengguna ditanah air maka bukan hal baru dan justru dapat dijadikan sebagai alat untuk memberikan informasi. Bahkan untuk saat ini internet atau media social sangat membantu dalam ekonomi, banyak sekali sekarang pengguna media social memanfaatkannya untuk berjualan atau promosi barang dagangan.

Pada era milenial internet bukan lagi hal yang baru bagi masyarakat Indonesia terutama dikalangan anak muda. Kemudahan masyarakat dalam mengakses internet semakin canggih dan mudah dijangkau masyarakat luas. Internet memberikan dampak positif maupun negative kepada para penggunanya. Masyarakat menggunakan media social untuk berbagi pendapat, mencari informasi dan berbagai cerita tentag pengalaman mereka.

Penulis : Iva Kurniasari

Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Instansi : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image