Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Modernisasi Alutsista Membangun Pertahanan Kedaulatan Negara

Info Terkini | Tuesday, 19 Apr 2022, 04:41 WIB

Alustsista bagi sebuah negara adalah keharusan. Sangat penting bagi membangun dan menjaga pertahanan dan kedaulatan negara kita.

Juga memperkuat pertahanan negara keharusan yang dilakukan. Karena alustsista ini adalah alat penunjang pertahanan negara.

Maka dari itu alutsista harus ditambah untuk menunjang pertahanan negara.

Penambahan alustsista perlu. Namun juga perlu adanya modernisasi untuk memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista).

Contohnya Tank AMX 13 yang merupakan alutsista yang dimiliki TNI.

Pengamat politik sekaligus Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menyarankan pemerintah untuk melakukan modernisasi Tank AMX 13 untuk memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista).

Reputasi tempur Tank AMX 13 sudah teruji di berbagai negara. Ini menjadi salah satu alasan perlu melaksanakan modernisasi Tank AMX 13 sehingga bisa digunakan sampai 15 tahun ke depan dari berbagai sumber.

Menurut Jerry Massie modernisasi alutsista Tank AMX 13. Sebagai mengingat alutsista menjadi hal yang mendesak dan wajib dilakukan oleh Indonesia.

Jerry menilai modernisasi Tank AMX 13 sejalan dengan kemampuan pemerintah yang saat ini belum dapat membeli sekaligus tank medium dalam jumlah besar untuk mengganti Tank AMX 13.

Sementara, PT. Pindad memperkirakan kapasitas produksi satu unit Tank Harimau memerlukan waktu dua bulan.

Sehingga, bila mulai diproduksi pada tahun ini maka dalam kurun dua tahun ke depan akan siap sekitar 12 unit Tank Harimau, jelas dia.

Menurutnya, suatu langkah realistis melaksanakan modernisasi canggih Tank AMX 13 sehingga bisa digunakan sampai 15 tahun ke depan, termasuk dengan dukungan suku cadang guna mengiringi sejumlah produksi Tank Harimau.

Jerry memaparkan Tank AMX 13 adalah kategori light tank, sedangkan Tank Harimau adalah medium tank. Keduanya memang beda kelas, tetapi bila modernisasi dilaksanakan maka hasilnya akan mendekati kemampuan Tank Harimau.

Ditambah lagi, Tank Harimau belum memiliki tank pengangkut personel tentu masih memerlukan Tank AMX 13 APC yang modern dan canggih, ujar dia.

Adanya kombinasi AMX 13-Tank Harimau bisa menambah daya gedor dan kekuatan pertahanan RI. Selain itu, juga menjaga stabilitas keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terakhir, rencana modernisasi dan penguatan TNI adalah suatu keharusan yang berkesinambungan dan akan lebih baik bagi TNI yang telah memiliki kemampuan untuk mengatasi segala ancaman terhadap kedaulatan NKRI.

Sumber: Antaranews.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image