Pentingnya Menanamkan Kepatuhan Protokol Kesehatan Pada Anak Sejak Dini

Image
Muhammad Sultan
Gaya Hidup | Wednesday, 12 May 2021, 22:59 WIB

Sejak Covid-19 dinyatakan ada di Indonesia hingga sekarang, telah berlangsung kurang lebih 14 bulan. Selama itu pula, masyarakat Indonesia sudah merasakan hidup dalam situasi serba terbatas dan dibatasi. Bahkan, kemunculannya sudah sangat meresahkan dan membahayakan hidup seseorang.

Ibarat hidup bagaikan seekor burung dalam sangkar. Meskipun bisa terbang, tetapi tetap terbatasi, jangkauannya hanya seluas sangkar burung saja. Begitu pula yang dirasakan masyarakat Indonesia, ketika diberikan ruang dan waktu untuk beraktivitas di luar rumah, tetapi tetap masih terbatas dan dibatasi.

Masyarakat bisa saja keluar rumah, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Kebebasan berinteraksi dengan sesama masyarakat pun dibatasi. Padahal, masyarakat Indonesia sangat senang berkumpul dan bepergian, kini tidak seperti biasanya sebelum adanya Covid-19.

Kebiasaan berkumpul di kalangan masyarakat Indonesia, kini dibatasi dan bahkan dilarang saat pandemi. Akibatnya, banyak masyarakat yang membangkang terhadap kebijakan pemerintah. Meskipun telah ada himbauan pembatasan dan kebijakan protokol kesehatan, akan tetapi masih ada masyarakat yang tidak mengindahkannya.

Tidak mengherankan jika kasus Covid-19 di Indonesia masih berlangsung sampai sekarang, dan bahkan masih tetap menelan ribuan korban meninggal dunia setiap harinya. Bukankah praktik ketidakpatuhan tersebut menjadi pertanda buruk bagi kelangsungan kehidupan normal baru?

Indonesia akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan pandemi dan bahkan semakin tertinggal dibandingkan negara lain. Belum lagi kehadiran varian baru Covid-19 yang lebih cepat menyebar dibandingkan Covid-19 konvensional, mestinya masyarakat harus lebih patuh lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah Indonesia telah membuktikan keseriusannya dalam memerangi pandemi dengan berbagai aksi. Selain meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan, juga saat ini masih berlangsung pembatasan akses keluar dan masuknya pemudik lebaran di sejumlah perbatasan antardaerah. Tidak hanya itu saja, Pemerintah Indonesia juga telah menggalakkan program vaksinasi sejak 13 Januari 2021 hingga sekarang.

Apakah keseriusan pemerintah melalui sejumlah aksi, sudah cukup dalam mengendalikan Covid-19 di Indonesia? Tentu tidak cukup. Masih dibutuhkan partisipasi semua elemen bangsa dalam mengatasi pandemi, tak terkecuali masyarakat kalangan remaja, dewasa, lansia, termasuk anak-anak.

Anak-anak penulis yang senantiasa patuh dalam memakai masker. Foto dari kiri ke kanan: Afkar Farghani Idil, Anthaki Rafiq Abqari, Syahla Alifa Azzahra, Adzkiandra Rafif Ghifari

Anak-anak merupakan salah satu kelompok usia yang juga rentan terhadap penularan Covid-19. Mereka selalu keluar rumah untuk berkumpul dan bermain bersama dengan teman-temannya. Jika anak tersebut luput dari pengawasan orangtuanya dalam menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah, maka tidak menutup kemungkinan mereka bisa saja terpapar Covid-19 yang disebabkan oleh teman sepermainannya.

Oleh karena itu, orangtua perlu menanamkan perilaku kepatuhan protokol kesehatan kepada anaknya sejak dini. Hal ini penting dilakukan, selain menjaga anak dari risiko penularan Covid-19 yang disebabkan oleh teman bermain di lingkungannya, juga membiasakan anak berperilaku patuh protokol kesehatan saat berlangsungnya pembelajaran tatap muka di sekolah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Dosen di Universitas Mulawarman Samarinda sejak 2008-sekarang

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tips Meringankan Kejenuhan Belajar Selama Pandemi Agar Kesehatan Mental Terjaga

Image

6 Ide kerja online dari rumah

Image

Yuk, Lebih Sehat di Masa Pandemi!

Image

Tingkatkan Semangat Belajar Baca Qur'an, STP Khoiru Ummah Jember Adakan Lomba Tahsin

Image

Tantangan Perbankan di Tengah Resesi

Image

Meramu Konten Viral, Menjadi Berita Yang Menjual

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image