Berbagi Kebaikan dengan Bederma di Bulan Ramadan bersama "Derma Ramadan"

Image
Raisya Sani Aquino
Gaya Hidup | Wednesday, 12 May 2021, 16:20 WIB
Relawan chapter membagikan paket makanan kepada pekerja lepas jalanan Kota Depok

Bulan suci ramadan merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan ibadah dan amalan, terutama di 10 hari terakhirnya. Banyak cara yang dapat dilakukan, contohnya berbagi kepada sesama. Seperti yang dilakukan oleh organisasi Derma Ramadan.

Berdiri sebagai NGO (Non-Governmental Organization) sejak tahun 2020, Derma Ramadan aktif membagikan makanan gratis untuk berbuka puasa. Mereka membuka penggalangan donasi secara terbuka yang kemudian hasil donasi tersebut akan disalurkan ke sebelas kecamatan di Kota Depok melalui koordinator yang dinamakan Koordinator Chapter.

Terdapat enam koordinator chapter yang bertugas pada Derma Ramadan tahun ini. Mereka bertugas mengelola jalannya pembagian paket di tiap chapter. Mereka juga ikut membagikan paket makanan ke masyarakat kurang mampu dan pekerja lepas di jalanan sesuai daerah persebarannya. Setiap koordinator biasanya memegang dua sampai tiga kecamatan.

Selama bulan ramadan, setiap chapter akan berkeliling setiap minggu untuk membagikan paket makanan mulai dari jam empat hingga menjelang waktu buka puasa. Setiap chapter menargetkan membagikan 25 paket kepada masyarakat yang membutuhkan.

Reiza Nurul Ma'rifah, Koordinator untuk Kecamatan Beji, Pancoran Mas dan Cipayung, mengatakan kehadiran Derma Ramadan yakni untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berderma dan membantu sesamanya pada bulan yang suci ini. Terlebih bulan ramadan merupakan momentum yang tepat untuk berbuat kebaikan karena pahala dilipat gandakan.

Untuk chapter-nya sendiri, Nurulbegitu Ia akrab disapa, mengatakan bahwa target atau sasarannya bukan hanya kaum dhuafa. Tetapi juga masyarakat yang membutuhkan seperti pekerja lepas di jalanan yang penghasilannya tidak menentu. Nurul beranggapan mereka juga butuh uluran tangan.

Maureen Wanda Shabrina, Ketua Koordinator Derma Ramadhan berharap bahwa Derma Ramadan dapat tumbuh dan berkembang. Bukan hanya berjalan di Kota Depok, melainkan meluas ke Jabodetabek. Ia juga berharap Derma Ramadan ke depannya bukan hanya membagikan paket makanan, tetapi dapat membantu dan memberikan manfaat ke lingkungan serta masyarakat luas dengan kegiatan lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Berniaga dengan Tuhan

Image

Yuk Dukung Produk Perawatan Lokal

Image

Rumus Menghitung Biaya BPHTB

Image

Dari 10 ke 4

Image

BAHASA GAUL DI KALANGAN PELAJAR

Image

Layanan Online Kantor ATR/BPN Kota Depok Dinilai Belum Efektif

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image