Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raisya Sani Aquino

Berbagi Kebaikan dengan Bederma di Bulan Ramadan bersama "Derma Ramadan"

Gaya Hidup | Wednesday, 12 May 2021, 16:20 WIB
Relawan chapter membagikan paket makanan kepada pekerja lepas jalanan Kota Depok

Bulan suci ramadan merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan ibadah dan amalan, terutama di 10 hari terakhirnya. Banyak cara yang dapat dilakukan, contohnya berbagi kepada sesama. Seperti yang dilakukan oleh organisasi Derma Ramadan.

Berdiri sebagai NGO (Non-Governmental Organization) sejak tahun 2020, Derma Ramadan aktif membagikan makanan gratis untuk berbuka puasa. Mereka membuka penggalangan donasi secara terbuka yang kemudian hasil donasi tersebut akan disalurkan ke sebelas kecamatan di Kota Depok melalui koordinator yang dinamakan Koordinator Chapter.

Terdapat enam koordinator chapter yang bertugas pada Derma Ramadan tahun ini. Mereka bertugas mengelola jalannya pembagian paket di tiap chapter. Mereka juga ikut membagikan paket makanan ke masyarakat kurang mampu dan pekerja lepas di jalanan sesuai daerah persebarannya. Setiap koordinator biasanya memegang dua sampai tiga kecamatan.

Selama bulan ramadan, setiap chapter akan berkeliling setiap minggu untuk membagikan paket makanan mulai dari jam empat hingga menjelang waktu buka puasa. Setiap chapter menargetkan membagikan 25 paket kepada masyarakat yang membutuhkan.

Reiza Nurul Ma'rifah, Koordinator untuk Kecamatan Beji, Pancoran Mas dan Cipayung, mengatakan kehadiran Derma Ramadan yakni untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berderma dan membantu sesamanya pada bulan yang suci ini. Terlebih bulan ramadan merupakan momentum yang tepat untuk berbuat kebaikan karena pahala dilipat gandakan.

Untuk chapter-nya sendiri, Nurulbegitu Ia akrab disapa, mengatakan bahwa target atau sasarannya bukan hanya kaum dhuafa. Tetapi juga masyarakat yang membutuhkan seperti pekerja lepas di jalanan yang penghasilannya tidak menentu. Nurul beranggapan mereka juga butuh uluran tangan.

Maureen Wanda Shabrina, Ketua Koordinator Derma Ramadhan berharap bahwa Derma Ramadan dapat tumbuh dan berkembang. Bukan hanya berjalan di Kota Depok, melainkan meluas ke Jabodetabek. Ia juga berharap Derma Ramadan ke depannya bukan hanya membagikan paket makanan, tetapi dapat membantu dan memberikan manfaat ke lingkungan serta masyarakat luas dengan kegiatan lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image