Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yogie Alwaton

Kacamata Berembun Saat Memakai Masker? Coba Terapkan Cara Ini

Gaya Hidup | Wednesday, 12 May 2021, 13:01 WIB
 
 
NAMA TOKOH
 
SHARE    
ahundt/pixabay.com

Di era pandemi seperti sekarang ini, memakai masker adalah suatu hal yang menjadi kewajiban kita bersama. Hal ini harus diterapkan guna mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran virus corona.

Namun, penggunaan masker nampaknya akan sedikit mengganggu sebagian orang yang memakai kacamata. Dikarenakan kacamata yang kita pakai saat menggunakan masker ternyata dapat berembun (fogging). Embun yang timbul di kacamata ini disebabkan oleh hembusan nafas dari hidung yang bersifat hangat yang kemudian akan mengenai lensa dari kacamata yang relatif dingin.

Kacamata yang berembun saat memakai masker dapat kita siasati dengan menerapkan beberapa cara. Adapun, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna mengatasi hal tersebut.

1. Sesuaikan masker hingga pas di wajah

Kamu dapat melakukan cara yang satu ini agar kacamata tidak berembun saat memakai masker. Caranya adalah dengan menyesuaikan masker pada wajah dan tekan bagian atas masker hingga menutupi celah udara yang akan keluar kearah kacamata. Dengan begitu, udara hangat yang keluar dari hidung dan mulut akan terminimalisir dengan baik.

2. Taruh tisu dalam masker

Cara lain yang dapat kamu terapkan ialah dengan menaruh tisu ke dalam bagian masker. Kamu perlu melipat tisu hingga menjadi ukuran yang sekiranya dapat menutupi celah udara yang mengarah ke kacamata. Hal ini akan membuat pergerakan udara tertutupi oleh tisu yang sudah kita taruh pada bagian dalam masker.

3. Cuci kacamata dengan air sabun

Melansir sebuah studi dari Annals of The Royal College of Surgeons of England, kacamata yang berembun ternyata dapat diatasi dengan mencucinya dalam air sabun. Sifat kimia yang dimiliki oleh air sabun ampuh untuk mengatasi fogging pada kacamata. Cara ini sebenarnya tidak berlangsung permanen, dikarenakan hanya bertahan dalam jangka waktu beberapa jam saja.

Namun, kamu bisa menerapkan hal ini guna meminimalisir kacamata yang berembun saat memakai masker. Untuk melakukannya, kamu harus mencuci kacamata dengan air yang sudah dicampur dengan sabun, lalu keringkan dengan tisu yang lembut. Apabila dalam beberapa waktu kacamata yang kamu pakai kembali berembun, kamu dapat mengulangi langkah-langkah seperti sebelumnya.

4. Semprotkan cairan anti fog atau bila perlu ganti dengan lensa anti fog.

Apabila kamu ingin cara yang lebih sederhana, kamu dapat menyemprotkan cairan anti fog pada lensa kacamata. Cairan anti fog ini memang dibuat khusus untuk mengatasi kacamata yang berembun, terlebih saat pemakaian masker.

Namun apabila kamu ingin memiliki kacamata anti embun, kamu dapat menggantinya dengan lensa anti fog. Lensa tersebut dapat kamu jumpai di marketplace atau toko optik. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan cara lain guna mengatasi kacamata yang berembun.

Kacamata yang berembun saat pemakaian masker pastinya akan dapat mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari-hari yang kita jalani. Hal ini dikarenakan embun tersebut memiliki efek blur yang bisa menghalangi penglihatan. Akan tetapi, dengan menerapkan cara-cara di atas embun yang ada pada kacamata tentu bisa diminimalisir dengan baik dan kamu pun tidak perlu merasa khawatir lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image