Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atikah Riswandani

Penggunaan Media Pembelajaran Sederhana

Eduaksi | Tuesday, 11 May 2021, 20:56 WIB

Oleh :Atikah Riswandani

Mahasiswi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo

Media pembelajaran adalah alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran

Tujuan penggunaan media pembelajaran adalah untuk memberikan pengelaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar, menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi, menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa, untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif.

Pengunaan media pembelajaran bukan berarti mengganti cara mengajar yang baik, melainkan untuk melengkapi dan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan terjadi komunikasi yang efektif dan siswa akan lebih mudah materi yang di sampaikan.

Di masa pandemi ini membuat pola pendidikan berubah. Yang semula proses belajar mengajar dilakukan dengan tatap muka, kini proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaat kan jaringan internet. Hal ini menimbulkan siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajaran, karena harus memiliki hp dan harus terhubunng dengan jaringan internet. Proses belajar jarak jauh menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung bermalas-malasan dalam belajar. Siswa juga akan kurang memahami materi yang di sampaikan jika secara singkat.

Proses belajar mengajar membutuhkan praktik secara langsung agar siswa tidak merasa bosan dengan psoses pembelajaran makadari itu saya Atikah Riswandani mahasis wideri Unniversitas Muhammadiyah Purworejo, progamstudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melakukan bimbingan belajar (bimbel) kepada beberapa siswa kelas VI SD N 2 Pangenrejo. Poses bimbingan belajar tersebut dilakukan secara gratis dengan memperhatikan protocol kesehatan.Dalam proses bimbingan belajar ini saya menggunakan beberapa media pembelajaran, salah satunya menggunakan video. Setelah selesai saya putarkan video pembelajaran kemudian saya lanjutkan dengan menjelaskan terkait materi dalam video pembelajaran tersebut.

Proses bimbingan belajar ini mendapat respon positif dari siswa dan orang tua, dengan adanya bimbingan belajar ini saya harap dapat menimbulkan semangat belajar untuk siswa. Dan semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan tatap muka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image