Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Tengku Abdurrahman Rajak

Karakteristik Pemimpin Yang Efektif, Begini Penjelasannya.

Politik | Sunday, 17 Apr 2022, 15:27 WIB
Tengku Abdurrahman Rajak, Jakarta.

Dalam islam kepemimpinan identik dengan istilah khalifahyang berarti wakil. Pemakaian kata khalifah setelahRasulullah SAW wafat menyentuh juga maksud yang terkandung di dalam perkataan “amir” (yang jamaknyaumara) atau penguasa. Oleh karena itu, kedua istilah ini dalambahasa Indonesia disebut pemimpin formal.

Dan kepemimpinan yang efektif, adalah memiliki ciri-cirimemiliki sifat jujur, amanah, sederhana, ramah, bertanggungjawab dan bertaqwa kepada Allah SW T, sertamemiliki berbagai macam keterampilan seperti mampumempengaruhi dan menggerakkan orang lain, mampumemecahkan masalah, cerdas, kreatif, memiliki visi kedepan.

Setiap pemimpin atau leader punya cara tersendiri dalammemimpin sebuah tim atau bahkan organisasi. Masing-masingleader memiliki karakter berbeda yang mempengaruhigayanya dalam mengembangkan kemampuannya memimpinorang lain.

Meski demikian, hampir semua orang meyakini bahwapemimpin yang efektif menggunakan prinsip yang samadalam memberi arahan, inspirasi, dan panduan bagi orang-orang yang dipimpinnya sehingga mereka memperlihatkankeberanian, gairah, keyakinan diri, komitmen dan juga ambisiuntuk maju.

Hampir semua orang meyakini bahwa pemimpin yang efektifmenggunakan prinsip yang sama dalam memberi arahan, inspirasi, dan panduan bagi orang-orang yang dipimpinnyasehingga mereka memperlihatkan keberanian, gairah, keyakinan diri, komitmen dan juga ambisi untuk maju.

Ada empat karakteristik atau syarat pokok yang harus dimilikioleh seorang pemimpin (Sunindhia dan Widiyanti diacu dalamHakiem 2003):

1. Pemimpin harus peka terhadap lingkungannya, harusmendengarkan saransaran dan nasehat dari orang-orang di sekitarnya.

2. Pemimpin harus menjadi teladan dalam lingkungannya.

3. Pemimpin harus bersikap dan bersifat setia kepada janjinya, kepada organisasinya.

4. Pemimpin harus mampu mengambil keputusan, haruspandai, cakap dan berani setelah semua faktor yang relevan di perhitungkan.

Teori kepemimpinan berdasarkan ciri (traits theory) memberipetunjuk tentang ciri-ciri pemimpin yaitu (Siagian, 2003):

1. Pengetahuan umum yang luas.

2. Kemampuan untuk tumbuh dan berkembang.

3. Kemampuan analitik.

4. Sifat inkuisitif atau rasa ingin tahu.

5. Keterampilan berkomunikasi secara efektif.

6. Kemampuan menentukan skala prioritas.

7. Rasionalitas.

8. Keteladanan.

9. Ketegasan.

10. Orientasi masa depan.

Secara umum seorang pemimpin yang baik harus memilikibeberapa karakteristik seperti(1) tanggung jawab seimbang, keseimbangan disini adalah antara tanggung jawab terhadappekerjaan yang dilakukan dan tanggung jawab terhadap orang yang melaksanakan pekerjaan tersebut; (2) model perananyang positif, peranan disini adalah tanggung jawab, perilaku, atau prestasi yang diharapkan dari seseorang yang memilikiposisi khusus tertentu; (3) memiliki keterampilan komunikasiyang baik, pemimpin yang baik harus bisa menyampaikanide-idenya secara ringkas dan jelas, serta dengan cara yang tepat; (4) memiliki pengaruh positif, pemimpin yang baikmemiliki pengaruh terhadap karyawannya dan menggunakanpengaruh tersebut untuk hal-hal yang positif; (5) mempunyaikemampuan untuk meyakinkan orang lain, pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang dapat menggunakanketerampilan komunikasi dan pengaruhnya untuk meyakinkanorang lain terhadap sudut pandangnya serta mengarahkanmereka pada tanggung jawab total terhadap sudut pandang tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image