Apa sih itu Berkah?

Image
publik histori_indonesia
Info Terkini | Friday, 07 May 2021, 04:46 WIB

Bulan Ramadhan selalu identik dan banyak kata berkah yang kita dengar, seperti bulan penuh berkah,atau mari raih keberkahaan di bulan Ramadhan. Dikutip dari buku karya Dr Ajid Thohir MA. Dalam buku Historiositas dan Signifikansi Kitab Manaqib Syeikh Abdul Qadir al-Jilani dalam Historiografi Islam. Dalam histrografi sufisme kata barakah dan karmah terkandung selalu disandingkan sebagai sesuatu yang mungkin terjadi dan memiliki korelasi yang simetris antara keduanya, dan berjalan beriringan. Fenomena barakah lebih dikaitkan dan menyangkut pada aspek-aspek yang berhubungan dengan kesejahteraan, ketercukupan, keselamatan dan lain-lain yang melimapah pada siapapun karena dikasi oleh Allah SWT sebagai umat nabi Muhammad SAW. Sedangkan karmah adalah keistimewaan khusus bagi mereka yang terpilih sebagai wali-Nya, dan dalam aspek-aspek tertentu yang mendorongbagi lahirnya keberkahan tersebut. Oleh karenanya atara fenomena barakah dan karmah terkadang muncul dalam satu paket peristiwa, begitu juga dengan mukjizat. Setiap peristiwa yang istimewa yang dialami oleh waliyullah disebut karmah, sedangkan bagi mereka yang ikut mendapatkan manfaat dan kesempatan dalam peristiwa karmah disebut juga dengan orang yang mendapatkan berkahnya.

Secara etimologi, kata barokah berarti an-nimah (kenikmatan), as-saadah (kebahagiaan), an-namau wa az-ziyadah (penambahan). Dalam Bahasa Inggris, kata barakah disamakan dengan kata blessing yang bermakna berkah dan nikmat. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berkah adalah karunia Tuhan yang membawa kebaikan, yakni kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidup manusia.

Menurut Prof. Quraish shihab, barakah adalah suatu kebaikan yang bertambah, bermanfaat, yang suci, kekal dan akan mendapat kebahagiaan. Pada mulanya seseorang tidak punya apa-apa, kemudian Allah karuniakan keberkahan padanya, maka orang itu menjadi mulia. Keberkahan itu datang dari arah yang sering tidak dapat kita duga, tidak dalam bentuk materi, tidak dapat dibatasi dan juga tidak dapat diukur. Seseorang yang mendapatkan keberkahan akan men jadi seseorang yang memiliki tambahan nilai, baik di mata manusia maupun di sisi Allah SWT.

Semoga dengan mengetahui makna dari berkah atau barokah, kita bisa lebih memahaminya, baik dari esensi makna maupun kata tersebut. mumpung kita semua masih bersama bulan suci Ramadhan semoga keberkahannya bisa kita raih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Image

WIZ Salurkan Sembako Untuk Dhuafa yang Terdampak Pandemi

Image

Pentingnya Self Healing Dimasa Pandemi

Image

Keluarga Harmonis, Seperti Apa sih?

Image

3 Tips membuat konten yang viral

Image

6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image