Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Bertadarus di Pagi Hari

Gaya Hidup | Saturday, 16 Apr 2022, 09:55 WIB

Membaca al Quran atau tadarus pada bulan Ramadhan ini sangat dianjurkan karena selain limpahan pahala yang akan diberikan oleh allah SWT. Hal ini adalah bagian dari ibadah shaum pada bulan ini yang jelas memberikan manfaat dan makna yang begitu berarti bagi siapa saja yang melakukannya.

Tadarus al quran yang dilakukan pada pagi hari memiliki banyak keuntungan secara kondisional (FOTO :republika.co.id/ANTARA-Adeng Bustami)

Tentu saja untuk bertadarus ini boleh dilakukan kapan saja karena semua waktu itu lebih baik. Akantetapi jika memilih waktu pagi setidaknya memiliki keutamaan dibanding dengan waktu-waktu yang lain walaupun tetap tidak mengurangi makna keberkahan dari kebiasaan membaca al Quran itu sendiri.

Berikut keuntungan membaca al Quran di pagi hari.

Pertama, pagi hari masih fresh dan belum terbebani dengan rutinitas pekerjaan sehingga membaca al Quran akan bisa lebih terfokus karena memilik konsentrasi yang begitu kuat. Sehingga dalam hal ini kita tentunya mengutamakan terlebih dahulu membaca kalam-kalam Ilahi yang insha Allah akan memberi keberkahan dari pagi itu sampai kepada malam harinya.

Kedua, memilih bacaan yang menguatkan keimanan dan ketakwaan sebelum membaca bacaan-bacaan lain. Dengan membaca al Quran selain mendapatkan pahala juga jelas akan mengokohkan jiwa karena firman-firman allah tersebut memiliki kandungan yang sangat penuh nilai sebagai petunjuk bagi kehidupan yang kita jalani selama ini.Setidaknya al Quran bisa menjadi panduan hidup yang kita butuhkan.

Ketiga, memungkinkan akan berurutan dengan aktivitas ibadah lainnya. Usai Shalat Subuh ada kebiasaan membaca zikir al Matsurat dan sangat memungkinkan berlanjut dengan membaca al Quran. Sehingga ketika matahari terbit sangat memungkinkan untuk segera melaksanakan Shalat Sunnah Dhuha sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya.

Keempat, sangat memungkinkan tercapai one day one juz karena belum terganggu oleh aktivitas lainnya. Pagi hari yang belum terbebani dengan rutinitas kerja harian sangat besar memiliki waktu untuk menyelesaikan al quran sebanyak 1 juz. Ini memang harus ditargetkan sehingga kita pantas bersyukur apabila di waktu pagi sudah tercapai membaca al quran sebanyak 1 juz.

Kelima, akan membuat diri kita mampu beristiqomah di dalam membaca al Quran. Ini yang menjadi poin penting karena dengan mampu membaca al Quran secara istiqomah di pagi hari maka Allahs enantiasa akan memberikan cahaya kepada rumah yangs ellau dihiasi al Quran serta semoga dengan begitu maka banyak keberkahan kepada rumah di dalamnya ada orang yangs ellau membaca al Quran.

Itulah limakeuntungan jika kita membaca al quran di pagi hari yang mudah-mudahan bisa menjadi motivasi kita semua di dalam menjalani ibadah shaum pada bulan Ramadhan tahun ini.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image