Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mas Andre Hariyanto

AR Learning Center Sinergi Institut Asia Malang Gelar Digital Marketing

Info Terkini | Saturday, 16 Apr 2022, 01:21 WIB
GFoto: Nampak Hasil Screnshoot Pembelajaran Via Online/AR Learning Center Sinergi Institut Asia Malang Adakan Pelatihan Digital Markerting/Mas Andre Hariyanto/Retizen Republika

RETIZEN REPUBLIKA, MALANG - Selasa 12 April 2022 telah berlangsung kegiatan Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ASIA Malang bekerjasama dengan Lembaga AR Learning Center Pusat Yogyakarta. Dalam hal ini, AR Learning Center bertindak memberikan sebuah Pelatihan Digital Marketing "Certified Digital Marketing Strategy" bersama belasan mahasiswa/i Institut Asia Malang, Jawa Timur dengan pembelajaran online melalui Zoom Meeting, sebagaimana laporan diterima redaksi Retizen pada Jum'at (15/04/2022).

Acara ini terselenggarakan dari pihak Unit Sertifikasi Profesi (USP) Institut Teknologi dan Bisis ASIA Malang yang dikomandoi oleh Adriani Kala'lembang, S.Kom., M.M, MTA selaku Direktur USP Institut ASIA.

Salah satu peserta yang berdomisili di Perumahan Plaosan timur, Pandanwangi Malang, Dian Oktavia Ningrum mengatakan pengalamannya selama Pelatihan, ia sampaikan pada masa pandemi Covid-19 berdampak hampir dirasakan oleh masyarakat diseluruh dunia, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam menuntaskan penyebaran virus yang saat ini sudah berkembang menjadi beberapa varian. Berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah salah satunya mengurangi interaksi secara fisik dalam berbagai aktivitas, sehingga diharapkan dengan melakukan kebijakan tersebut penyebaran virus dapat dikendalikan.

Saat ini, budaya tatap muka atau bertemu secara fisik telah berubah menjadi virtual. Hal ini menimbulkan beberapa pengaruh tersendiri, salah satunya para pelaku UMKM yang skala usahanya masih bersifat rumahan, sehingga akan sulit bagi mereka untuk bertahan dimasa pandemi saat ini. Hal tersebut dikarenakan adanya kendala kompetitor yang sudah lebih mengungguli mereka dan sudah paham dalam menggunakan teknologi digital terutama dalam media marketing atau pemasaran. Digital marketing ini merupakan sebuah teknik pemasaran atau media promosi yang menggunakan media digital contohnya seperti sosial media instagram, facebook, tiktok, dan website yang tujuannya untuk menjangkau konsumennya secara luas, tepat, dan relevan.

Di era saat ini profesi dan mengeluti dunia digital marketing sudah menjadi trend dan sangat berperan penting bagi para pelaku usaha karena adanya digital marketing ini memberikan banyak sekali manfaat bagi para pelaku usaha, seperti: meningkatkan hasil penjualan dan juga keuntungan, menjaring market dan dapat menjangkau konsumen secara luas, dapat menjadi penghubung antara penjual dan konsumen secara mudah, dan dapat meningkatkan daya saing dalam berbisnis.

"Alhamdulillah,saya mengikuti dalam mengikuti pelatihan Digital Marketing ini, mengetahui lebih dalam perihal digital marketing, terdapat beberapa point konsep dalam lingkup marketing juga yang baru saya ketahui dalam pelatihan ini," ujar mahasiswi ASIA Malang.

Adanya pelatihan ini, tambah perempuan asli warga Kota Apel ini (red-sebutan Malang), juga membuka wawasan bersama terhadap pemasaran online menggunakan platform teknologi digital.

"Pemateri menyampaikannya dengan sangat jelas dan mudah untuk dipaham, terima kasih Coach Ganovar Master Trainer of AR Learning Center asal Pontianak Kalimantan Barat,"ucapnya.

Ilmu marketing, lanjutnya, yang sudah didapat dalam pelatihan bersama Lembaga AR Learning Center dan dimanapun sebaiknya bisa langsung diterapkan dan dipraktekkan supaya kita bisa tahu sendiri hasil dan manfaat dari digital marketing ini. Sehingga, masih katanya, ilmu yang sudah kita dapatkan ini tidak menjadi sia-sia, karena seringkali orang hanya sekedar ikut pelatihan saja dan seminar-seminar sehingga apa yang didapat tidak direalisasikan. */Mas Andre Hariyanto

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image